Tulisan #60 Bocil maen SocMed


Harus kita akui kalo di era modern kayak sekarang ini, siapapun memiliki kemampuan untuk mengakses atau menggunakan platform media social. Mulai dari nenek-nenek yang udah jago salto sampe ke anak-anak yang mungkin belom mengerti buas nya dunia maya dan konsekuensi yang dihadapi. Bahkan nih ya bocil-bocil belakangan ini banyak banget yang berkeliaran di beberapa platform media sosial

Oiya gua jelasin dulu, bocil di sini yang gua maksud tuh bocah kecil atau anak-anak dengan range umuran antara kelas 1 SD sampe kelas 1 SMP, mungkin dari usia 5-13 tahun lah kira-kira. Kenapa cumin sampe segitu? Karena untuk kelas 2 SMP ke atas menurut gua udah cukup mengerti bagaimana menggunakan platform media social maupun bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain.

Terus contoh sosmed yang paling sering gua liat banyak bocil nya tuh ada di TikTok, Instagram, Facebook, dan Youtube. Untuk Twitter kayak nya gua belom ngeliat bocil yang pake deh. Mungkin ada, tapi gua nya aja yang gak tau atau dia udah umuran kelas 2-3 SMP kali, jadi yaa lebih ngerti pakenya. Bahkan ada juga bocil-bocil yang berkeliaran di platform market place kayak Shoppe. Karena kemaren tuh gua ngeliat ada yang nge-share screen shoot chat-an di aplikasi Shoope antara si bocil dengan si penjual. Dan yak seperti yang kita tebak, nih bocil terlihat kurang sopan menggunakannya.

Yang mau gua bahas di postingan kali ini tuh tentang Bocah atau Anak-anak kecil yang maen Social Media.


Kalo misalnya ada pertanyaan, ”Apakah bocil yang bermain media social itu baik atau buruk?”. Kalian akan menjawab apa? Tulis jawaban kalian di komentar yaaw, berserta pendapat kalian juga.

Kalo gua yang ditanya dengan pertayaan begitu, maka jawaban gua adalah Baik tapi juga Buruk.  Karena mungkin baik untuk perkembangan mereka tentang teknologi. Gua jawab baik juga karena gua berkaca dengan diri gua ketika kecil, beda nya kalo gua dulu maen Game Online pas masih bocah. Seperti yang pernah gua cerita in di tulisan ini: Klik di sini. Gua belajar banyak dan gak gaptek terhadap perkembangan teknologi dan informasi karena dari kecil udah megang computer dan internet. Itu baiknya menurut apa yang gua alamin. 

Nahh tapi juga bisa buruk, karena interaksi di platform media social tuh gak mudah bagi bocil-bocil ini. Di mana pola pikir, kebiasaan, pengetahuan, pengalaman, dan pengambilan keputusan mereka yang masih dikatakan kurang baik. Karena seperti yang kita tau, di media social apapun pasti kita menemui berbagai macam orang. Di sini lah hal buruk untuk mereka, yang kemampuan berinteraksi nya masih kurang baik.

Kita ambil contoh tentang hal baik nya, yaitu mereka jadi lebih paham tentang kemajuan teknologi dan perkembangan informasi. Bahkan platform media social juga bisa mereka gunakan untuk share hal-hal kecil yang mana nanti ke depan nya bisa jadi hal yang berguna atau baik untuk mereka. Lalu hal buruknya adalah terkadang mereka salah dalam melakukan sesuatu di media social, mulai dari apa yang mereka lihat, ikuti, sukai, dan sampai cara berinteraksi. Ya wajar si kalo mereka melakukan hal-hal yang kurang bijak, karena yaa … memang apa yang kita harapkan dari bocil-bocil ini? Kebijaksaan dan kedewasaan dalam bersikap? Gak mungkin kan. Yaa mungkin ada tapi gak banyak.


Lanjut ke contoh tentang hal buruk nya, yaitu mereka masih asal-asalan dalam ‘bermain’ media social. Maksud nya asal-asalan tuh kayak tindakan-tindakan yang mereka lakukan dalam berinteraksi dengan orang lain. Seperti kalo komen-komenan di Facebook, Instagram, atau di Youtube. Sering kali gua melihat komenan mereka yang buruk atau kurang sopan. Oke lah kalau itu mereka lakukan dengan teman sebaya atau sekelasnya. Tapi ya nama nya media social, kita gak selalu berhadapan dengan orang yang kita kenal. Terlebih kalo nimbrung di postingan yang ada di tab ‘explore’. Yaa memang gak ada aturan yang mengharuskan dalam bermain media social untuk tidak boleh menulis hal-hal tidak sopan. Tapi justru di kalangan masyarakat umum, udah jadi aturan tidak tertulis untuk saling menghormati dan berperilaku tidak buruk terhadap orang lain apalagi yang tidak tidak dikenal. Ya singkatnya tentang Attitude.
Nah terkadang bocil-bocil nih Attitude nya gak dijaga kalo bermain media social. Untuk pribadi gua si, ya ngerti aja kalo udah komenan nya kasar terus cek profil nya ternyata bocah, yaa gua skip. Tapi kan gak semua orang bisa ngadepin bocil dengan sabar. Takut nya nanti pas itu bocil lagi apes berurusan dengan orang yang tempramen, kan kerok juga nanti itu si bocil nya wkwkwk. Belum lagi nih para bocil-bocil mudah untuk dijadikan sebagai korban penipuan, udah banyak kan berita tentang bocah yang bermain media social tapi akhirnya malah ditipu. Mulai dari penipuan duit sampai penculikan.


Tapi meskipun nih bocil-bocil bisa dikatakan belum layak untuk ‘bermain’ media social, sebenernya mereka tetep bisa menikmati ‘bermain’ media social ini kok. Dengan cara harus diedukasi dan diawasi gerak-gerik mereka dalam bermain media social, atau yaa juga dibatasi cara penggunaan mereka kalo masih tergolong bocah dan belum siap. Ideal nya si seperti itu, tapi real nya gak semua orang tua bisa melakukan hal-hal tadi ke bocil-bocil ini. Jadi yaa kita juga sebagai pengguna media social yang terkadang melihat bocil-bocil ini berkeliaran dengan sembrono, coba untuk memaklumi dan mengedukasi mereka, kalo bisa dan sanggup. Kalo nggak yaa skip aja mereka, kayak gua hahahaha

Karena bagaimanapun kalo kita melarang nih bocil-bocil untuk menggunakan paltform media social, ya gak akan bisa juga, karena memang udah jamannya dan mereka pun pasti kalo dilarang malah tambah penasaran.  Dan sama aja kita menghambat perkembangan mereka di bidang teknologi. Jadi yaa paling tepat mungkin adalah kayak kata gua tadi, yaitu dengan mengedukasi, mengawasi, dan membatasi cara mereka ‘bermain’ pada platform media social. 

Kayak nya segitu dulu yang bisa gua bahas di postingan kali ini. Kalo berikutnya kalian lihat ada bocil-bocil yang maen SocMed, pantau aja dulu. Kalo ngelunjak baru disleding ... maksud nya diedukasi hahaha

Jaa Nee~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak