Day 11 #30DayWritingChallenge

 What is the biggest lesson you learned till now?

Setiap orang sebelum mencapai 'sesuatu' pasti mengalami proses. Dan 'sesuatu' yang gua maksud itu bisa beda-beda untuk setiap orang, jadi gak perlu merasa heran kalo 'sesuatu' tersebut berbeda. Kita cuman perlu hormati pencapaian mereka dan menghargai proses yang mereka lalui.

Gua pun sangat menghargai yang namanya proses. Gua sadar dan paham betul yang namanya proses. Semua itu bisa gua dapatkan karena gua mengalami sendiri proses yang pernah gua lalui ketika ingin mencapai sesuatu. 

Karena gak sedikit juga manusia yang kadang gak menghargai proses. Hasil memang lah penting, karena tujuan akhir dari sebuah pencapaian. Tapi proses yang dilalui pun gak kalah penting, karena proses adalah gambaran dari perjalan dalam sebuah pencapaian.

Mungkin karena gua juga orang yang memperhatikan sesuatu dari sentimental value-nya, makanya gua juga memperhatikan dan menghargai yang namanya proses. Setiap barang/ moment/ orang memiliki nilai sentimental yang terkenang di dalamnya. Begitu juga pencapaian, memiliki nilai sentimental yang terkandung di dalamnya, yaitu dalam bentuk proses.

Gua menyadari bahwa proses adalah salah satu bentuk penting dalam mencapai sesuatu karena pernah membuktikannya 2x, yaa walaupun mungkin itu adalah hal sepele tapi itu benar-benar memperlihatkan pada gua bahwa proses itu nyata.

Salah satu hal sepele itu adalah ketika gua latihan untuk bisa Juggling sebagai dasar dari Freestyle Football. Gua yang awal nya gak bisa sama sekali untuk juggling, perlahan mencoba untuk mempelajari nya dengan latihan setiap hari, menggunakan cara gua sendiri, dan tentunya pantang menyerah. Lambat hari, setelah sekitar satu bulan lebih, akhirnya gua bisa juggling. Meskipun di tengah-tengah proses saat latihan tersebut gua pernah mengalami mental block, karena ngerasa gak ada kemajuan saat latihan tersebut.

Moment itu ngajarin gua salah satu pelajaran terbesar yang sangat bermanfaat. Trust the process. Hal terbesar lain yang gua pelajarin sampai saat ini adalah, sabar untuk mendengarkan. Mungkin akan gua bahas di lain kesempatan. 

Jadi ketika kita sedang berjuang untuk mencapai sesuatu, percayalah proses yang sedang dialami, nikmatilah proses yang berjalan, berthanalah dengan prose tersebut. Karena kelak ketika sesuatu telah tercapai, proses tersebut akan menjadi cerita yang berharga untuk dikenang dan diceritakan nanti.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS