Tulisan #29 Malu Karena 'Belajar' ?

Sumber pict: google

Alo-alo apa kabarr .. Semoga kalian sehat teruss :D

Gua hadir lagi, yang artinya ada postingan baru lagi haha. Kali ini gua mau sharing tentang Belajar. FYI, sebenernya judul ini udah ada di draft gua dari jaman gua kuliah sekitar semester 2 ato 3 gitu, dan sekarang gua udah wisuda lebih tepat nya udah 2 bulan yang lalu gua wisuda. Udah berapa lama coba judul ini ngangkrak di draft blog gua, iya udah sekitar 2 tahun wkwkwk
Baru sekarang tulisan ini terealisasi untuk ditulis, iya ini karena The Power of ‘Males’ wkwk


Apa itu belajar ? Kegiatan mengerikan macam apa itu ? Apakah itu bisa dimakan ?


Oke, pertama kita harus tau dulu apa itu ‘Belajar’. Kalo definisi yang dijelasin sama guru BK gua dulu pas SMP, Belajar adalah suatu proses dari ketidaktahuan menjadi tahu. Iya dengan belajar kalian bisa jadi Tahu, sebuah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai ... bukan bukan wkwk
’Tahu’ yang gua maksud ini artinya ‘Mengerti’ yaa. Jadi dengan kata lain, dengan Belajar kalian bisa mengerti suatu hal atau suatu pengertian yang awal yang tidak kalian ketahui atau mengerti.



Untuk lebih jelas nya, ini dia pengerti ‘Belajar’ dari mbah Wikipedia: Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons.


Tapi yang mau gua bahas di tulisan kali ini bukan tentang bagaimana belajar ataupun bagaimana cara belajar yang baik, melainkan suatu alasan atau suatu budaya yang menghindari kegiatan belajar karena dianggap kegiatan yang memalukan atau kegiatan yang dianggap ‘sok-sok an’ ataupun ‘sok rajin’.

Kalian pasti pernah kan ngeliat temen kalian yang rajin belajar, rajin bertanya, ataupun rajin menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru maupun makhluk setengah dewa yang disebut dosen ...
Lalu karena temen kalian itu terlihat ‘berbeda’, kalian jadi berpikir ‘sok banget ini anak’, ‘biar keliatan pinter gitu ?’, ‘kerajinan amat nih anak, belajar terus’. Kalo kalian pernah berfikir kayak gitu ataupun masih berifikir kayak gitu, cepat-cepat buang pemikiran negatif kayak gitu, ubah mindset kalian.

Belajar itu bukan suatu kegiatan yang memalukan untuk dilakukan ataupun kegiatan untuk keliatan ‘sok rajin’ kok. Tapi belajar itu memanglah suatu kegiatan yang dibutuhkan kalian, para pelajar. Namanya aja udah ‘Pelajar’, udah pasti kegiatan kalian adalah ‘Belajar’.

Kalian gak perlu malu untuk belajar, karena dengan belajar kalian bisa menjadi lebih pinter atau paling nggak kalian jadi lebih mengerti dari teman-teman kalian yang gak mau belajar atau males untuk belajar.

Untuk kalian yang di bangku kuliah, wake boys. Udah bukan waktunya lagi kalian males-malesan untuk belajar. Males-malesan nya udah cukup pas di SMA, waktu main-main kalian udah cukup pas di SMA, sekarang waktu nya untuk serius belajar. Jangan sia-sia in waktu belajar kalian di kelas, karena kalo kalian sia-sia in waktu belajar kalian di kelas, kelak kalian bakal bener-bener nyesel dan disia-sia in balik sama waktu.
Manfaat belajar bakal kalian rasain nanti ketika kalian udah mulai masuk fase ‘pertengahan kuliah’. Kalian bakal merasa bersyukur karena udah mulai membiasakan belajar ketika di awal. Ilmu-ilmu udah mulai masuk dan kalian udah mulai mengerti bidang perkuliahan kalian. Perlahan tapi pasti kuliah kalian bakal kelar dengan tidak terasa susah bahkan bisa menjadi mudah. Kalo kalian emang belajar dengan serius, insyaallah rintangan terakhir dalam kuliah, yaitu dalam membuat Tugas Akhir/Skripsi bakal lancar. Kompre pun selesai dengan mata berbinar-binar :D

Dan untuk kalian yang masih di bangku SMA, gak ada salah nya untuk mulai belajar serius dikit-dikit. Memang menurut gua juga si jangan terlalu serius belajar ketika SMA, takut nya masa SMA kalian terasa boring dan hampa karena cuman diisi buku mulu :p. Sekali lagi ini IMO yaa wkwk
TAPIIII, jangan juga kalian terlalu membuang waktu atau menyia-nyiakan waktu belajar kalian ketika di SMA. Karena jenjang pendidikan berikutnya yang bakal kalian tempuh itu dimulai dan dilihat ketika kalian SMA. Banyak beasiswa-beasiswa untuk kalian yang dilihat dari nilai-nilai pas SMA, jadi kalo bisa imbangi waktu belajar dan waktu santai kalian di SMA. Bahkan kalo kalian emang punya tujuan universitas/perguruan tinggi tertentu yang menjadi target kalian atau yang kalian idam-idamkan, kalian harus mulai belajar untuk itu.

Kalo kalian mau santai banget pas SMA dan gak memperhatikan nilai-nilai sekolah kalian karena jarang belajar, siap-siap aja kalian bakal ‘kosong’ pas ke jenjang pendidikan berikutnya :p.

.

Hasil dari belajar, gak harus dilihat dengan jadi yang paling pinter di antara temen-temen kalian kok. Hasil dari belajar itu, kalian mengerti dengan apa yang dijelaskan dan diajarkan oleh guru ataupun dosen kalian.

Hasil dari belajar, kalian gak harus menjadi yang terbaik, cukup menjadi yang ‘tidak buruk’ juga bukan masalah. Tapi kalo kalian bisa menjadi yang terbaik, kenapa nggak ?

Hasil dari belajar, bukan nilai sempurna yang selalu didapat juga kok, tapi nilai hasil dari pembelajaran yang udah kalian lakukan. Karena nilai dan ilmu itu menurut gua berbanding lurus kok, kalo kalian dapet ilmunya insyaallah nilainya juga bakal kalian dapet kok.

Sumber pict: google

Apalagi yang membuat kalian ‘Malu karena Belajar’ ? Takut dipanggil ‘kutu buku’, ‘sok rajin’, ‘gak setia kawan’, ataupun panggilan-panggilan lain yang membuat kalian mengurungkan niat kalian untuk belajar. Jangan didengerin deh kalo ada yang panggil-panggil kayak gitu, dia cuman belom ngerti seberapa penting nya belajar dalam hidup. Dan kalo bisa lo ajak sekalian temen lo yang kayak gitu untuk belajar :D

Belajar itu gak melulu tentang buku. Belajar itu gak melulu di kelas. Belajar itu gak melulu dengan orang yang disebut guru ataupun dosen.
Karena belajar itu bisa dari media mana aja. Belajar itu bisa di mana aja. Belajar itu bisa sama siapa aja. Yang penting itu ilmu nya, benar, jelas, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mereka-mereka yang ‘Malu karena Belajar’, mungkin bagi mereka belajar itu selalu berkaitan dengan imej ‘kutu buku’, ‘kacamata’, ‘kuper’, dan ‘bawa-bawa tas/buku yang banyak’. Bukan, belajar gak selalu berhubungan kayak gitu.
Kayak yang gua tulis di atas tadi, “Belajar adalah suatu proses dari ketidaktahuan menjadi tahu”. 

Jadi udah jelaskan. Gak usah malu lagi untuk belajar. Karena belajar itu suatu kebutuhan bagi kalian, para pelajar. Bahkan mereka-mereka yang udah lulus dan kerja juga masih belajar kok.


Kayak nya segitu dulu yang bisa gua tulis kali ini. Semoga bermanfaat :D
Dan kalo kalian punya pendapat lain atau masukan atau kritik jangan lupak tulis di komen yaa. Dan kalo bermanfaat jangan lupa dishare :D
Jaa Nee ~

Komentar

  1. dah sampai gan mantep artikelnya............salam balik sukandar.online

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak