Tulisan #26 Mendapatkan pelajaran dari Kepekaan

Halooo akhir nya gua kembali lagi, dan artinya gua nulis lagi. Setelah sekian lama gak ngebuka blog, ternyata udah kusam banget blog gua dan penuh sarang laba-laba *lebay*. Sampe-sampe tadi ada orang gila lagi tidur di depan blog pas mau buka wkwk

Gua kasih tau aja ke kalian, sebelum nulis kata 'Halooo' di awal tadi. Gua mikir selama 20 menitan apa yang mau ditulis, sampe akhir nya gua putusin untuk nulis aja duluk, gerak aja duluk... Soal nya kalo gak digerakin paksa gak nulis-nulis sampe sini mungkin gua wkwk

Tapi kali ini gua bukan ngebahas tentang kepekaan terhadap hubungan sosial terhadadap orang-orang, sengaja gua gak nyebut manusia hahaha

Sumber pict: Google

Kali ini gua mau nulis tentang kepekaan dalam menajalani hari. Iya, kepekaan bukan cuman dipake pas ngehadepin cewek, yang suka ngasih kode-kode rumit serumit belajar coding komputer... tapi dalam menajalani hari kita juga haru menggunakan kepekaan itu.

.

Setiap hari dari bangun tidur pagi sampe menjelang tidur malem lagi kita pasti mengalami banyak hal, melakukan banyak hal, dan memikirkan banyak hal. Tapi dari semua hal tersebut, apa kalian tau/sadar apa yang telah kalian dapatkan ?

Kalian pasti mendapatkan pelajaran. Iya pelajaran. Entah itu pelajaran baik ataupun pelajaran buruk. Entah itu pelajar yang didapat dari kegiatan keseharian atau kegiatan ekstra yang kalian lakukan.

Gua juga gitu kok. Gua selalu percaya kalo di setiap hari nya, kita pasti mendapatkan pelajaran. Pelajaran itu bisa berupa ilmu, pengalaman, ataupun hal lainnya. Tapi belom tentu semua orang tau/sadar kalo di setiap hari nya mereka itu mendapatkan pelajaran tersebut. Jadi, bagaimana biar kita tau/sadar kalo kita telah mendapatkan sebuah pelajaran ?

Yang perlu kalian lakukan hanyalah lebih peka terhadap lingkungan. Iya, kepekaan terhadap lingkungan dan situasi kalian. Karena jika kalian lebih peka, kalian akan lebih tau apa yang sedang terjadi.
Kalo kalian merasa gak mendapatkan apa-apa berarti kalian kurang peka terhadap lingkungan. Apalagi kalo misal ada suatu kejadian besar dalam hidup kalian tapi kalian tetep gak tau/dasar telah mendapatkan pelajaran. Sangat disayangkan kalo gak dapet pelajaran.

Dan menurut gua yang paling sering menjadi pelajaran adalah dari sebuah kesalahan yang terjadi. Baik itu kesalahan besar ataupun kesalahan kecil. Kecalahan yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Dan pelajaran yang kalian dapatkan dari kesalahan tersebut bisa untuk memperbaiki kesalahan yang pernah terjadi itu.

Contoh kecil nya dari gua. Gua pernah ketemu dosen pembimbing gua di kampus, dengan jarak yang agak jauh. Gua liat dosen gua, dan kebelutan beliau liat gua. Tapi yang gua lakuin malah cuman menyapa dosen gua itu dengan senyum sambil menundukkan sedikit kepala gua. Dan beliau pun membalas sapaan gua dengan senyum juga. Secara langsung sih gak salah emang, tapi setelahnya gua mikir kayaknya itu kurang baik. Terus untuk selanjut-selanjutnya gua berpikir untuk mendatangi beliau dan menyapa nya secara langsung sekaligus salim.

Dari cerita gua di atas, gua mendapatkan pelajaran yaitu untuk tidak menyapa dari jauh doang, tapi mendatangi secara langsung untuk salim dan menyapa dosen pembimbing gua itu. Dan pelajaran ini bukan cuman untuk dosen pembimbing gua doang, tapi untuk setiap dosen yang melihat atau yang menyapa.

Yaa kira2 contoh kecil nya si kayak gitu, di hari itu gua mendapatkan sebuah pelajaran dari satu kejadian. Tapi di lain hari bisa aja gua atau juga kalian mendapatkan beberapa pelajarn dari satu kejadian atau mendapatkan banyak pelajaran untuk sehari.

Hari ini pun gua mendapatkan pelajaran, tapi yaah gak usah gua ceritain lah ya apa pelajaran nya itu hahaha

Jadi gua yakin pasti kalian mendapatkan suatu pelajaran dari pengalaman, kegiatan, ataupun pikiran kalian itu. Kita cuman perlu untuk lebih peka terhadap lingkungan, terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Waspadalah, waspadalah... lah kok malah kayak Bang Napi yang di acara bertia RCTI duluk gua wkwk

Kayak nya segitu duluk yang bisa gua tulis untuk kali ini, semoga bermanfaat :D
Kalo kalian baca dan setuju jangan lupak dishare yaa dan kalo punya pendapat lain tolong tulis di komen yaa

Jaa nee ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak