Tulisan #56 Fungsi Smartphone yang jarang digunakan

sumber: pexels.com

Menyambung postingan gua sebelumnya yang membahas tentang Smartphone sebagai Teknologi yang sangat berguna bagi Kehidupan. Kali ini gua mau membahas serta memberikan contoh-contoh nyata dari "sangat berguna bagi Kehidupan" tersebut.

"Emang nya apa aja sih yang bisa dilakukan dengan smartphone?

Hohouu. Tentu banyak anak muda! Pertanyaan di atas merupakan salah satu contoh pertanyaan yang dilontarkan oleh orang-orang yang belum mengoptimalkan penggunaan Smartphone. Ingat dengan rumus sotoy gua untuk mengeluarkan potensi besar pada Gadget canggih ini yang ada di postingan sebelumnya?

Ini dia Rumusnya: Pengoptimalan Smartphone terhadap kehidupan akan berbanding lurus dengan kebutuhan yang ingin kalian lakukan.
Nahh setelah tau rumus itu, maka langsung aja gua beri contoh-contoh fungsi smartphone yang jarang digunakan!! Cekidoot:
  • Misal ketika kalian sedang ingin mencatat sesuatu dan sedang diburu-buru, tapi hanya ada pena dan tidak ada kertasnya atau sebaliknya ataupun bahkan tidak ada keduanya untuk mencatat. Lalu karena buru-buru, kalian malah menjadi panik serta gusar karena tidak ada kertas atau pena untuk mencatat tadi. Alhasil bisa-bisa tidak jadi dicatat dan malah hanya diingat-ingat doang ... Tapi itu gak akan terjadi kalo kalian sudah mengoptimalkan penggunaan terhadap Smartphone. Padahal kalian ada Smartphone, dan gua yakin Smartphone kalian itu pasti standby di kantong ataupun di tangan ataupun di dekat kalian. Kalo gak ada kertas ataupun pena, kalian bisa menggunakan Smartphone kalian tersebut untuk mencatat, bung! Tinggal buka aplikasi note atau menu sms atau aplikasi chat lainnya kalo gak ada aplikasi note untuk mencatat, dan langsung ketik apa yang mau dicatat. Selesai. Gak perlu pusing-pusing cari pena lah, kertas lah, daon pisanglah. Hanya gunakan aja Smartphone kalian. Dan kalopun itu memang harus ditulis di kertas, kalian bisa pindahkan apa yang udah kalian catat tadi di Smartphone ke buku yang udah disediain berikutnya.
Masih ada kegunaan Smartphone lainnya yang mungkin jarang digunakan oleh kalian karena lupa ataupun kurang sadar.

sumber: pexels.com
  • Kegunaan lainya adalah mencari apa yang kalian ingin temukan. Kali ini berhubungan dengan Internet. Misal kalian mau ketemu dengan seseorang,ntah itu adalah pacar, gebetan, temen, haji bolot, atta halilintar, atau abang-abang JNE. Tapi kalian saling gak tau tempat yang akan dituju. Terus kalian saling tukar alamat untuk ketemu, dan malah ngobrol panjang bahas letak tempat yang akan dituju. Kayak misal “di deket gedung A ya bang” “di sebelah pasar itu yang mas” “di samping makam firaun ya dek”, atau semacam itudeh. Dan akhirnya malah makin bingung dan bingung. Padahal yang perlu kalian lakukan hanyalah pake fitur GPS dan Share Location. Maka itu akan memberikan alamat tempat yang dituju secara cukup akurat. Udah. Tinggal berangkat aja deh untuk ketemu. Ini juga berlaku kalau kalian mencari suatu alamat atau tempat yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya. Tinggal cari nama tempat atau alamat yang dituju di google browser atau google maps.
Gua lanjutin deh ya kegunaan lainnya yang jarang orang pakai, terutama yang gua gunakan.
  • Berikutnya ada Kalender Smartphone, yang bisa dijadikan sebagai pengingat untuk hari penting ataupun deadline kerjaan/tugas. Gua cukup sering nih pake fitur Kalender pada Smartphone untuk ngingetin gua akan hari-hari yang ada ‘sesuatu’nya. Misal di tanggal tertentu gua ada Interview Pekerjaan, atau deadline kerjaan, atau akan melakukan sesuatu di tanggal tertentu, dan bahkan sampe untuk ngingetin ulang tahun temen-temen gua. Iya, semua itu gua bikin pengingatnya di Kalender Smstarphone tersebut. Lengkap dengan jam berapa nya kira-kira gua mau diingetin. Dan itu sangat berguna, terutama untuk orang-orang pelupa, seperti gua.
  • Lalu kegunaan yang cukup membantu lagi adalah, menjadikan Smartphone sebagai remot. Ntah itu remot TV, Radio, ataupun AC. Smartphone model-model sekarang udah dilengkapi teknologi remot serbaguna kayak gini. Jadi kalo remot TV kalian ilang, atau disumputin emak kalian yang suka nonton Super Deal itu, kalian bisa gunain Smartphone kalian untuk kembali menguasai TV nya. Huahahahahahahahaha *ketawa jahat tapi dalam bahasa ibrani*
  • Dan ini nih. Yang sering kali orang lupa atau mungkin males. Yaitu, Googling. Ketika kalian gak tau tentang suatu hal yang sedang kalian pikirkan atau yang kalian pertanyakan, dan tidak ada seorang pun yang bisa memberitahu kalian tentang itu atau tidak ada seseorang yang bisa ditanyai, maka gunakanlah Internet yang ada di Smartphone kalian tersebut. Googling lah. Kalian bisa menemukan banyak jawaban atau referensi tentang yang kalian tanyakan atau yang sedang kalian pikirkan tersebut. Kalian mau belajar Anu, dan gak ada yang bisa ngajarin, bisa googling. Kalian mau tau siapa sih si Atta itu, bisa googling. Kalian mau tau bahan-bahan dari resep masakan Itu, bisa googling. Tapi ini bisa kalian lakukan kalo emang bener-bener gak ada seorang pun di sekitar kalian yang bisa ngasih jawaban atau pencerahan yang tepat tentang pertanyaan atau pikiran kalian tersebut. Kalo masih ada yang bisa ditanya secara langsung ataupun tidak langsung (baca: chat/ telepon) di sekitar kalian maka bertanyalah ke orang tersebut. Karena meskipun kalian bisa menemukan jawaban apapun secara mandiri melalui Internet, tetapi interaksi atau komunikasi secara langsung dengan orang di sekitar akan lebih ‘dapet’.
  • Lalu yang sedang hangat-hangat nya beberapa tahun ke belakang nih. Belanja Online. Iya, kalian bisa melakukan pembelian atau belanja barang tanpa kalian harus dateng ke toko tempat barang tersebut di jual. Kalian bisa melakukan kegiatan belanja-belinji tersebut cuman melalui Smartphone doang. Tinggal sentuh-sentuh-geser-geser-sentuh, selesai deh. Barang nya nanti akan sampai ke kalian melalui mas-mas kurir baik hati yang membawanya.  Kalian bisa beli apapun di toko-toko online yang ada. Mungkin beli ginjal juga bisa kali ya?
  • Dan yang terahir adalah. You can do your Passion just from your Smartphone. Contohnya? Mulai dari Fotografi, Menulis, Menggambar, sampai bernyanyi-nyanyi dengan suara cempreng kalian tersebut yang dialuni suara musik. Apalagi Smartphone sekarang sudah makin canggih dengan dilengkapi berbagai fitur yang menarik, seperti Kamera yang cukup mumpuni, RAM dan Memory penyimpanan besar yang bisa untuk instal berbagai Aplikasi edit gambar, Keyboard yang gak ada keypad nya ... ummm, oke next. Jadi gak ada lagi alasan kalian untuk mengeluh gak bisa ini-itu terhadap Passion kalian. Ya memang, melakukan Passion melalui Smartphone itu gak terlalu maksimal. Tapi itu udah cukup membantu untuk ‘menyalurkan’ nya. Kalian bisa bawa ke mana-mana itu Smartphone untuk cari inspirasi. Seperti ke toilet misalnya.
Di atas-atas itu tadi adalah berbagai cara pengoptimalan Smartphone yang jarang orang lakukan. Inget, yang jarang dilakukan bukan yang jarang mereka ketahui. Karena mungkin bisa aja mereka tau, tapi mereka gak melakukannya. Sehingga penggunaan Smartphone nya jadi kurang Smart. Sebenernya masih banyak lagi cara pengoptimalan Smartphone agar sangat berguna bagi kehidupan kita. Tapi daripada gua tulis semua nanti malah jadi lebih panjang lagi tulisan nya. Jadi lebih baik kalian eksplor aja sendiri deh. Inget. Pengoptimalan Smartphone terhadap kehidupan akan berbanding lurus dengan kebutuhan yang ingin kalian lakukan. Eh tapi quotes yang barusan sotoy aja sih gua sebenernya hahahaha

Itu dulu yang bisa gua share kali ini. Semoga kalian terhibur, dan betah baca nya dengan tulisan yang panjang-panjang ini hahaha. Dan tidak lupa semoga bermanfaat :D

Jaa Nee~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak