tulisan #35 Goals atau Tujuan yang belum tercapai

Gak kerasa udah tahun 2018 aja nih, padahal tahun kemaren kayaknya baru aja tahun 2017.

Tahun 2018 sekarang ini juga terasa spesial. Kenapa spesial ? biar gua kasih tau ke kalian hal yang membuat spesial tahun ini, yaitu: "Tahukah kalian ? Bahwa Tahun 2018 ini hanya terjadi sekali dalam sejarah, dan hanya terjadi setelah Tahun 2017 berlalu."

Gimana ? Spesial sekali kan tahun ini ?

.

Di tahun yang baru seperti sekarang ini, terlebih lagi awal tahun seperti sekarang pasti banyak orang-orang yang memikiran tentang pembaruan, hal -hal baru, atau tujuan baru. Atau kalo populer nya biasa disebut dengan "Resolution" atau Resolusi. Nah banyak dari orang-orang berlomba-lomba untuk membuat resolusi agar membuat diri mereka menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari untuk menjadi lebih sehat, lebih hemat, lebih produktif, lebih aktif, atau bahkan agar lebih bahagia untuk tahun yang baru seperti sekarang ini.

sumber: pexels.com

Tapi, jika dilihat kebelakang terlebih dahulu seperti di tahun-tahun sebelumnya. Apakah resolusi kalian di tahun yang telah berlalu telah tercapai ? atau setidaknya telah dilakukan walaupun belum tercapai ? Pasti gua yakin ada aja resolusi atau tujuan yang belom tercapai.

Nahh kali ini sebenernya gua bukan mau ngebahas tentang "Resolution" atau Resolusi di tahun baru. Tapi gua mau ngebahas tentang "Goals in Life" atau kalo kita membahas nya sedikit lebih kecil lagi kita sebut aja dengan "Tujuan".

Kalian pasti punya tujuan-tujuan dalam hidup kalian. Ntah itu tujuan yang besar, tujuan yang kecil, tujuan yang serius, atau bahkan hanya tujuan iseng semata. Dan seperti kata gua tadi, pasti ada aja tujuan kalian yang udah dibuat tersebut tapi belum tercapai atau bahkan mungkin udah lupa dengan tujuan itu :D

Tujuan ini bisa kalian dapet dari lingkuangan mana aja, kapan aja, dan gak harus satu doang kok tujuan nya. Bisa aja di laen tempat laen pula tujuan kalian, laen waktu laen pula tujuan nya. Right ?

Guna tujuan yang kalian ciptakan itu adalah untuk mempermudah sekaligus agar lebih fokus dalam memakmisalkan apa yang sedang kalian lakukan atau dalam suatu bidang yang sedang kalian kerjakan. Karena dengan memiliki tujuan, kalian akan menjadi lebih tau apa yang harus dilakukan, diprioritaskan, dan yang dibutuhkan untuk mencapainya. 

.

Contohnya. Ada seorang pemuda bernama Tony yang memiliki passion dalam bidang olahraga sepak bola. Namun selama ini dia berlatih hanya untuk bermain tanpa tujuan yang lebih besar atau tanpa alasan yang serius. Bukan hal yang salah, melakukan passion secara tekun dan konsisten hanya untuk kegemaran semata. Toh nama nya juga udah passion, mau gimana pun pasti tidak akan bosan. Tapi akan lebih baik jika Tony memiliki tujuan dalam passion nya ini. Tapi sayangnya untuk sekarang Tony belum memilikinya. Maka Tony pun hanya akan mendapatkan kepuasan yang seperti itu-itu saja. Dan lama kelamaan Tony merasa jenuh. Bukan. Dia bukan jenuh dengan passion nya, tapi dia jenuh dengan keadaan diri nya terhadap passion sepak bola nya tersebut. Kalo kata bang Alitt Susanto, "Selama yang lo LAKUIN cuma itu-itu aja, HIDUP lo juga bakal gitu-gitu aja."

sumber: pexels.com

Tony pun mulai berpikir tentang kelanjutan bagaimana passion sepak bola nya ini nanti. Apakah hanya akan seperti ini saja, bermain untuk kepuasan atau dia ingin yang lebih dari itu. Alhasil, Tony pun mulai memikirkan tujuan yang lebih besar untuk passion nya tersebut. Awal nya Tony memiliki tujuan untuk dapat bermain di kompetisi paling besar dalam sepak bola, yaitu FIFA World Cup. Tapi ia mengurungkan nya karena sadar tujuan nya terlalu besar untuk awal-awal seperti sekarang. Dia pun merubah tujuan yang menjadi lebih kecil, lebih tepat nya memulai tujuan dari hal-hal yang lebih kecil. Tony bertujuan menjuarai kompetisi antar pelajar untuk sekolah nya bersama dengan teman-teman satu tim nya. 

After all, setelah Tony memiliki tujuan untuk menjuarai kompetisi antar pelajar seperti sekarang, dia pun menjadi tau untuk apa dia berlatih secara keras dan tekun. Dan Tony menjadi lebih paham usaha nya untuk berlatih sekrang untuk memperjuangkan apa. Singkat cerita, Tony pun akhir nya sekarang sedang dalam kompetisi sepak bola antar pelajar bersama teman-teman timnya. Besok pun menjadi pertandingan besar bagi Tony, dan bagi karir passion nya. Yaitu, Final pertama untuk dirinya. Namun tidak semua jalan cerita berakhir dengan baik. Yang terjadi adalah, Tony kalah dalam pertandingan Final nya bersama teman-teman satu tim. Yahh nama nya juga pertandingan, pasti ada kalah dan ada menang. You just unlucky Tony, try again later .

.

Kurang lebih contohnya seperti cerita yang gua tulis di atas. Memang sedih liat Tony gak jadi juara di pertandingan Final. Tapi bisa mencapai Final adalah langkah awal yang baik untuk Tony. Dan itu semua terjadi karena apa ? Yup, itu semua terjadi setelah Tony memiliki Tujuan dari passion nya. Kalo Tony gak berpikir untuk memiliki Tujuan, mungkin aja dia gak akan pernah berkembang dan bakal bermain cuman sebatas untuk kegemaran nya doang. Dan mungkin, dia bakal merasa jenuh terus dengan keadaan diri nya terhadap passion tersebut.

Sama seperti tujuan Tony untuk menjuarai kompetisi antar pelajar yang belum tercapai tadi. Kalian juga pasti punya tujuan-tujuan yang belum tercapai di tahun-tahun sebelum nya. Nahh tujuan yang belum tercapai itu tadi, bukan langsung untuk kalian buang begitu aja. Kalo gua si bakal gua pertahanin sampe tujuan itu tercapai. Dan kalo ada tujuan baru, tujuan kalian yang lama itu diganti, tapi lebih tepat nya untuk ditambah. Kayak yg gua bilang di atas, tujuan kalian harus cuman satu kok.
sumber: pexels.com

Tapi gua yakin, pasti tujuan kalian yang sebelum-sebelum nya udah lupa. Dan biasa nya kalo lupa itu kalian gak inget ...
Jadi gua saranin coba deh inget-inget lagi tujuan kalian yang udah lupa dan berlalu itu. Mungkin aja tujuan itu akan lebih mudah untuk diwujud kan sekarang. Karena bisa jadi tujuan kalian yang terlewat itu gak tercapai karena terkendala sesuatu yang belom kalian miliki atau yang kalian bisa usahakan sekarang.

Kalo perlu, catet deh tujuan lama atau tujuan yang blm tercapai itu di kertas ato stiky note yang bisa kalian tempel di kamar, biar kalian inget dan gak lupa-lupa lagi untuk mencapainya. Karena mewujudkan tujuan lama yang dulu nya belom bisa kita capai itu akan memberikan rasa kebanggaan dan prestasi tersendiri.

Apa gua melakukan nya ? Of course, i will. Maka dari itu gua ngeshare ini ke kalian, biar kalian juga ikutan untuk mewujudkan tujuan lama atau tujuan yang blm tercapai itu :D Cuman gua sekarang lagi mengingat dan menyusun tujuan gua yang belum tercapai itu wkwk

Ya karena kayak kata gua di atas. Tujuan/Goals itu gak harus cuman satu kok. Karena tujuan/Goals itu bisa berbeda-beda kalo di laen waktu dan di laen tempat. Jadi ya catet aja dulu itu tujuan-tujuan kalian, dan kalo udah tau tujuan nya maka wujudkan satu per satu, pelan-pelan :D


Kayak nya itu dulu yang bisa gua share kali ini. Kembangkan terus tujuan kalian, semakin besar Goals kalian semakin besar pula achievement yang akan kalian dapat hahaha

Kalo kalian ada pendapat dan cerita sendiri jangan lupa tulis di comment box ya 

Jaa Nee ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak