Tulisan #42 Ilmu bermanfaat dari Ghatering 4 Tapis Blogger bersama ACT Lampung

Haloo lohaa ...

Gua mau berbagi dan cerita sesuatu yang bermanfaat kali ini ... tunggu, jadi selama ini yang gua tulis di blog gak bermanfaat ? ... Tetep bermanfaat dong, tapi kali ini agak lebih bermanfaat. Karena gua berbagi hadiah, yaitu kebahagiaan. Nggak ding, gua mau berbagi cerita aja.

sumber: Member Tapis Blogger

Jadi sekitar satu minggu yang lalu gua abis mengikuti kegiatan Gathering dari Tapis Blogger bersama ACT Lampung. Atau lebih lengkapnya yaitu, Gathering ke 4 Tapis Blogger bersama ACT Lampung, dengan judul "Sharing Ngeblog hingga ke Luar Negeri dan Pelatihan Mini Public Speaking". Acara nya seru dan sangat amat bermanfaat, di sana gua dapet ilmu tentang Public Speaking dan bertemu blogger-blogger laen yang kemampuan menulis dan blogging nya tidak diragukan lagi. Pada gathering ini hadir lah seorang Indra Pradya atau biasa dipanggil Bang Indra, beliau lah yang membagikan ilmu kepada kami, peserta ghatering.

Bu Naqqiah dan Bang Indra

sumber: Member Tapis Blogger

Sesaat sebelum acara dimulai, ada Bu Dian perwakilan dari ACT lampung yang memutarkan video untuk memperkenalkan ACT kepada kami para peserta ghatering. Dan di dalam video tersebut ada sekilas menunjukkan kondisi Ghouta yang tengah dalam musibah. 

Ketika nonton bagian video tentang Ghouta tersebut, sontak buat gua merasa simpati dan juga sedih secara bersamaan. Rasa kemanusiaan gua seolah sedih ngeliat mereka tertimpa musibah perang kayak gitu. Bapak-bapak, Ibu-ibu, Anak-anak, Perempuan, maupun Laki-laki jadi korban. Suara tembakan, Bom, sampe jeritan dan keluhan mereka itu sangat amat sedih untuk diliat. Disaat kita menikmati hidup dengan tenang dan damai, tapi mereka masih penuh keresahan dengan keadaan. Dan sampe darah terlihat di sekitaran kota, "Ghota Memerah". #SaveGhouta
sumber: Member Tapis Blogger

Di sini peran ACT membantu mereka yang sedang tertimpa musibah seperti itu. Mereka menggerakkan rasa Kemanusiaan untuk menolong sesa yang sedang kesusahan.

Mengenal ACT

ACT adalah lembaga kemanusiaan global yang memiliki visi membangun peradapan global yang lebih baik. ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebagai bagian dari akuntabilitas keuangannya ACT secara rutin memberikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik kepada donatur dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempublikasikannya melalui media massa. 

Pada skala global, ACT mengembangkan jejaring dalam bentuk representative person sampai menyiapkan kantor ACT di luar negeri. Jangkauan aktivitas program global sudah sampai ke 22 Negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, Indocina dan Eropa Timur. Wilayah kerja ACT di skala global diawali dengan kiprah dalam setiap tragedi kemanusiaan di berbagai belahan dunia seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas berbagai negara. 

Dengan spirit kolaborasi kemanusiaan, ACT mengajak semua elemen masyarakat dan lembaga kemanusiaan untuk terlibat bersama. Berbekal pengalaman selama puluhan tahun di dunia kemanusiaan, kami melakukan edukasi bersama, membuka jaringan kemitraan global yang menjadi sarana kebersamaan. Semua program global ACT menjadi sarana merajut kemitraan berbagai lembaga amil zakat, komunitas peduli, artis dan publik figur yang memiliki visi yang sama untuk kemanusiaan.

Bagi kalian yang ingin membantu dengan melakukan donasi kepada saudara kita di Ghouta yang sedang tertimpa musibah. Kaliah bisa melakukan nya melalui ACT Lampung, yang telah didirikan sejak tanggal 6 November 2017, dalam bentuk apapun. Mulai dari uang, pakaian, bahan pangan, ataupun bantuan lain yang bermanfaat untuk saudara kita di Ghouta tersebut. Kalian bisa menghubungi atau menggunakan informasi di bawah ini: 

Rekening Donasi :
BNI Syariah 770000525
Bank Mandiri 1270007917428
a.n Aksi Cepat Tanggap

Konfirmasi Donasi : 0721-5607053
WA : 0878 8627 0035
Instagram : act_lampung
Twitter : ACTLampung_
FB : Aksi Cepat Tanggap Lampung
Website : www.act.id

Branch Office:
Jl. Jendral Sudirman No. 73E Pahoman Bandar Lampung 35118
Telepon : 0721 560 7053

Global wakaf
BNI Syariah 66 0000 699

Global zakat
BNI Syariah 999 000 854

Global qurban
BNI Syariah 888 0000 372

Kembali lagi ke acara ghatering yang gua datengin tadi. Acara dibuka oleh Bu Naqiyyah Syam, beliau adalah founder sekaligus ketua 'Tapis Blogger' ini. Beliau melakukan kata sambutan dan sedikit bercerita, yang akhir nya diserahkan ke Bang Indra untuk mulai bercerita dan berbagi pengalaman.


Bang Indra Pradya

sumber: Member Tapis Blogger

Bang Indra mulai bercerita awal karir dan sampai bagaimana beliau bisa jadi seperti sekarang, bekerja di Dinas Pariwisata dan salah satu MC ternama di lampung, dan bang indra ini juga seorang Travel Blogger lho. Ilmu yang gua dapet dari sharing tentang tulisan Travel Blogger nya itu adalah mencoba untuk menulis hal menarik yang ada di destinasi yang kita kunjungi tersebut dengan versi kita. Atau dengan kata lain kita menulis kan keseruan atau pengalaman yang kita dapatkan selama berkunjung di sana. Dan juga menuliskan tentang hal menarik atau pengalaman menarik yang terjadi ketika travelling. Tulisan yang membuat para pembaca blog travelling itu ikut merasakan keseruan atau pengalaman yang kita rasakan dan jadi ingin mencoba secara langsung seperti yang kita tuliskan. Kata bang indra lagi, dan ini versi tulisan gua yaa wkwkwk. Kalo cuman nulis informasi yang tetap atau monoton atau itu-itu aja seperti harga, jarak, atau waktu tempuh yang ada di destinasi tersebut, situs lain geh banyak yang memberikan informasi itu, bahkan situs resmi dari tempat wisata atau daerah yang berkaitan udah menyantumkan hal tersebut di situsnya, kira-kira seperti itulah inti yang disampaikan bang Indra.

Hal lain yang gua inget dari bang Indra dan mungkin bakal gua terapin dalam ngeblog itu adalah Content Marketing. Beliau bilang penting untuk konten, jangan membatasi diri dengan konten tertentu. Dan menurut gua pun bener, apalagi dalam menulis kita hatus explore konten atau passion kita agak lebih luas, tapi tetap pada fokus atau tema tertentu. Agar kita memiliki ciri khas.

sumber: HP Xiaomi Gua haha

Beliau juga berbagi pengalaman dan ilmu tentang Public Speaking. Atau lebih tepatnya tips untuk itu, yaitu:
  • Lupakan Batasan
  • Minimalisir Nervous, pahami lingkungan dan Kondisi.
  • Knwoledge
  • Put your Passion
  • Believe in yourself
  • Know the Subject and Audience
  • SMIZE ... Smile with Your Eyez
  • Mengurai kegugupan dengan cara membagi keanggota tubuh yang lain, seperti melangkah atau berjalan sedikit ketika berbicara
Dan hal yang sangat penting agar kalian gak berantakan ketika melakukan Public Speaking, yaitu "Tak mungkin pandai bicara, jika tdak pernah membaca" #BOOM. Kayak youtuber-youtuber aja gua pake #boom #boom segala wkwkwk

Tapi menurut gua ya emang bener, salah satu hal yang mendukung kalian dalam pandai berbicara itu adalah banyak membaca. Karena dengan banyak membaca, kalian akan menambah banyak kosakata yang kalian ketahui dan itu membantu kalian dalam mengeluarkan kata-kata ketika berbicara. Karena ada satu waktu, ketika kalian mau ngomong sesuatu tapi gak bisa keucap karena kalian bingung mengungkapkan nya. Ya, itu karena kalian gak tau kata apa yang bisa mengungkapkan apa yang ingin dikatakan tersebut. Disitulah peran membaca sangat dibutuhkan.

Bang Indra juga punya kebiasaan baik yang untuk menunjang pengetahuan dan Public Speaking nya tersebut, yaitu Membaca Buku. Eits tapi buka Membaca Buku seperti biasa. Bang Indra bilang kalo beliau itu membiasakan diri untuk Membaca atau menyelesaikan Satu buah Buku dalam Seminggu. Dengan kata lain, membaca satu buku perminggu. Nah lo, udah kayak minum obat. Dan itu adalah obat yang baik. Gua pun terinspirasi untuk mengikuti kebiasaan Bang Indra itu. Gua akan mencoba menyelesaikan atau membaca satu buku perminggu. Yaa walaupun sebelumnya gua udah menyempatkan membaca buku dalam setiap minggu nya, tapi gua gak pernah menyelesaikan satu buku dalam seminggu wkwkwk

Dan di akhir acara pun diselesaikan dengan berbagai kegiatan Tapis Blogger. Seperti membagikan hadiah berupa buku untuk beberapa pemenang di kegiatan lomba yang diadakan dan sesi poto-poto bersama tentunya.

Gua mendapatkan pengalaman seru dan bermanfaat dari ikut Gathering ke 4 Tapis Blogger bersama ACT lampung tersebut. Dan sangat merasakan manfaatnya, semoga kalian yang membaca juga mendapatkan manfaat juga dari tulisan gua ini yaa hahaha

Jaa Nee ~

Komentar

  1. Jelas bermanfaat tulisannya �� banyak ilmu yg bisa didapatkan soal public speaking dan act

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehehe terimakasih gan dan bagus jika bermanfaat :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak