Tulisan #53 Inilah Teknologi yang sangat berguna bagi Kehidupan

Sumber Pict: www.scienceabc.com

Di era modern seperti sekarang, teknologi menjadi salah satu hal yang paling cepat berkembang. Terutama teknologi di bidang elektronik. Perkembangan sangat amat cepat, udah kayak lari kalian yang menuju toilet ketika kebelet eek. Sadar gak sih, kalo di sekitar kita ini udah dipenuhi oleh berbagai elektronik yang digunakan untuk menunjang kehidupan kita. Contohnya aja di rumah kalian masing-masing. 

Di mulai untuk menghibur diri, bisa menggunakan TV, Radio, atau bahkan Raket Nyamuk yang ditempel-tempelin ke dengkul. Iya raket nyamuk adalah salah satu alat maenan gua, kalo ada. Terus untuk membuat berbagai makanan dan minuman, bisa menggunakan Oven, Blender, sampe ke Dispenser Air yang dapat memudahkan kalian untuk menyeduh kopi tanpa perlu capek-capek berdiri, nunggu, bolak-balik ngecek, cuman untuk memanaskan air pakai kompor. Belum lagi kalo Kulkas kalian adalah Kulkas Canggih yang ada TV nya ... Anjir, untuk apaan coba kulkas dikasih TV

Semua itu tadi adalah teknologi yang digunakan untuk menunjang dan memudahkan kehidupan kita. Tapi itu baru sebagian kecil, bahkan baru alat-alat elektronik di sekitar rumah kalian doang. Dan rumah gua juga pastinya.

Sumber Pict: pexels.com

Masih banyak alat-alat elektronik lain yang sangat berguna dalam kehidupan kita. Contoh lainnya ada di tempat kerja. Jaman sekarang ada alat yang bisa digunakan untuk meng-absen kehadiran kalian yang menggunakan finger print. Praktis kan? Gak perlu capek-capek nulis di kertas atau laporan ke bagian tertentu untuk menyatakan kalo kalian hadir pada hari itu. Cuman cukup tempelkan jari jempol kaki kalian ... maksudnya jari tangan kalian ke alat absen finger print tersebut, dan fualaa kalian pun sudah dinyatakan hadir. Lalu mesin fotocopy dan mesin penghancur kertas yang kadang jadi maenan gua juga, dengan mesin-mesin itu tadi, kita dapat melakukan pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif. 

Tapi menurut gua, teknologi yang lebih dari cukup atau mungkin paling bermanfaat bagi aktivitas pekerjaan, sekolah, ataupun kehidupan sehari-hari kita sekarang adalah Smartphone yang tentunya terkoneksi dengan internet. Kenapa? Karena banyak hal yang bisa kita lakukan, dengan menggunakan atau bahkan mungkin hanya bermodalkan Smartphone saja. Bener deh, banyak yang bisa kita lakukan menggunakan Smartphone. Tapi sekali lagi gua ingetin ya, Smartphone yang terkoneksi Internet. Karena agak kurang maksimal kalo kalian punya Smartphone, bahkan yang paling canggih sekalipun tapi gak terkoneksi internet. Jadi internet adalah salah satu bagian penting untuk Smartphone, IMO yaa. IN.MY.OPINION.

Kali ini gua bukan mau ngebahas ‘Internet’ nya yaa. Gua mau bahas Smartphone-nya.

Sumber Pict: pexels.com

Gua bilang tadi “banyak hal yang bisa kita lakukan” dengan Smartphone. Itu bener. Dan gua rasa kalian juga udah merasakan sendiri manfaat-manfaat dari menggunakan alat canggih nan praktis milik kalian masing-masing tersebut. Mulai sekedar teleponan, chatan, Instagraman, bermain game, dengerin musik, baca artikel, kerokan, dan sampe menjadikannya Alarm. Tapi apa yang gua sebutin barusan itu belum ada apa-apanya. Manfaat Smartphone lebih dari itu. Ia bisa sangat berguna bagi kehidupan kalian, baik di bidang pekerjaan, sekolah, aktivitas sehari-hari, ataupun hal ‘lainnya’.


Baca Juga: Aktivitas menjadi ringan dengan Smartphone Idaman Huawei Nova 3i


Sebenernya gua mulai menyadari tentang berbagai kegunaan yang sangat banyak dari Smartphone ini udah lama. Tapi gua masih mempertanyakan pemikiran gua tadi terhadap lingkungan sekitar gua. “Apakah kita sudah mengoptimalkan penggunaan terhadap Smartphone?”

Smartphone bisa menjadi alat serbaguna untuk kehidupan sehari-hari maupun kebutuhan tertentu. Terlebih lagi, smartphone selalu dalam jangkauan kita, seperti selalu dipegang, diletakkan di meja kerja, di dalam kantong baju-celana, dan bahkan selalu dibawa ke mana-mana. Jadi udah pasti smartphone itu praktis dan selalu siap sedia digunakan. Kecuali kalo batere nya udah abis ya~ Dan setelah gua mengamati sekitar gua, baik itu di lingkungan rumah, tempat kerja, ataupun ketika bersama teman-teman gua, ternyata banyak dari mereka masih belum mengoptimalkan penggunaan Smartphonenya. 

Sumber Pict: pexels.com

Hal itu disebabkan karena kurangnya kepekaan mereka terhadap multi-fungsi yang dimiliki oleh Smartphone. Iya, kebanyakan dari kita cuman menggunakan Smartphone hanya sebatas alat komunikasi pada umumnya doang. Teleponan, chating-an, kerokan, buka social media, udah. Tapi 'lupa' menggunakan fitur-fitur atau potensi-potensi yang ada dibalik 'sebatas alat komunikasi' itu tadi. Jadi, kalian perlu lebih peka terhadap potensi yang bisa dikeluarkan oleh si Smartphone ini. Lalu gimana cara mengeluarkan potensi si Gadget Canggih yang banyak kegunaannya ini? 

Caranya adalah dengan menggunakan rumus sotoy gua. *thumb up* 

Rumusnya adalah: Pengoptimalan Smartphone terhadap kehidupan akan berbanding lurus dengan kebutuhan yang ingin kalian lakukan. Maksudnya gimana tuh min? Gua bukan admin woi. Maksudnya adalah, (Hampir setiap) Kebutuhan yang sedang ingin kalian tunaikan atau yang kalian miliki itu bisa selalu diselesaikan dengan menggunakan Smartphone. Jika suatu kebutuhan sehari-hari kalian tersebut sudah bisa kalian penuhi dengan menggunakan Smartphone, maka kalian sudah melakukan pengoptimalan dalam menggunakan Smartphone.

Gimana-gimana aja tuh contohnya?

Dipostingan berikutnya bakal gua tulis contoh-contoh yang mungkin jarang kalian lakukan dalam mengoptimalkan fungsi Smartphone ini. Untuk sementara kalian coba-coba deh untuk eksplor sendiri kegunaan terpendam Smartphone kalian itu. Jangan cuman dijadiin Alarm dan alat kerokan doang itu alat canggihnya yaa~

Kayaknya segitu duluk tulisan yang bisa gua share kali ini. Semoga bermanfaat dan menghibur untuk kalian yaa. Kalo kalian ada pendapat dan opini lain, jangan lupa tulis di comment box yaaaw!!

Jaa Nee~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak