tulisan #33 You should not to Regret

sumber: google




Everyone has their own regrets. But, the question is ...  is regret a good thing or a bad thing ?

Menurut gua, penyesalan adalah suatu hal yang buruk tapi juga suatu hal yang baik. Iya. Penyesalan adalah suatu hal yang punya 2 sisi. Baik dan Buruk. Sama seperti pisau, tergantung siapa yang menggunakannya.

Kalo yang make itu Koki/Chef maka sangat bermanfaat dan bergunalah itu pisau, tapi kalo yang menggunakan nya adalah seorang kriminal atau penjahat maka hanya keburukan lah yang ada dalam bayangan kita. Kurang lebih begitulah miripnya. Tapi beda nya penyesalan gak bisa kita gunain untuk menujah seseorang ... errr kenapa malah jadi serem yaa wkwk

Kemaren-kemaren ketika gua ada panggilan interview kerja, ada satu pertanyaan yang kurang-lebih bunyinya kayak gini, "Sebutkan salah satu penyesalan kamu dalam hidup ?". Jawaban gua adalah, "Penyesalan saya adalah karena saya penah menyesal".

Sedikit penjelasan dari jawaban gua itu, "Penyesalan gua tercipta karena gua pernah menyesal terhadap sesuatu, kalo gua gak pernah menyesali itu maka gua gak akan punya penyesalan". Mungkin buat kalian agak bingung yaa, tapi bagi gua ... itu bingungin banget hahaha ... nggak ding, tapi emang begitulah jawaban gua atas pertanyaan interview kerja kemaren-kemaren.

sumber: pexels.com

Kalian gak sepatut nya untuk menyesali sesuatu. Karena dengan menyesal, artinya kalian masih belom menerima hasil yang udah kalian dapatkan. Yang mana mungkin aja hasil yang udah kalian dapatkan itu bisa jadi sebuah pembelajaran yang berharga untuk kalian kalo kalian mencoba untuk lebih peka terhadap hasil tersebut.

Baca juga tentang: Mendapatkan pelajaran dari kepekaan

Karena dengan menerima hasil yang kita dapat (terlapas itu hasil baik ataupun buruk) dan tanpa menyesalinya, kita bisa banyak belajar dari hasil tersebut dan kita dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

.

Seperti yang udah gua tulis di atas tadi. Penyesalan mempunyai 2 sisi. Yaitu, baik dan buruk.

Sisi Baik.

Meskipun penyesalan itu terlihat buruk karena membuktikan kalo kita masih blm ikhlas untuk menerima hasil, tapi penyesalan juga mempunyai sisi baik jika digunakan atau dipikirkan dengan baik. Like what i said. It is about who's using it.

Penyesalan bisa kalian gunakan sebagai motivasi. Iya, kalian bisa memanfaatkan rasa penyesalan kalian itu untuk bangkit dari hasil buruk yang telah kalian dapatkan. Selalu ingat penyesalan itu kalo kalian mau nyerah dalam melakukan sesuatu. Selalu ingat penyesalan itu kalo kalian gak mau gagal lagi dalam melakukan sesuatu. Selalu ingat penyesalan itu untuk menjadi lebih baik lagi agar ke depan nya kalian gak akan merasakan rasa penyesalan yang sama.

Kalian bisa tanamkan pait nya rasa penyesalan itu di pikiran kalian untuk dijadikan cerminan jika akan gagal lagi. Meskipun begitu, gagal bukan lah hal yang buruk juga. Fail is good, u can learn from it.

Sisi Buruk

Penyesalan itu dasar nya emang suatu keburukan. Jadi gak pelu lagi untuk dijelasin .... nggak ding becanda hahaha

sumber: benfrancia.com

Menyesal bisa ngasih dampak negatif yang cukup besar ke kalian. Mental down, Kepikiran terus, Ngerasa bersalah (yaa walaupun emang salah wkwk), Gak bisa berpikir jernih untuk ke depannya, dan dampak-dampak negatif lainnya.

Dan FYI, menurut gua menyesal itu bisa menular lho. Ketika kalian menyesal dan bercerita ke orang lain, maka sontak orang lain akan merasa prihatin dan simpati ke kalian. Karena orang lain tadi prihatin dan simpati itu pula bisa membuat mereka kepikiran akan penyesalan kalian. Mereka malah bisa berpikiran juga seperti ini, "Bagaimana kalau penyesalan itu menimpa ke gua" "Bagaimana kalo gua gagal, dan menyesal juga. Apa akan jadi kayak dia ?". Yahh kira2 bakal jadi seperti itu.

Masalah atau Hasil kalian itu malah akan bisa jadi lebih buruk kalau terus-terusan menyesal tanpa berhenti. Kalian gak akan mendapat hasil yang lebih baik kalo selalu berlarut-larut dalam penyesalan dengan cara yang negatif. Lebih baik coba ambil Sisi Baik dari penyesalan kayak yang udah gua tulis tadi. Atau berpikir secara positif terhadap penyesalan. Atau sekalian gak usah dipikirin penyesalan itu.

Jadi kalo kalian mau menyesal, menyesal lah sendiri. Supaya Aura negatif kalian itu gak menular ke orang lain. Dan kalian yang sering atau pernah mendengarkan penyesalan orang lain, jangan ikut terhanyut dalam penyesalannya. Kalian harus pasang prisai dengan berpikir positif atau mencoba untuk memotivasi/ membangkitkan mereka kembali.

.

Lalu, apa pernah gua menyesal ? Ya jelass, gua kadang masih menyesal sedikit. Atau lebih tepatnya 'Kepikiran' doang. Dan mengambil Sisi Baik dari yang gua sesali itu, supaya kedepan nya gak terulang lagi hal-hal yang bisa membuat gua menyesal.

FYI. Yang buat gua sedikit menyesal adalah ketika kemaren-kemaren ini pas Tes CPNS. Gua sama sekali gak menanamkan niat yang bener-bener untuk berhasil di tes tersebut. Alhasil, gua agak sedikit menyesal karena itu. But of course, im not regret too far. Gua mengambil Sisi Baik dari penyesalan, dengan memikirkan rasa penyesalan itu, suapaya kedepannya gua gak menyesal lagi kelak.

sumber: quotefancy.com

Dan kalo kalian mau, kalian bisa gak usah mikirin penyesalan itu sama sekalian. Kalian serah kan semua nya itu ke Allah/ Tuhan kalian. Anggep aja semua yang kalian sesali itu adalah takdir. Kalo kalian gak mau repot yaa :D Kalo maish mau repot yaa coba cari dan petik pelajar yang kalian dapet dari penyesalan itu.

Segitu dulu yang bisa gua share kali ini. Kalo kalian punya pendapat, pengalaman, atau apa pun itu tulis di komen yaa. Dan jangan lupa di share kalo bermanfaat :D

Jaa Nee ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak