tulisan #34 You should have a Passion


sumber pict

"Eh lo punya kegiatan favorit apa ?"
"Eh kalo lo lagi senggang biasanya ngelakuin kegiatan kesukaan yaa"
"Katanya lo hobi nulis ya ? Tulisin PR gua dong"
"Wuihh kata temen-temen, lo jago ngupil yaa, pake jempol lagi kata nya ..."

... abaikan 2 percakapan terakhir.

Kegiatan Favorit, Kegiatan Kesukaan, atau Hobi. Atau kali ini kita sebut aja itu semua dengan sebutan 'Passion'.

Hampir semua orang gua rasa pasti punya Passion. Iya, gua bilang 'Hampir', yang artinya gak semua orang mempunyai Passion. Atau lebih tepatnya 'belum punya' Passion. Karena bukanlah perkara mudah untuk menemukan Passion untuk diri kalian masing-masing ini, sebab Passion setiap orang pastilah berbeda-beda. Yaa walaupun gak menutup kemungkinan kalo Passion si A dan Passion si B ini sama.

Kalian pernah liat gak si seseorang yang melakukan suatu kegiatan dengan sangat serius, tekun, senang, bekerja keras, bahagia, pokok nya dia melakukan nya secara totalitas. Kalo kalian pernah liat orang yang seperti itu dalam melakukan suatu kegiatan, mungkin aja dia sedang melakukan atau mengerjakan Passionnya.

"Apasih yang dinamain Passion ?"

Siapa si lo nanya-nanya, kenal aja kagak ... becanda ding gua wkwk

Sebenernya kalo secara benar 100%, gua blm tau definisi dari arti kata Passion. Tapi kalo dari yang udah gua liat, Passion adalah suatu kegiatan, hobi, kegemaran, atau hal yang disukai yang dilakukan secara total. Ketika melakukannya kalian akan merasa senang dan bahagia. Ketika gagal kalian akan merasakan depresi karenanya. Tidak pernah bosan melakukannya. Selalu bekerja keras untuk itu. Dan itu sudah menjadi seperti bagian dari diri kalian, ciri khas kalian, ilmu khusus kalian. dan yang mengecap pada diri kalian. 

Kira-kira seperti itulah defisini Passion menurut gua. Tentu kalo kalian browsing atau cari tau lagi, mungkin bisa berbeda artinya tapi tetap intinya kira-kira seperti. Karena definisi dari Passion sendiri menurut gua itu tergantung pendapat masing-masing.

"Terus gimana kalo gua gak tau Passion gua itu apa"

Yaa gak gimana-gimana, artinya lo belom punya Passion ....

Kalo lo blm punya atau belom tau Passion lo itu apa, sebaiknya cari dan temukan deh. Karena dengan memiliki Passion lo bisa menjadi lebih berkembang dan terus belajar. Yaa walaupun meski tanpa Passion lo juga bisa belajar dan berkembang, tapi dengan memiliki Passion lo akan menjadi lebih baik. Percaya deh.

"Gimana dong cara menemukan Passion ?"

Nanya lagik. Ini anak siapa si dari tadi nanya teruss ... nggak ding, becanda lagi kok gua hahaha

Untuk menemukan Passion kalian cukup memulai dari hal kecil dulu. Seperti mencari hal yang kalian sukai, mulai dari kegiatan ataupun barang. Kalau kalian sudah menemukan atau memiliki sesuatu yang sudah kalian sukai, kalian tinggal menekuninya, mempelajarinya, konsisten dalam melakukannya, dan membuat goals untuk itu. Atau kalau kalian belum menemukan atau memiliki sesuatu yang kalian sukai, kalian tinggal mencarinya.

Seperti contoh nya jika seseorang gemar mengupil. Bisa aja itu dijadikan Passion nya. Dia bekerja keras dalam mengupil, dia bahagia ketika ngupil, dia gak pernah bosan untuk ngupil, dia melakukannya secara totalitas yaitu ngupilnya pake jempol, dia akan depresi ketika gagal dalam mendapatkan upil setelah mengorek-ngorek hidung nya begitu lama.... oke cukup, itu contoh yang agak menjijikan ..

Dan juga menemukan Passion gak musti harus suka terhadap sesuatu itu, kalo kalian baik atau memiliki bakat terhadap sesuatu tersebut, kalian bisa menjadikan itu sebagai Passion kalian juga. Tapi menurut gua, kalo seseorang memiliki bakat atau baik dalam melakukan suatu hal, gak mungkin dia gak menyukai hal tersebut.

.

Tadi gua bilang kan, "dengan memiliki Passion kalian akan bisa menjadi lebih berkembang dan terus belajar.". Nahh ini adalah beberapa hal yang akan didapatkan kalo kalian memiliki Passion. Cekidot:

1. Pengalaman

Dengan memiliki Passion, otomatis kalian mendalami bidang pada Passion kalian tersebut agar dapat lebih baik lagi kedepannya. Melakukan banyak hal terhadap Passion kalian tersebut untuk mengenal lebih jauh lagi. Mengikuti lomba, kegiatan, kopdar/ngumpul, atau hal-hal yan berhubungan dengan Passion kalian tersebut. Sehingga semua yang udah kalian lakukan itu akan menambah pengalaman kalian tanpa kalian sadari. Dengan bertambah nya pengalaman akan bertambah pula sudut pandang, cara beripikir, dan ilmu yang kalian dapatkan. Dari banyak hal yang sudah kalian lakukan dengan Passion kalian tersebut, kalian akan bisa belajar dengan pengalaman yang sudah kalian lalui.

sumber: pexels.com

Gua sendiri mendapatkan banyak pengalam dari Passion yang gua punya ini. Dari pengalaman buruk maupun pengalaman yang sangat buruk. Iya, gua gak punya pengalaman yang menyenangkan dalam hidup gua !! ... kok miris amat ya kalo dibaca wkwk

FYI, gua ada 4 passion. Iya gua menemukan 4 passion dalam diri gua. Yaitu menulis, fotografi, menggambar, dan freestyle football. Dari menulis gua mendapat banyak pengalaman, contoh nya seperti ngeblog ini. Dengan memiliki 4 passion maka semakin banyak dan beragam pula pengalaman yang akan gua dapatkan nantinya. Yaa meskipun gua menekuni ke empat passion gua itu secara bergantian si hahaha

2. Teman baru

Passion yang kalian miliki pasti lah tidak hanya kalian yang menggelutinya, karena pasti ada saja orang lain yang memiliki minat yang sama dengan kalian. Kalian hanya perlu mencoba untuk mencari grup, klub, komunitas, atau tempat berkumpulnya dari Passion tersebut. Dengan menemukan orang-orang yang memiliki Passion yang sama, kalian akan mengenal orang-orang baru. Dan orang yang kalian kenal itu akan menjadi teman baru kalian pastinya. Kalian akan memiliki teman ngobrol atau teman sharing tentang minat yang sama dengan kalian. Salah satu hal yang menyenangkan adalah ketika kita bisa berbincang panjang lebar tentang passion kita dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama.

sumber: pexels.com

Dan salah satu keuntungan punya teman baru adalah kalian mendapatkan tempat minjem uang yang baru ... kok buruk amat ya sipat nya wkwk (of course that was joking)

Dari 4 passion yang gua punya itu, rata-rata gua punya temen baru ketika gua mulai mengeluti masing-masing Passion itu. Seperti yang gua bilang tadi, gua mencoba cari tempat berkumpul orang-orang yang punya Passion sama dengan gua. Mulai dari yang Rela-Life maupun di Dunia-Maya. Dari semua temen baru gua itu udah pernah gua utangin semua kok .... #SumpahIniBecanda

3. Ilmu/Pengetahuan Baru

Kalian akan mendapatkan banyak ilmu/pengetahuan baru setelah memiliki Passion. Ilmu/Pengetahuan yang sebelumnya kalian tidak ketahui sebelum memiliki Passion kalian tersebut. Dan bisa aja memanfaatkan ilmu/pengetahuan tersebut untuk di luar kegiatan Passion kalian setelah kalian memiliki ilmu/pengetahuan tersebut.

sumber: pexels.com

Meskipun kalian sudah memiliki ilmu atau pengetahuan mengenai Passion kalian, tapi tetep aja kalian akan mendapatkan ilmu-ilmu baru dari Passion tersebut. Mulai dari hasil sharing temen-temen yang memiliki Passion sama, hasil browsing kalian di internet, atau mengikuti seminar/ kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Passion kalian itu. Pokok nya pasti ada aja pengetahuan baru yang akan kalian dapet kalo kalian terus menggeluti dan belajar tentang Passion kalian. Contoh laen nya dari pengalaman kalian maupun orang lain. Dari pengalaman itu kalian akan mendapatkan sudut pandang atau cara baru dalam mengembangkan Passion kalian. Tentu nya dengan yang belom pernah kalian lakukan sebelumnya.

Contoh nya aja kayak Passion ngupil tadi. Setelah bertahun-tahun dia menggeluti Passion tersebut, ternyata dia menemukan cara baru dalam mengupil. Yaitu sambil kayang. Iya, dia ngupil pake jempol kaki sambil kayang. Sungguh ilmu baru yang sangat menjijikan dan tidak bermanfaat ...

Dan kalo gua. Jelass gua menapatkan banyak penegetahun baru dari Passion-passion gua tadi. Mulai dari gimana cara mengambil foto yang baik, gimana cara membuat sebuah tulisan, sampai cara bermain sambil bergaya dalam Futsal atau SepakBola hahaha

4. Kegiatan

Ketika kalian memiliki waktu senggang untuk melamun, tidak punya kerjaan, atau bahkan memiliki waktu untuk mengupil dengan berlama-lama. Sebaiknya kalian gunakan waktu tersebut untuk tidur ... bukan ding bukan. 

sumber: pexels.com

Sebaiknya kalian gunakan waktu itu untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan Passion kalian. Seperti kembali melakukan atau mengerjakan Passion kalian, mengasah kemampuan Passion kalian, atau bahkan mempelajari lagi Passion kalian itu. Dengan begitu waktu senggang kalian akan lebih bermanfaat dan juga mendapatkan hasil untuk Passion kalian dari waktu senggang tersebut.

Bahkan Passion kalian bisa kalian lakukan untuk mengusir rasa bosan. Seperti yang ditulis di atas, Passion adalah sesuatu yang kalian tidak pernah bosan melakukan nya.

5. Tujuan/ Goals

Seiring dengan berjalan nya waktu, dia dan aku pun terus saling mengenal ... errr kenapa gua malah mau nulis novel.

sumber: pexels.com

Seiring dengan terus menerus menekuni Passion, kalian pasti nantinya akan menemukan atau membuat suatu tujuan/ goals yang ingin kalian capai dengan Passion kalian tersebut. Ntah itu untuk mendapatkan penghasilan dari Passion, atau menjadi seorang Pro pada bidang Passion kalian, atau menjadi terkenal dengan Passion kalian tersebut. Karena dengan membuat tujuan/ goals, kalian akan menjadi lebih fokus dan tekun serta usaha yang lebih maksimal lagi untuk mewujudkan goals dari Passion kalian itu.

Kita ambil contoh seseorang tadi yang memiliki Passion dalam mengupil. Dia memiliki goals untuk menjadi seorang yang terkenal dengan torehan hasil upil terbanyak dalam setahun .... Okre itu goals yang sangat menjijikan. Jadi seberapa besar coba lubang idung orang tadi kalo dibayangin wkwk

Kali ini contoh beneran nya, seseorang yang punya hobi menulis. Dan dia menjadikan hobi menulis tersebut menjadi Passion nya, dengan tujuan akhir/ goals nya untuk menjadi seorang penulis Novel ternama dengan tujuan lain agar mendapatkan penghasilan dari Passion.

Yaa walaupun tujuan atau goals nggak selalu ada di awal, tapi kalian harus memiliki nya suatu saat nanti. Agar kalian lebih total dalam melakukan Passion. Dan kalo kalian masih terlalu berat dengan tujuan-tujuan besar, mulai lah dari goals kecil. Seperti memulai Passion kalian, lalu konsisten melakukannya, kemudian meningkatkan kualitas.

.

Inti nya, You should have a Passion. Karena dengan memiliki Passion kalian akan bisa menjadi lebih berkembang dan terus belajar. Dan hasil dari memiliki Passion kelak akan bermanfaat untuk kalian nantinya, akan terasa secara langsung maupaun Live ... maksud nya tidak langsung.

Kayak nya segitu duluk yang bisa gua tulis kali ini. Semoga kalian tidak menjadi sesat setelah membaca nya, dan semoga bermanfaat :D
Kalo kalian punya pendapat atau masukan lainnya, jangan lupa tulis di komen yaa :D

Dan kalo kalian masih bingung dengan passion kalian, bisa sharing dengan gua. E-mail aja gpp, siapa tau gua bisa bantu menyesatkan ... maksud gua bantu mencarikan hahaha

Jaa Nee ~

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak