tulisan #8 Ingin Tahu malah Dianggap Menggangu

Sumber pict : Google


Halo - haloo....
Udah bulan Juni aja ini, padahal bulan kemarin kayanya masih bulai Mei yak hahaha..

"Terserah !!! Mau bahas tentang apaan lu hari ini ?!"

Weits, Santai-santai. 
Sesuai judul di atas dong. "Ingin Tahu malah Dianggap Menggangu".
Gua nulis kaya gini karena sebelum nya sering melihat bahkan mengalami kejadian kaya gitu.

Dimana ketika kita ingin menanyakan untuk mengetahui suatu informasi atau kejadian umum, tapi kita malah dianggap menjadi penganggu oleh orang yang kita tanya. Kan kadang ngeselin, toh kalo memberitahukan sesuatu informasi atau kejadian yang umum itu kan gak ada rugi nya untuk ngasih tau ke yang bertanya. Malah kalian dapat pahala kalo ngasih informasi yang bermanfaat.

Kecuali kalian menanyakan informasi atau kejadian yang bersifat pribadi, sehingga menggangu/mengusik privasi orang yang kalian tanyakan. Itu memang udah kurang sopan.

Selama informasi atau kejadian yang kalian kasih tau ke orang yang bertanya itu gak merugikan kalian, kasih tau aja deh. Ditanyain aja pelit untuk jawab, apalagi ngasih contekan nanti nya hahaha

Gua heran sama orang yang sering gak mau jawab/gak mau ngasih tau informasi atau pertanyaan umum yang dilontarkan sama yang bertanya. Toh kalo emang tau kan tinggal jawab aja, bukan nya malah bilang "kepo deh", "mau tau aja sih", atau bahkan "nanti juga lo tau sendiri". Itu yang jawaban terakhir emang kampret yang jawab kaya gitu -,-

Atau contoh seperti ini :

A : "PKL (Praktek Kerja Lapangan) itu gimana sih bang ? ribet gak nanti ?"
B : "Lo itu gak usah nanya-nanya kaya gituan sekarang, nanti juga lo tau sendiri."

Setelah dapet jawaban kaya gitu, mikir aja dengan positif. Mungkin Abang itu lagi pusing pikirannnya, atau Abang itu susah jawabnya, atau mungkin kalo dijelasin  juga gak bakal ngerti nantinya yang nanya.

A : "Ohh yaudah bang."

Tapi tetep aja, dari contoh diatas gua anggap kurang benar.

Emangnya kalo si B ngasih tau jawaban pertanyaan dari si A, bakal rugi gitu si B ? Menurut gua mah nggak rugi, malah bisa dapet pahala si B. Toh informasi itu juga bermanfaat kan untuk si A.
Malah kalo kalian gak mau  jawab atau malah menganggap yang bertanya jadi pengganggu, itu sama aja kalian mencegah memberikan info atau pengetahuan itu.

Itu juga sama aja kalian membatasi rasa keingintahuan seseorang.

Sama hal nya ketika seorang anak kecil bertanya-tanya kepada kalian, pasti kalian menganggap nya hanya menggangu kalian dan kurang penting untuk menjawab pertanyaan dari anak kecil tersebut.

Sebelum nya sih gua juga berpikir kaya gitu, tapi setelah tau tentang "penting nya menjawab rasa keingintahuan seseorang" gua gak segan-segan lagi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan ke gua. Jika gua bisa menjawab nya, pasti akan gua jawab. Selama itu pertanyaan umum dan gak menyentuh privasi gua :D

Apalagi rasa keingintahuan anak kecil itu besar kan ? Masa-masa perkembangan, masa-masa belajar, masa-masa yang lagi cepet menyerap info apa aja yang dibaca atau didengarnya.

Kalau memang kalian benar-benar gak tau jawaban dari pertanyaan yang ditanyain ke kalian, barulah jawab "gak tau". Tapi kalo memang kalian bener-bener nggak tau yak.
Dan kalo pertanyaan nya dari si anak kecil itu agak aneh, yah menurut gua itu mah bagian dari rasa keingintahuan anak kecil, jadi jawab deh :D

Padahal rasa keingintahuan itu kan bagus, semakin besar rasa keingintahuan kalian, berarti semakin besar pula hasrat kalian untuk belajar.

Jadi mulai sekarang coba hargai seseorang yang Ingin Tahu yak bukannya malah Dianggap Menggangu :D
Jadi jangan segan-segan atau malu-malu untuk bertanya yak. Karena dengan bertanya rasa keingintahuan kita dapat terpuaskan :D


Kaya nya ini dulu dah yang bisa gua sampein dengan tulisan gua sekarang.

Semoga bermanfaat yang kalian yang membaca yak, jangan lupa comment :D
Jaa ~

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak