Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Libur di hari sabtu memang sangat menyenangkan haha

Udah lama rasanya gua gak libur di hari sabtu seperti sekarang ini...
Iya, karena biasa nya gua ada kuliah di hari sabtu yang membuat gua harus repot2 untuk bangun pagi dan melalukan semua kegiatan pagi untuk persiapan berangkat kuliah, terkutuklah engkau wahai kuliah di hari sabtu !!!!

Kali ini gua bukan mau ngebahas tentang nikmatnya libur di hari sabtu atau tentang terkutuk nya kuliah di hari sabtu, BUKAN !!
Tapi mau ngebahas tentang Ujian.. bukan, bukan ujian hidup yang gua maksud di sini. Tapi ujian sekolah atau kuliah, kalo ujian hidup mah terjadi tiba-tiba...

Gua libur di hari sabtu seperti sekarang ini karena gua sedang masa2 ujian akhir semester/UAS (gua gak ada jadwal ujian di hari sabtu).

Keadaan di waktu tertentu, di mana kalian akan duduk secara teratur dengan jarak sekitar satu atau dua langkah dari teman kalian sambil melihat kertas ujian dan menunggu keajaiban datang (jawaban) untuk ditulis di kertas ujian... mengharukan sekali event ini wkwk
Atau definisi yg seperti ini: 

Yahh itulah definisi dari Ujian/UAS dari yg gua lihat wkwk

Sekarang gua mau ngebahas tentang "hal yang sering terjadi di saat UAS/Ujian".
Tidak dapat dielak kan lagi kalo ketika ujian berlangsung pasti ada hal-hal yang sering terjadi di setiap tahun atau setiap waktu ujian berlangsung. Nahh dari hal yg gua inget-inget dan yang gak gua inget-inget, gua jadi inget dan gak inget beberapa hal ... Kok gua malah jadi tambah gak inget kalo gua inget sesuatu..

Halahh langsung aja yak, cekibroot :

1. Datang Terlambat

Kelakuan ini sudah pasti ada dan sering terjadi malah.
Ketika pengawas udah selesai bagi in kertas ujian, makhluk dengan kelakuan begini pasti dateng... atau bahkan ketika ujian udah dimulai beberapa menit seseorang dengan kebiasaan atau sesorang dengan pola hidup begini pasti baru dateng.. Iya, karena gua juga sering melakukan hal ini hahaha *ketawa dengan bangga*

Kejadian datang terlambat ini menurut gua mah pasti ada aja, gak peduli itu ketika ujian penting atau pun ujian yang sangat penting... iya, karena gak ada ujian yang gak penting soal nya *benerin kacamata*
Satu atau dua orang mah pasti ada aja dah yang terlambat.


Setelah si tersangka ini sampai tujuan dan kalo ditanya alasan terlambat, pasti dia punya... ntah itu ban sepeda nya bocorlah, bangunnya kesianganlah, jalanan nya macet lah karena ada kereta kuda Firaun lewat, ataupun abis nganterin nenek nya ke sekolah dulu... alasan klasik..
Kalo ditanya kenapa terlambat, ya bilang aja.. karena gak tepat waktu... udah.

Lebih baik sih jangan terlambat dateng nya ketika ujian atau kalo bisa di saat gak ujian pun jangan terlambat dateng nya. Kalo kalian terlambat dengan alasan jalanannya macet karena abis dipake konvoi sama Onta lewat, ya kalian berangkat lebih awal lagi dong sebelum Onta itu konvoi. Karena kalo kalian terlambat, yang rugi itu kalian sendiri. Kalian bisa ditegur sama pengawas atau bahkan kalian gak diperboleh kan masuk untuk ikut ujian, waktu untuk ngerjain ujian jadi ngurang, belom lagi waktu untuk maling pena dulu... maksud gua minjem, dan waktu kalian untuk nyontek makin sedikiiittt...

2. Mencontek

Gak usah heran dan kaget ketika ujian atau UAS berlangsung dan kalian melihat atau melakukan hal ini...
Karena ini emang bukan hal tabu, tapi ini adalah kegiatan wajib untuk mereka yang gak bisa ngisi kertas ujian nya, dan ini juga adalah kegiatan umum untuk mereka yang kepala nya masih loading ketika ujian berjalan.
Ini juga kegiatan yg kadang2 tapi sering gua lakukan huahaha *ketawa licik*

Yahh walaupun gak semua orang melakukan ini sih, dan kalau bisa kalian jangan lah mencontek kalo gak ada yg nyontekin... kayak nya ada yg salah dari nasehat gua tadi ... bodo ah.
Kalau bisa kalian jangan lah mencontek, nama nya juga kan UJIAN pasti kegiatan ini untuk menguji apa yang udah kalian pelajarin. Toh, karena kalian udah tau bakal ujian nantinya. Kalian kan bisa belajar sebelum nya, dari buku, teman, internet, atau pun contekan yang kalian buat untuk nanti...

3. Ketahuan Mencontek

Hal ini menurut gua selalu ada dan pasti ada di setiap ujian/ UAS wkwk
Gua juga kurang tau gimana mereka bisa ketahuan nyontek nya. Ntah mereka minta izin dulu untuk nyontek atau malah minta contekan ke pengawas ujian... Tapi pasti ada aja makhluk yang ketangkep dalam dunia percontekan ini. Hadehhh.
Padahal nyontek udah kita lakukan sedini mungkin. Iya, udah kaya imunisasi. Tapi masih bisa gagal dan menyebabkan ketahuan. Ckckck

Yahh tapi gagal nya nyontek bisa disebabkan karena beberapa hal sih seperti, Pengawas, Teknik Nyontek (wkwk), Sumber Contekan, Teman sekitar, Keadaan kelas, Keberuntungan, maupun karena Krisis Moneter atau Meningkatnya efek rumah kaca... mangkanya berharap aja semua faktor yg gua sebutin tadi mendukung.. dan yang pasti jangan lupa berdoa sebelum mencontek ... errr maksud gua sebelum mengerjakan ujian.

Ini juga menurut gua event yang menarik, karena bakal jadi kejadian yang tidak terlupakan untuk si pelaku/ yang ketahuan mencontek dan si teman-teman yang melihat kejadian itu... wkwk
Kejadian ini kelak bakal jadi omongan atau topik ketika udah lulus atau pas ujian berikutnya dateng lagi xD
Kalo mau nyontek itu yahh jangan sampe ketahuan lah. Nyontek nya yang sabar, teliti, atau biar gak ketahuan nyontek, sekalian aja lah gak usah nyontek...

4. Mengumpul Duluan

Kegiatan ini pasti ada, iya pasti ada !! Wkwk
Malahan gua sering melihat dan malah diajakin untuk ngumpul duluan sama teman gua. Cuman gua gak mau, karena punya dia udah selesai dan punya gua belom... ajakan macam apa ini bngst?!!

Gua juga kurang ngerti kenapa mereka mau cepet-cepet ngumpul kerjaan/ujian nya, yahh mungkin ada keperluan pribadi mangkanya mereka ngumpul duluan. Seperti mau menjadi orang pertama yang pipis di toilet ketika ujian sedang berlangsung, atau pengen cepet-cepet update status di media sosial nya kalo dia sudah selesai mengerjakan ujian ... sangat mengaharukan sekali.

Kalo gua sih slow-slow aja walaupun udah selesai. Bahkan kalopun udah selesai di awal waktu. Karena gua gak tau mau ngapain di luar ruangan ujian kalo ngumpul duluan, mangkanya walopun udah selesai tetep aja sok sibuk di dalem ruangan sambil ngitungin inflasi dan reboisasi negara-negara berkembang sekalian ngadem.. karena ruangan ujian gua AC men, rugi gua udah bayar kuliah tapi gak nikmatin setiap detik hembusan angin yg keluar dari AC itu...

Dan kalo bisa gak usah buru-buru untuk ngumpul duluan itu kerjaan/ kertas ujian nya, dicek lagi dengan teliti siapa tau ada yng belom keisi atau kalian salah tulis nama kalian dengan nama temen atau keluarga kalian. . .
Karena dengan kalian ngumpul duluan, itu juga ada imbas atau efek ke temen kalian yang lain. Seperti mereka jadi buru-buru ngerjain nya sampe2 gak teliti atau panik karena udah ada yg ngumpul sedangkan mereka kertas ujian nya aja belom dapet... Kan kasian. Kalo gua sih gak peduli, karena tumpuan gua bukan yang ngumpul duluan, tapi waktu ujian yang disediakan atau kehendak pengawas untuk nyuruh kumpul..

5. Pasrah atau Berserah Diri..(tawakal kali ah~)

Mereka yang melakukan hal ini pasti orang nya religius sangat, soal nya mereka belom apa-apa aja udah tawakal (berserah diri) duluan... sungguh terpuji mereka ini... Wkwk nggak deeengg bercanda gua, bukan itu yang gua maksud :D


Hal ini yang paling dan sangat sering + banyak yang gua lihat di ruangan ujian. Baru beberapa menit soal dibagikan, mereka udah pasrah nunggu jawaban atau pun pasrah menunggu hidayah kehidupan.
Selama bermenit-menit mereka diam dan ngeliatin kertas ujian, seolah-olah mereka lagi melototin itu kertas ujian biar kertas nya keisi sendiri karena takut diliatin sama yang punya. Yahh walopun gua juga kadang-kadang melakukan ini sih... tapi bedanya gua belom pasrah ya !!


"Tidak mengerjakan apa-apa sesungguh nya itu adalah sama saja dengan tidak melakukan apapun.." sungguh kutipan yang tidak berguna sama sekali...


Janganlah pasrah duluan sebelum mencoba mengerjakan, seenggak nya baca lah itu soal-soal yang ada di kertas terlebih dahulu.. siapa tau kalian bisa mengerjakan satu, dua, atau setengah nomor nya..

"Mereka yang belum mencoba, tidak berhak untuk berkata tidak bisa" -Yukinoshita Yukinon, OreGaIru

Seenggaknya pegang lah alat tulis seperti pena, pensil, kelir, ataupun krayon kalian atau pegang-pegang itu kertas siapa tau kertas kalian double... Pokok nya jangan pasrah duluan yaaak !

6. Tidur atau Ketiduran

Nahh ini dia, hal atau lebih tepat nya tindakan yang gua kurang paham...
Yaa walopun ini jarang terjadi juga sih
Gua kurang ngerti gimana seseorang bisa melakukan hal atau tindakan se Extreme ini ketika ujian sedang berlangsung... yang disengaja maupun tidak disengaja. Mungkin mereka yang sering atau pernah melakukan tindakan ini ketika ujian adalah penggemar atau pelaku olahraga Extreme dan pemacu Adrenalin lain nya. Fak!! Sungguh berani mereka. Kagum.

Menurut gua ini tindakan Extreme yang jangan lo lakuin ketika ujian, kalo jam kuliah atau jam belajar biasa sih gpp, gua juga sering dulu... tapi jangan lah pas ujian. Lo udah sering ketiduran atau tidur pas jam belajar biasa, moso lo mau ketiduran ato tidur juga pas Ujian..
Enak kalo lo dibangunin sama temen, lah kalo kagak dibangunin? Dengan temen lo beranggapan 'kasian kalo lo nya dibangunin, nanti keganggu tidurnya'... gak jadi ujian itu lah kalian wkwk
Dan yang lebih horor itu kalo dibangunin sama pengawas. Enak kalo pengawas nya baik, lah kalo nggak? Langsung disuruh cuci muka pake air kopi kalian, biar gak ngantuk..

Sebaiknya, saat malam hari ketika besok hari nya ujian kalian jangan begadang atau biar lebih jelas nya jangan tidur larut malam. Ciee perhatian banget gua sampe bilang gini... 
Yahh atau yg pasti jangan tidur pas ujian berlangsung lah, jangan! Kecuali lo ikut UAS atau Ujian cuman untuk iseng-iseng iya gpp deh.
Walaupun gua ngasih tau begini, gua juga tidur nya selalu larut malam kok karena gak ada yang ngingetin tidur, jadi lupa untuk tidur gua hahaha T_T
Yahh inti dari semua tadi yang di atas sih kalo bisa jangan ikutin atau jangan contoh yang kurang pantas/ kurang baik. Karena ketika kalian mencontoh atau mengikuti hal yang kurang baik, maka akan memberikan hasil yang kurang baik pula.

Ketika kalian tau waktu akan ujian, sebaiknya belajarlah. Kalo kalian gak tau apa yang mau dipelajarin, minta bantu temen atau minta belajar bersama. Ketika kalian kesulitan mengerjakan dan mau mencontek cobalah dengan teliti dan hati-hati, jangan sampai ketahuan... (Nasehat macam apa ini?). 
Ketika kalian sudah selesai mengerjakan, bersabarlah untuk mengecek dengan teliti apa yang sudah kalian kerjakan. Minimalisir kesalahan..
Ketika nggak tau apa-apa, yaudah tidur! Nggak2, bercanda gua. Coba untuk tetap berusaha seperti mencontek misal nya (?) ataupun setidaknya terlihat sedang berusaha (?). Ketika ujian jangan tidur, udah.

Yahh itulah "hal yang sering terjadi di saat UAS/Ujian" menurut gua haha
Kalo ada pengalaman atau hal yang kalian tau dan belom gua tulis, sertakan dikomen yaaa :D

sumber pict : Google


Sekali lagi gua katakan Libur di hari sabtu memang sangat menyenangkan !! haha
Jaa nee~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak