tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur



09:47 AM, 18 Juli 2015
#LatePost

Gua nulis ini sambil mata keriyep-keriyep ngantuk. Iya, gua ngantuk karena kekurangan tidur.
Kekurangan tidur ini gara-gara gua udah liburan. Libur kuliaaaahhh.... Banzaaai ~

Kalo udah liburan gini, aktivitas favorit gua jadi terganggu. Benar sekali, aktivitas favorit gua adalah tidur...
padahal tidur juga termasuk hobi gua, tapi gua sering lupa tidur malem kalo lagi liburan, lebih tepat nya lupa untuk tidur tepat waktu.

Gua jadi makhluk nocturnal. Beraktivitas di malam hari, dan tidur di pagi hari sampai menjelang sore... nggak nggak, maksud nya cuman sampe menjelang siang doang kok haha

Gua mau bahas tentang kekurangan tidur. Kurang tidur itu gak baik, serius dah. Apa yang dibilang orang-orang itu bener. Kita jadi sering ngantuk kalo kurang tidur...

"Ya iyalah, jamban !!"

Haha maksud gua bukan itu doang, akibat yang bener-bener gua rasakan kalo kurang tidur pasti jadi kurang fokus, kosentrasi terganggu, kondisi tubuh kurang baik dan daya tahan tubuh turun, dan yang terakhir jadi ngantuk...

Kalo gak percaya coba sendiri deh, 3 akibat itu yang paling gua rasakan kalo Kurang Tidur.

"Bener-bener kaya jamban lo ini, yang terakhir itu udah pasti lah !!"

Ya berarti gak salah dong gua ? hahaha

Tapi gua Kekurangan Tidur bukan disebabkan karena insomnia, gak bisa tidur, atau gangguan tidur lain nya. Gua kekurangan tidur karena begadang maen game, nonton anime, kumpul sama temen rumah, dll.
Jadi yah ini karena kesalahan gua sendiri, dan gua harus balas dendam dengan tidur di pagi hari sampai mejelang sore... siang maksud nya hahaha

Kalo soal tidur sih, yah gua punya bakat terpendam. Bisa tidur dengan cepat, heran gua juga haha
Karena gua sudah sadar akan penting nya aktivitas favorit gua ini, makanya gua akan menjaga pola tidur gua. 

Dan sebaik nya bagi kalian yang hobi begadang atau kurang tidur juga, mendingan dibuat jadwal deh kapan kalian akan begadang. Apalagi kalo lagi dalam masa liburan kaya gua ini, moso iya liburan selama 2 bulan setengah kalian mau kekurangan tidur juga selama itu. Bakalan berdampak sangat buruk untuk kalian kalo kekurangan tidur terus terusan.

Jadi gua mau kasih sedikit tips untuk kalian yang mau begadang sampe kekurang tidur itu yak :D

Pertama, Buat Jadwal.



Seperti yang gua bilang di atas. Sebaik nya kalian jadwal kan kapan kalian mau begadang, kapan sebaik nya kalian begadang. Jangan jadi seperti orang peak, moso selama liburan kalian mau begadang terus, rusak dong itu tubuh kalian. Walopun gak kalian rasakan secara langsung, tapi pasti bakalan kalian rasakan dampaknya nanti. Kalo udah gitu, siapa yang repot ? Orang tua, Pacar (kalo ada), Temen, dan yang pasti Diri kalian sendiri.

Contohnya gini :
  • Jadi misalkan kalian udah kekurangan tidur hari selasa, hari rabu kalian jadi 'orang normal'. Tidur tepat waktu, dan kurang-lebih 6-8 jam tidur malem nya. 

  • Ato misalkan karena lupa dan kelabasan, kalian jadi begadang 2 hari berturut-turut. Kalian juga harus jadi 'orang normal' 2 hari berturut-turut yak, biar seimbang.

  • Bisa juga kalo kalian mau buat jadwal nya selang seling, kaya misal 3 hari begadang, 3 hari kagak. Selasa, Kamis, Sabtu begadang, tapi Senin, Rabu, Jum'at  kalian tidur seperti biasa jangan sampe kurang tidur. Tapi hari Minggu itu wajib gak boleh begadang, harus tidur normal
Note : ini cuman berlaku untuk masa liburan yak, di luar liburan jangan diterapkan dan jika masih dicoba, gua gak tanggung jawab haha

Kedua, Supporting Item.



Begadang itu butuh modal juga, untuk beli supporting item nya. Contoh barang pendukung nya itu, kaya keripik, uler.. maksud nya snack-snack/makanan ringan~, makanan utama, dan yang pasti itu KPI... eh maksud nya KOPI/Coffee. Maklum nama nya juga kekurangan tidur, jadi typo-typo dikit gpp yak xD

Yah pokok nya asupan untuk mendukung aktivitas kalian selama bedagang...bedagang maksudnya, begadang ding yang bener... haha
Jangan sampe ketika kalian begadang, malah kelaperan ato ngantuk. Mending gak usah begadang itu mah !! Merdeka !! haha

Ketiga, Keperluan.



Seperti lirik lagu milik Bang Haji Roma Irama, "Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya".

Sebenernya betul kata lirik itu. Sebaiknya kalian begadang kalo ada keperluan aja, contoh nya seperti ngerjain tugas, kerja kelompok, lagi buat rangkaian acara, atau lagi ada ronda. Di luar keperluan-keperluan yang kurang penting sebaiknya jangan begadang deh.

Masih di lagu yang sama tapi beda lirik, 
"Kalau terlalu banyak begadang
Muka pucat karena darah berkurangKalau sering kena angin malamSegala penyakit akan mudah datang"

Bang Haji aja udah ngingetin dari lagu itu haha

Yah kalo lagi masa liburan kaya gua, gpp deh menurut gua, tapi jangan keseringan. Karena begadang itu termasuk hiburan dan kenikmatan di masa liburan haha. 
Seperti yang gua tulis di atas, buat jadwal nya yak. Dan yang terpenting, kalo masa liburan doang gpp.

Keempat, Jangan Dipaksa.



Begadang itu bukan suatu perkerjaan, tugas, atau kewajiban. Jadi kalo gak bisa untuk begadang ya jangan dipaksa. Begadang itu kaya keperluan sampingan atau keperluan pelengkap doang.
Jadi kalo suatu pekerjaan, tugas atau kewajiban gak memerlukan begadang, lebih baik gak usah begadang.

Karena dengan gak begadang kita sama aja menghemat energi kita dari pengeluaran energi yang gak dibutuhkan hahaha
Sorete, kalopun suatu pekerjaan, tugas, atau kewajiban itu memperlukan begadang itu menyelesaikan nya, tapi kalian gak bisa untuk begadang karena suatu hal, yah mending jangan dipaksa dan gak usah begadang deh.

Jadi, kalo mau begadang jangan asal-asal yak. Nanti kalian malah jadi drop.
Yah memang begadang itu gak baik kalo dilakukan terus-terusan, jadi begadang kalo ada perlu nya aja dan di waktu yang tepat aja ya. Serta lakukan dengan benar begadang nya :D

Kayanya itu dulu yang bisa gua tulis, jangan lupa komentar ya. Dan kalo ada masukan juga tulis di komentar yak :D
Gua mau lanjut tidur dulu~

Jaa nee ~

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Iyalah, bro. Bang haji aja bilang kalo ada perlunya aja begadang kalo nggak mending nggak usah. Sip bro tipsnya. Makasih.

    BalasHapus
  3. hee bener juga
    tapi yg penting adlah keperluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyak gan. Karena kalo begadang cuman diperluin doang :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak