Day 7 #30DayWritingChallenge

Find an old photograph that you like and share the story behind it

Ini adalah cerita dibalik foto tahun 2017 yang gua ambil, atau lebih tepatnya minta tolong warga sekitar untuk ambilin foto gua ketika sedang bertugas dengan gaya 'biasa aja' alias bingung mau gaya gimana wkwkwk. Ini juga kali pertama gua bekerja dan tinggal secara mandiri di luar kota tempat gua tingal. Jadi gua fikir akan menjadi kenang-kenangan yang memorable kalo ada bukti fotonya wkwkwk.

Saat itu gua lagi masa senggang setelah ujian akhir atau yang biasa disebut kompre ketika kuliah. Iya gua baru aja menyelesaikan tahap akhir dunia perkuliahan yang gua jalanin. Dan sedang nunggu wisuda. Salah satu teman bapak gua waktu itu lagi butuh orang untuk pekerjaan lapangan. Karena beliau tau kalo gua sedang luang karena nunggu waktu wisuda doang saat itu, jadi beliau menawarkan ke gua untuk dapet pengalaman baru dengan pekerjaan lapangan itu. 

Ketika ditawarin kesempatan itu, gua langsung tertarik karena ini akan jadi pengalaman pertama gua mencoba bekerja. Dan yaa pekerjaan nya emang masih menyangkut jurusan perkuliahan gua, jadi ya gua pikir "kenapa nggak?"

Tapi setelah mengikuti training selama 2 hari dan dijelaskan gimana sistem serta apa yang harus dilakukan nanti. Kepala gua langsung penuh akan pertanyaan dan kekhawatiran "Apa gua bisa nyelesaiin pekerjaan ini ya?". Karena pekerjaannya tuh melakukan survey harga tanah terbaru ke 17 desa di 1 kecamatan. Iya. Gua sendirian. Dan belum pernah melakukan hal kayak gini sebelumya. Sedangkan perserta training yang lain ternyata adalah orang-orang yang memang udah bekerja di bidang tsb untuk beberapa waktu, alias udah terbiasa. Yaudah, setelah itu gua langsung cari informasi dan nanya-nanya ke mereka yang lebih berpengalaman untuk menyesuaikan cara kerja yang bisa gua lakukan.

Singkat cerita setelah gua tau harus gimana secara teori, maka gua agak sedikit lega. Dikiiiiit banget. Gua masih kepikiran ketika prakteknya nanti. Gua juga minta temenin bapak gua keesokan harinya untuk tinjau lokasi yang akan gua muter-muterin selama pekerjaan ini nanti. FYI, pekerjaan ini beda kabupaten denagn tempat gua tinggal. Ya kurang lebih 1 jam dari tempat gua tinggal, jadi otomatis biar gak bolak balik, gua harus cari kost an di sana. Setelah pulang dan nanya-nanya ke bapak gua soal pekerjaan ini, gua malah makin kepikiran dan makin khawatir, akhirnya gua down lalu sakit karena masuk angin wkwkwk.

Sampe juga di hari pertama gua kerja. Di hari pertama gua mengunjungi dan menyapa sang pemilik wilayah, yaitu Pak Camat. Untuk konfirmasi bahwa gua adalah petugas yang akan melakukan survey, lalu beliau akan memberitahu kepada masing-masing Kepala Desa kalo bakal ada tamu, yaitu gua yang akan datang.

Setelah hari pertama berlalu. Dan desa pertama udah selesai gua survey, seketika gua ngerasa jadi lebih dan sangat-sangat lega. Beban serta kekhawatiran gua pun banyak berkurang, karena udah tau akan melakukan apa di 16 desa lainnya. 

Selanjutnya palingan tinggal kepikiran capek keliling desa-desa berikutnya aja, karena jarak dari satu desa ke desa lainya tuh gak deket. Bayangin aja brow, 17 desaaaa alias 1 kecamatan gua kelilingin sendirian. Udah gitu, nemuin Kades alias Kepala Desa serta Perangkat Desa dari tiap-tiap desanya masing-masing untuk komunikasi dan nanya-nanya soal estimasi harga serta pemilik dan jenis/ luas tanahnya. Tiap kepala desa punya keunikannya masing-masing ketika gua temui, ada yang rama, tegas, humoris, sibuk banget, waspada, tapi gua tau 1 kesamaan dari mereka semua yaitu merka paling males ngeladenin LSM yang gak bertanggung jawab, sampe pernah ada Kades yang nodongin badiknya ke gua karena gua dikira LSM yang mau macem-macem wkwkwk, tapi beliau ramah aslinya.

Foto ini juga jadi sangat-sangat mengingatkan gua hari-hari yang gua lalui ketika jadi anak kost-an untuk pertama kali nya wkwkwkwk.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak