Day 6 #30DayWritingChallenge

 Write ten things you love regarding yourself

Tulisan kalik ini akan membuat gua terlihat mengenal diri gua dengan baik dan terlihat agak narsis secara berasamaan. Atau mungkin akan terlihat riya juga? wkwkwk

Seperti yang gua tulis barusan, sepertinya gua cukup mengenal diri gua dengan baik karena gua tau mulai dari kelebihan, kelemahan, hal yang disuka, dan hal yang gak disuka tentang diri gua. Dengan mengenal baik tentang diri kita sendiri, kita juga akan memiliki kontrol yang lebih baik terhadap diri sendiri. Jadi ya gak gampang ditipu kalo seseorang mencoba untuk menguasai/ memanipulasi diri kita dengan argumen seputar diri sendiri. 

Karena ada aja orang yang bahkan bisa tertipu oleh orang lain mengenai dirinya sendiri, itu karena dia kurang mengenal dirinya sendiri sehingga membuat dia kurang yakin atau gak percaya diri dengan dirinya.

Oke gua coba tuliskan 10 hal yang gua suka tentang diri gua:


1. Mudah untuk tidur
Gua gak tau juga si, ini sesuatu yang harus dibanggakan atau nggak. Tapi gua suka dengan hal ini. Gua gak terlalu repot-repot untuk memikirkan gimana gua bisa tidur dan harus ngapain biar bisa tidur. Karena kalo gua mau tidur ... yaudah, tinggal tidur aja gitu.

2. Sabar
Ada satu kalimat yang selalu gua percaya tentang kesabaran, yaitu "gak ada orang sabar yang mengatakan secara langsung bahwa dirinya sabar". Oleh sebab itu gua ngerasa gua belum menjadi orang yang sabar, tapi gua selalu mencoba sebisa mungkin untuk menjadi orang yang sabar. Tentunya dengan tidak mengatakan bahwa "Gua ini udah sabar.".

3. Integritas
Gua cukup yakin bahwa diri gua memiliki integritas, ya meskipun mungkin masih jauh dari kata sempurna tapi senggaknya gua memegang erat hal ini. Dan gua menyukai itu. 

4. Flexibel
Terlalu terikat dengan satu pilihan, itu kadang membuat kita melupakan kemungkinan lain yang ada. Oleh sebab itu gua gak terlalu terikat sama satu pilihan. Tapi ini konteksnya untuk hal-hal ringan ya, kayak misal makan apa, mau kemana, beli apa, berak nggak ya, dan hal-hal ringan lainnya di kehidupan sehari-hari. Bukan menyangkut prinsip hidup. Dan juga bukan berarti gak punya prinsip dalam hal-hal ringan ya. Pokoknya gua selalu mencoba untuk menyesuaikan dengan keadaan dan menyesuaikan dengan yang tidak merugikan gua.

5. Percaya Proses
Proses itu nyata adanya, bahkan meskipun sangat kecil dan seperti tidak terlihat sekalipun. Sejak gua menyadari hal ini, gua lebih menghargai setiap perjuangan yang ada, bahkan yang tidak terlihat sekalipun. Lalu mungkin juga menjadi lebih sabar, dan lebih tenang.

6. Tegas
Tegas bukan berarti keras ya. Karena gua rasa gua cukup tegas dengan pilihan yang gua berikan kepada orang lain maupun pilihan yang gua ambil. Yahh kayak naruto lah yang menggemgam kuat jalan ninjanya. Tapi bukan berarti kaku dengan ketegasan yang gua terapkan, selalu ada pengecuali dan jalan tengah yang bisa kita usahakan, yah karena fleksibel tadi.

7. Mudah Beradaptasi
Terutama dengan lingkungan. Mungkin karena fleksibel tadi, jadi gua cukup mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan maupun kebiasaan di suatu lingkungan. Gua juga bisa untuk berkomunikasi dengan orang baru, apalagi kalo masih diplastikin ...

8. Berpikir Panjang
Sampe-sampe kadang gua disebut kelamaan mikir sama temen gua karena terlalu mikirin banyak hal hahahaha. Iya kadang gua mikirin hal yang akan terjadi dan hal yang kecil kemungkinan untuk terjadi. Yahh walaupun semua yang gua pikirin kadang salah juga wkwkwk. Lalu gua juga agak trauma dengan orang yang berpikir pendek atau terlalu cepat ambil kesimpulan, karena cukup nyusahin.

9. Suka Belajar
Yang gua maksud suka belajar di sini gak melulu pelajaran formal kayak di sekolah atua kuliah ya, melaikan hal-hal baru yang menarik perhatian gua dan tentunya yang menguntungkan gua.

10. Percaya Diri
Kayak yang gua tulis di awal, gua cukup mengenal tentang diri gua. Itu menjadikan gua cukup percaya diri dengan apa yang gua lakukan. Gua akan mengatakan gak bisa kalo memang gua gak bisa, dan mengatakan bisa kalo gua bisa.


Kurang lebih 10 hal di atas adalah hal yang gua suka tentang diri gua. Kalo orang laen gak suka yaudah gpp, masih bisa diomongin baik-baik. Yakan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS