tulisan #3 Menghadapi Liburan

Liburan
sumber pict
                                                               
Selama itu gua kagak nongol karena gua lagi liburan. Iya, liburan semester. Lebih tepatnya liburan pertama gua sebagai Mahasiswa haha

Dan kali ini gua mau ngebahas tentang liburan...
Apa itu liburan ?
Liburan itu suatu masa di mana orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia persekolahan, iya pengertian itu gua ambil dari Wikipedia. hahaha

Siapa sih yang gak suka sama masa liburan ? gak ada kegiatan baca buku sekolah/kampus, gak ada kegiatan berhitung ataupun menghapal, bisa santai atau males-malesan...

Ketika masa liburan tiba pasti disabut dengan gembira oleh para pelajar, mau itu anak SMP, SMA, bahkan Mahasiswa sekalipun. Sebelum liburan tiba aja mereka udah buat planning untuk liburan kemana, ngapain, sama siapa, makan apa, tinggal dimana...

Tapi ketika masa liburan, ada beberapa pelajar yang ngeluh (udah dikasih liburan aja masih ngeluh) *dasar pelajar*
Gua sering denger kalimat-kalimat keluhan kaya gini :
"Libur gak enak nih, gak dapet uang jajan" 
"Aneh gini, waktu libur pengennya sekolah/kuliah, pas masuk sekolah/kuliah pengennya libur"
"Ah gak tau gini mau ngapain"
"Ah bosan gini libur" 
" Ah Ah Ah..." .......

Untuk gua aneh aja orang-orang yang suka ngeluh ketika liburan, bukannya nikmatin aja waktu liburan yang mereka punya. Kenapa gua sebut aneh ? ya seperti kalimat keluhan yang di atas itu.

"Waktu libur pengennya sekolah/kuliah, pas masuk sekolah/kuliah pengennya libur". kan aneh -,-

Ketika lo lagi masa Sekolah/Kuliah/Kerja, ya fokus untuk aktivitas itu. Dan ketika liburan, baru dah lo bisa istirahat, santai, ngegame, keluyuran, travelling, minggat...
Menurut gua, liburan itu hasil atau upah yang lo terima karena udah melakukan aktivitas (Sekolah/Kuliah/Kerja) yang lo kerjakan selama sebelum liburan. Jadi ketika lo dapet upah (Liburan), ya nikmatin aja jangan malah ngeluh -..-

"Kan kalo liburannya kelamaan bisa buat bosan juga"

Kalo gua sih kagak bosan-bosan pas liburan kemaren, soal nya gua nimatin aja geh liburannya hahaha
Oke2, gua bakalan kasih tips hasil dari pemikiran gua sendiri, gimana cara menghadapi liburan ~


"Ih hebat, bisa mikir juga ternyata~"

Bisalah, kan gua punya lutut (?)
Udah-udah husss, cekidot~ :

1. Ngumpulin Uang (Menabung)

"kan liburan, ngapain ngumpulin uang ?"

Ini untuk keluhan-keluhan yang sering bilang "Liburan gak enak nih, gak dapet uang jajan".
Sebelum masa liburan tiba, sebaiknya lo nabung deh. Jangan dipake untuk jajan terus, supaya nanti ketika liburan lo punya "bekal". Emangnya lo mau ketika liburan, kagak ada duit. Gak bisa beli makanan, gak ada uang untuk jalan-jalan, terus gimana kalo kuota internet hp lo abis ? pasti makin bete kan ?
Apalagi kalian yang ngekost, mau pulang gak ada duit~ Alhasil kegiatan lo cuman terkapar doang, mengenaskan~

sumber: google.com

Kalo punya uang simpanan atau lebih tepatnya tabungan kan kalian juga yang senang, mau makan ? tinggal ngutang, mau jalan keluar ? bisa nebeng.... nggak nggak, salah gua kayanya...
Maksud gua kalo mau makan tinggal pilihan mau makan apa, Warteg, Caffe, Restaurant ? mau jalan keluar bisa naek kendaraan umum, atau pake kendaraan pribadi dengan bensin yang Full :p

Makanya sebelum masa liburan tiba, lebih baik nabung...

2. Atur Waktu

"ngapain ngatur waktu ? kan lagi liburan, jadi bebas dong"

Iya karena lagi liburan gpp dah bebas, tapi tetep harus atur waktu. Sementarng liburan, jadi gak kenal waktu. Gak pernah liat jam, gak ngerti cara baca jam, gak tau yang namanya jam ... bukan bukan. Maksud gua di sini lupa waktu itu, lo gak bisa ngatur waktu untuk makan, tidur, solat, ngegame, dll.
Kalo udah gitu, bisa-bisa lo jadi sakit karena lupa makan, jadi lupa tidur karena keasikan begadang maen game ato nonton film, lupa solat karena tidur....

sumber: google.com

Jadi meskipun lo lagi liburan, harus tetep bisa ngatur waktu lah. Misal malemnya begadang sampe pagi, sebelum atau saat begadang itu makan dulu, setelah solat, atau lo mau males-malesan ketika siang nya, pagi nya abis solat subuh lo bisa olahraga dulu. Bukan nya gua ngasih tau cara "begadang atau males-malesan yang sehat" yak :p

Pokoknya harus tetep pinter "Manage Waktu" yak...

3. 'Belajar' Sedikit

"yah elah, udah liburan aja masih belajar... sedikit pula"

Lu mau otak lu itu jadi menciut kaya kelereng karena gak pernah dipake-pake selama liburan ? 
Dan yang gua baca dari artikel danish56 ini "Artikel" kemampuan otak lu bisa menurun. Lalu dari yang gua tau, IQ lu bisa turun sekitar 5% ketika lo liburan 1-2 minggu karena gak belajar sedikit atau mengasah otak~
Makanya, walaupun liburan pake lah otak itu. Supaya ketika kembali ke aktivitas lagi, gak oon-oon amat hahaha

sumber: google.com

Belajar yang gua maksud nggak selalu belajar pelajaran yang ada di sekolah/kampus kok. Bisa baca-baca dari blog orang yang isi nya informasi terbaru, pengetahuan, tips-tips kaya blog gua ini :p
Atau nyanyi pake bahasa asing, kaya inggris atau jepang, sekalian cari tau artinya...
Yah pokok nya otak itu dipake mikir lah walaupun cuman sedikit, biar gak mengkerut itu otak haha

Kalo gua sih biasa buka Kaskus, Blog-Blog yang udah gua follow, atau buat postingan kaya gini, kan ini mikir juga :p

4. Keluar Rumah
Biasanya ada yang ngeluh, kenapa ini kagak ada~

Iya, yang ini gak usah gua kasih tau juga pasti udah kalian lakuin kan hahaha...
Keluar rumah ini biasanya untuk refreshing kalo jenuh di rumah terus. Misal main sama temen SMP, SMA (sekalian reunian), atau Kuliah. 

sumber: google.com

Kalo sama temen SMP, kami sering jalan-jalan atau wisata kuliner, karena kami kuliah udah beda-beda provinsi dan kampus. Kalo temen SMA biasa nya.... sama aja hahaha, tapi sering juga main Futsal ke sekolah, karena gua dulu "Anak Futsal" pas SMA haha. Kalo sama temen Kuliah yah paling Futsalan juga hahaha

Tapi kan pasti cara kita "Keluar Rumah" ini beda-beda, ada juga yang Travelling, Nginep di rumah temen/sodara, ada yang diusir....

5. Cari Kegiatan Rutin

"yang ini maksudnya gimana nih ?"

Sabar sabar, tumben gak ngeluh ato nyolot hahaha
Maksud gua cari kegiatan ini, ya kegiatan positif yang bisa menyibukan lo atau kegiatan positif yang sekalian ngasah otak gitu, supaya kegiatan sehari lo kagka Makan-Tidur doang...
sumber: google.com

  • Kaya misalkan Jogging rutin setiap 2x Sehari... maksud gua Sehari 2x... sama aja yak, maksud nya 2 hari 1x atau lebih tepat nya Seminggu 3x, atau kalo masih berat Seminggu 1x aja deh, sabtu pagi atau minggu pagi, sekalian jalan-jalan pag, siapa tau ketemu jodoh~
  • Terus kaya iseng-iseng dateng ikut latihan ekskul lo di sekolah dulu, kalo gua pas liburan emang sering ke sekolah sama temen-temen SMA dulu untuk iseng latihan sekalian game...
  • Belajar gitar yang buat belom bisa, atau belajar lagu-lagu baru lewat App. Guitar Pro atau sama temen lu yang jago
  • Buat-buat tulisan novel, cerpen, cerita fiksi kali aja kegiatan ini cocok buat lu kan ? terus hasil karya nya bagus kalo disebar atau ngeblog kaya gua ini :p
Yah lakuin aja kegiatan rutin yang lo seneng, selama itu positif dan gak bayar.... nggak-nggak becanda, maksud gua yang bisa ngisi waktu luang lo yang sia-sia kalo gak dipake~


Kayanya segitu dulu tips yang bisa gua kasih, semoga bermanfaat untuk kalian, dan semoga liburan yang berikutnya gak kalian sia-sia in ya, manfaatkan dengan baik liburannya jangan banyak ngeluh :p
Jangan lupa komentar ya :D

Jaa Nee~



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak