Tulisan #48 Inilah cara memperbaiki Dunia

sumber: pexels.com

Sering kali kita ngedumel ketika melihat kondisi lingkungan yang kadang agak semrawut kaya muka yang gak mandi selama 10 hari, yang dikarenakan orang-orang melakukan sesuatu tidak sesuai dengan peraturan atau norma yang ada. Seperti buang sampah sembarangan, pengendara motor yang melintas di troatoar, penerabas lampu lalu lintas, korupsi yang dilakukan oleh para petinggi, eek sembarangan dari jendela kamar, sampai yang makan bubur pake sumpit. Ya sebenernya bukan cuman di sekitar lingkungan kita doang kok, bahkan ini mungkin hampir ada di seluruh Dunia dan mungkin sampai seluruh alam semesta .... Kalo udah liat yang kayak gitu, kita pasti kesel dan cuman bisa berkeinginan dalam hati mau nombak kepala mereka, ditambah bergumam tentang keburukan-keburukan orang-orang yang kurang bertanggungjawab itu. Belom lagi orang lain yang juga ikut merasakan dampak yang tidak mengenakkan karena perbuatan orang-orang tidak bertanggung jawab tadi. Yaa dengan kata lain ikut mendapatkan kerugian secara langsung maupun tidak langsung.

Hal-hal kurang baik yang membuat lingkungan bahkan dunia jadi semrawut tadi itu terjadi bukan tanpa sebab sama sekali, melainkan ada pemicu yang menyebabkan mereka melakukan kesemrawutan itu. Pemicu atau penyebab mereka melakukan hal-hal merugikan tersebut adalah karena 'Kesadaran Diri dan Tangung jawab'. Iya, karena kesadaran diri serta tangguang jawab mereka yang rendah terhadap lingkungan ataupun dunia, bahkan mungkin terhadap dirinya sendiri yang membuat mereka melakukan hal-hal egois yang merugikan orang lain tersebut.

sumber: pexels.com

Contoh nya aja kayak buang sampah sembarangan, ini adalah salah satu perbuatan yang dialakukan karena kurang nya rasa kesadaran diri  maupun tanggung jawab seseorang. Kalo kesadaran diri serta tanggung jawab mereka tinggi, pasti mereka akan membuang sampah pada tempat nya. Iya, sesimpel itu. Cuman, karena mereka merasa tidak bertanggung jawab terhadap sampahnya tersebut makanya mereka membuangnya sembarangan dan mungkin akan berpikir akan ada orang lain atau petugas kebersihan yang akan  memungut dan membersihkan nya. Coba kalo mereka memiliki kesadaran diri dan tanggung jawab di diri mereka, pasti dan memang sudah seharusnya mereka akan berpikir seperti ini, "Ohh ini adalah sampah saya, harus nya saya buang ke tempat sampah atau tempat yang seharus nya ". Kalo pada berpikir kayak gitu kan enak, dan dampak nya pun akan baik ke lingkungan bahkan dunia. Lingkungan akan bersih dan enak untuk dipandang, dan kalo udah seperti itu pasti akan lebih nyaman untuk ditempati. Itu baru contoh dari 'buang sampah sembarangan'. Gimana kalo rasa tanggung jawab dan kesadaran diri yang tinggi tersebut diterapkan di hal-hal buruk seperti yang gua sebutkan tadi ? Seperti gak eek dari jendela kamar misalnya ? Pasti dampak baik nya akan lebih besar untuk lingkungan sekitar kita bahkan dunia dan mungkin untuk seluruh alam semesta kita ... oke, mungkin yang barusan terlalu lebay.

Jadi untuk mengubah atau memperbaiki dunia agar menjadi lebih baik itu salah satu kunci nya ada
di Kesadaran Diri dan rasa Tanggung jawab yang tinggi. Dan itu bisa dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Gak usah deh capek-capek ngingetin orang dulu (tapi bukan berarti gak boleh ngingetin orang lain walaupun kalian blm melakukannya ya). Coba introspeksi diri kita masing-masing dulu. Apakah kita sudah memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran diri terhadap lingkungan, orang lain, atau bahkan pada diri sendiri ? Kalo belum maka tumbuhkan lah rasa tanggung jawab dan kesadaran diri itu. Pelan-pelan aja. Slow but sure. Alon-alon asal kelakon. Dan kalo kalian mereasa sudah punya rasa tanggung jawab dan kesadaran diri itu maka pertahankan dan terus lakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan untuk lingkungan yang lebih baik.

sumber: pexels.com

Kalo diri kita sudah memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran diri terhadap lingkungan, orang lain, dan diri sendiri, kita pasti akan merasa untuk lebih menghargai yang ada di sekitar lingkungan kita. Seperti untuk tidak buang sampah sembarangan agar sampah tidak berserakan di mana-mana, tidak melintas di trotoar menggunakan kendaraan bermotor agar tidak mengambil hak pejalanan kaki, tidak menerabas lampu lalu lintas ketika sedang merah agar tidak membahayakan pengendaran lain, tidak melakukan korupsi yang mana seharus nya kita memang tidak boleh mengambil yang bukan hak kita agar tidak merugikan orang lain bahkan negara, dan tidak mencoba untuk makan bubur ayam atau bubur kacang ijo menggunakan sumpit karena itu tindakan yang goblooo wkwkwk
Yang gua sebutin barusan itu baru contoh-contoh kecil yang ada di sekitar kita tapi dampak nya akan besar untuk lingkungan dan dunia jika diterapkan dengan baik dan secara global. Dan dengan melakukan seperti contoh yang gua sebutin tadi, kita sudah membantu untuk memperbaiki dunia, ya walaupun masih dengan tindakan yang kecil atau sederhana. Tapi setidaknya dunia akan menjadi lebih baik nanti nya. Pasti. Takbir!! Allahuakbar!!!

Kalo kalian masih bingung juga bagaimana cara membantu untuk memperbaiki dunia, kalian bisa melakukan seperti apa yang sudah mulai gua lakukan. Gua sudah dari lama untuk tegas terhadap diri sendiri untuk tidak buang sampah sembarang, menaati rambu lalu lintas dan peraturan yang berlaku di lingkungan sekitar, membantu seseorang jika memang butuh bantuan, mengingatkan orang lain jika mereka mau/sudah buang sampah sembarangan atau mengingatkan orang yang melanggar suatu peraturan yang ada, tidak mengambil sesuatu yang bukan milik kita atau tidak mengambil hak orang lain tanpa izin, tidak eek sembarangan dan tidak pipis sembarangan ...kayaknya kalo pipis gua masih sembarangan deh kadang-kadang ....

Dan satu hal lagi yang mulai gua lakukan baru-baru ini, yaitu memungut sampah yang ada di dekat gua lalu membuang nya ke tempat sampah terdekat yang ada kalo lagi sembari jalan ke suatu tempat. Iya, jalan pake kaki bukan pake tangan. Tapi ya gak sampe dicari juga sampah nya, seketemu nya aja kalo lagi jalan gitu. Ya lumayan kan ikut membersihkan lingkungan walaupun sedikit-sedikit.

sumber: pexels.com

Tidak perlu menjadi The Avengers atau Justice League untuk memperbaiki dunia, melakukan hal-hal kecil seperti tadi yang gua sebutin pun jika dilakukan rutin dan dengan skala global juga akan membantu memperbaiki dunia secara perlahan. Jadi untuk membantu memperbaiki dunia, kita bisa mulai dari diri kita sendiri dengan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kesadaran diri terhadap lingkungan dan orang lain.

Tapi kalo kalian punya kekuatan super kayak para Super Hero juga gak masalah si. Contoh kayak gua, kekuatan super gua adalah bisa sabunan, sampoan, dan sikat gigi dalam waktu bersamaan. Dan jarang mandi pagi ketika hari Minggu. Hemat Air. Gua sudah membantu memperbaiki dunia. Bagaimana dengan kalian ?

Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan dapat menjadikan dunia serta alam semesta kita ini menjadi lebih baik. Oke, yang alam semesta kayak nya gua terlalu berlebihan lagi ... Dan kalo kalian punya saran atau tambahan jangan lupa tulis di kolom komentar yaa.

Jaa Nee ~ 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak