Tulisan #51 Cara tetap Produktif dan Kreatif


Sebelumnya gua ucapkan terlebih dahulu Selamat Tahun Baru 2019!!! Yeay!! Gak kerasa udah 2019 tahun terlewati sejak Tahun Masehi dimulai, dan gua gak tau apa maksud gua membahas seberapa lamanya Tahun Masehi telah berjalan. Bodo amat.

Biasa nya di awal-awal Tahun seperti ini akan banyak tindakan atau kegiatan positif bahkan melakukan hal-hal baru yang dilakukan untuk memulai menjadi pribadi yang lebih baik. Dan kutipan yang paling sering dibaca atau didengar adalah "New Year, New Me". Padahal mah tiap tahun juga gitu-gitu aja, gak tau dah apaan nya yang "New" hahahaha. Mungkin maksud mereka kayak gitu sebenernya untuk memotivasi diri sendiri agar menanamkan Mindset bahwa di Tahun yang baru ini, mereka juga harus menjadi atau memiliki sesuatu yang baru. Tentunya hal yang positif yaa, atau setidaknya positif menurut pendapat masing-masing ...


Di awal tahun biasanya kita menginginkan diri kita untuk produktif dan juga mungkin lebih kreatif dalam menjalani keseharian di tahun yang baru ini. Ntah itu produktif dalam hal dunia kerja/ pedidikan; seperti sekolah atau kuliah, mungkin juga dalam bermalas-malasan, bahkan sampai aktivitas membasmi kejahatan di muka bumi ini, atau mungkin juga produktif dalam memperbaiki akhlak kita yang selama ini berantakan. Subhanallah .... Yang pasti memulai awal tahun dengan baik adalah hal yang harus dilakukan untuk merealisasikan "New Year, New Me" tadi.

Tapi seringkali kita dihadapkan dengan masalah kehidupan yang sangat berat seperti kewajiban untuk mengurangi angka kemiskinan yang merajalela di negeri ini ... apasih gak maksud!!?? Oke, skip yang ini.

Tapi kebiasaan buruk dan rasa bermalas-malasan yang masih kadang terbawa dari tahun sebelumnya atau lebih tepatnya dari akhir tahun sebelumnya, membuat kita jadi terhambat untuk lebih produktif. Nahh untuk mengatasi hal itu, gua akan memberikan/ membahas cara meningkatkan/ membangkitkan semangat agar kembali produktif.

Cekibrooot:

1. Membaca Buku

Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang, atau lebih tepatnya  karena tidak semua orang gemar membaca buku. Hanya segelintir orang yang menggemari kegiatan ini untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan semangat agar produktif. Mungkin orang-orang lebih senang membaca caption Instagram tentang senja, pantai, kopi, teh, wedang jahe, temulawak, dan jamu-jamu lainnya yang berseliweran di Timeline maupun tab Explore daripada buku yang bermanfaat.


Coba deh kalian baca buku yang bermanfaat isinya bagi kalian. Contohnya seperti majalah bobo, majalah playboy, buku nomor telepon .... salah-salah. Bukan itu ding , maksudnya buku-buku yang isinya tentang biografi/ kisah hidup seseorang yang sukses, buku-buku tips & trick, buku-buku kumpulan quotes yang membuat kalian bersemangat, atau buku-buku tentang minat-hobi-passion yang kalian gemari atau geluti. Pokoknya buku-buku yang mampu memompa rasa semangat dan motivasi kalian untuk meningkatkan keproduktifitasan kalian itu sendiri. Bisa juga buku-buku seperti Novel atau Komik. Karena tujuan membaca buku ini selain untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita, juga untuk membuat mood kita lebih baik. Karena percaya atau tidka, untuk sebagian orang, jika mood-nya baik maka kegaiatan yang dilakukan dalam keseharian pun lebih produktif. #IyaGitu #Katanya #WowFakta

Tapi yaa sebenernya gak harus melulu buku juga kok. Karena ada juga bacaan selain buku yang bisa kalian baca yang fungsi nya juga mirip buku. Contoh nya tulisan-tulisan di blog gua ini misal nya .... #promosi. Contoh lain nya adalah seperti artikel-artikel bermanfaat di Internet. Karena sekarang sudah era globalisasi, kalian hanya perlu menuliskan keyword yang ingin kalian baca sesuai minat-passion-hobi atau bahkan hanya rasa penasaran kalian saja di Google atau mesin pencarian lainnya. Dan tulisan terkait yang kalian cari pun akan muncul untuk dipilih lalu dibaca. Pokok nya kalian jangan malas membaca, dan yang terlebih penting bacalah bacaan yang bermanfaat. Seperti Caption-caption di Instagram misal nya ....


2. Menonton

Salah satu kegiatan yang dapat membuat gua kembali produktif dan menjadi lebih kreatif, adalah menonton. Ntah ini adalah menonton film, video-video di Youtube dan sosial media lainnya, menonton Radio ... maksud nya acara-acara di TV, maupun menonton keributan-keributan yang terjadi di sekitar gua. Gak ding, yang ketiga bercanda. Oiya satu lagi gua tambahin deh, nonton Kuda Kepang.

Kareana seperti hal nya membaca, menonton juga adalah kegiatan yang dapat menstimulasi kita untuk menjadi lebih produktif dan kreatif setelahnya. Tergantung dari apa yang kita tonton juga sebenernarnya. Oleh sebab itu usahakan lah untuk menonton konten yang bukan hanya menyenangkan aja, tapi juga bermanfaat. Gak ada salah nya menonton yang hanya berfokus menyenangkan hati kita, tapi juga harus diimbangin dengan tontonan yang bermanfaat.


Untuk gua sendiri, karena menulis dan menggambar adalah hal yang termasuk dalam minat gua. Maka menonton film, bagi gua itu adalah tambang untuk mendapatkan ide-ide baru yang bisa gua aplikasikan ke dalam tulisan gua di blog atau menambah inspirasi dalam imajinasi gua. Dengan kata lain, menonton film membuat gua lebih kreatif dan dapat membuat gua lebih produktif setelahnya. Lebih produktif karena mendapatkan ide-ide baru yang mana untuk dikeluarkan kembali dalam bentuk tulisan di blog atau gambaran gua. Selain itu, setelah menonton biasanya gua jadi lebih termotivasi untuk berbuat lebih dalam menjalani hari .... agak lebay gak gua? Kalo iya, ya maklum. Biar kalian ikut termotivasi juga hahaha

Dan bukan cuman nonton film doang, pas nonton-nonton di Youtube pun gua juga usahain untuk nonton konten-konten yang dapat menambahkan pengetahuan serta kemampuan gua. Seperti tutorial editing video, pengetahuan-pengetahuan penting sampe yang gak penting, dan juga gak lupa tontonan yang dapat menghibur diri gua. Biar seimbang.

Lalu untuk tontonan acara TV itu ... Gak ada. Ohh ada kadang-kadang doang tapi, dan yang paling sering gua nonton NetTV.


3. Refreshing/ Jalan-jalan

Siape sik yang gak seneng jalan-jalan? Ya, kalo ditanya gitu si pasti ada juga yang gak seneng jalan-jalan emang. Tapi hampir semua orang pasti seneng refreshing ke tempat yang bisa membuat pikiran jadi lebih tenang dan santai. Contoh nya seperti Pantat ... maaf maksud nya Pantai, atau Pegunungan, Danau, dan tempat-tempat lain yang bisa menyegarkan hati kalian. Atau kalopun gak bisa jalan-jalan yang jauh, pokok nya refreshing ajalah ke mana kek, ke tempat-tempat yang bisa menghibur dan melepas penat kalian. Seperti ke Pantai ... ohh sorry, kan udah tadi ya. Maksud nya seperti ke taman kota, atau taman deket rumah, atau keliling komplek, ke mall untuk liat-liat baju atau apatah yang mau dibeli bagi kalian yang suka ke mall (gua si kagak wkwk), atau ke toko buku untuk ngerobek plastik segel buku dan baca buku nya secara gratis ... maaf, tips barbar itu jgn ditiru ya.


Tujuan dari jalan-jalan atau Refreshing ini adalah lagi-lagi untuk membuat mood kita menjadi lebih baik. Supaya pikiran dan hati kita fresh, nama nya aja refreshing, ya pasti sudah pasti agar kita fresh. Apasih gak maksud goblo.
Kalo hati dan pikiran kita udah fresh, maka mood kita pun aja jadi lebih baik. Dan niscaya kita akan jadi lebih produktif dan akan terjaga keproduktifitasan kita dalam keseharian. Dan juga bonus nya kalo pikiran fresh, mungkin kalian akan jadi lebih kreatif juga. Bonus lainnya kalo hati dan pikiran fresh serta mood bagus adalah, ide-ide kalian akan lebih mengalir.

Dan kalo kalian jadi gak produktif lagi, ya gampang. Kalian hanya perlu Refreshing lagi. Tapi jgn cepet-cepet langsung nyerah gitu aja ya kalo ngerasa gak produktif, karena bisa aja itu emang lagi males aja wkwkwk. Jadi yaa dipaksa aja dulu untuk produktif lagi, kalo udah bener-bener mentok, baru deh refreshing.


4. Paksakan diri

Kadang kita ini sering tanpa sadar jadi manja. Gak produktif dikit, udah nyalahin kalo kita butuh liburan, butuh refreshing, butuh jalan-jalan, butuh asupan kasih sayang dan perhatian .... yang terakhir kayaknya lupain aja deh.
Padahal ketidak produktifitasan kita bisa jadi dan belom pasti bukan karena kurang nya liburan atau refreshing. Bisa jadi karena kitanya yang belum menekan diri kita untuk memaksimalkan apa yang bisa kita lakukan. Jadi ya gitu,tanpa sadar kita manja pada diri kita sendiri.


Makanya kita harus coba untuk paksakan diri untuk berbuat lebih dulu sebelum menyalahkan faktor 'butuh refreshing' tadi. Paksakan diri dulu untuk mencoba lebih produktif. Kalo misal hari ini keliatan kurang produktif dan terlihat males atau gitu-gitu aja, jangan nyerah dulu. Sabar. Dicoba lagi besok harinya. Kalo masih belom keliatan produktif atau belom merasa produktif, coba lagi besoknya. Jangan mudah menyerah sama sifat males dan manja dadakan yang kadang muncul tapi gak kita sadari itu. Intinya adalah berusaha. Berusaha aja dulu. Paksakan diri kalian untuk berusaha lebih keras, dicoba untuk memaksimalkan diri. Kalo misal hari ini ada yang kurang, besok nya coba tutupin kekurangan itu. Tapi yaa namanya manusia emang selalu ngerasa kurang dan gak pernah ngerasa cukup sik. wkwkwk

Kayak gua mau nulis untuk postingan ini deh, kemaren-kemaren tuh rasanya maleeeessss banget.  Niat mah ya ada, ide juga dikit-dikit disusun. Cuman rasa males dan manja gua yang "ntar besok, ntar besok" itu menghalangi gua untuk produktif. Tapi ya harus gua paksakan. Karena kalo gua gak nulis-nulis dan gak ada postingan di blog gua untuk bulan ini, artinya gua gak produktif sebagai blogger gadungan. Oleh sebab itu, ayo coba paksa diri kalian untuk berusaha lebih keras. Merdeka!!


5. Istirahat/ Jaga Kesehatan


Banyak dari kita yang karena sangat ingin jadi produktif atau juga ingin terlihat produktif dalam pekerjaan, hobi-minat-passion, maupun keseharian, tapi jadi lupa yang namanya istirahat serta menjaga kesehatan. Ingat, "sesuatu yang berlebihan itu tidak baik". Begitupun dalam bekerja maupun menajalani keseharian, kalo kalian berlebihan dan sampe lupa waktu, maka kalian pun akan bisa kehilangan keproduktifitasan itu karena drop nya tubuh kalian. Iya, kalo kalian gass terus itu badan untuk produktif terus dan sampe lupa istirahat. Maka tubuh kalian pasti akan sakit nantinya, dan akhirnya tumbang karena sakit. Kalo udah sakit dan butuh istirahat yang lebih, maka kalian gak akan bisa produktif lagi. Jadi coba lah untuk lebih bijak dalam menggunakan stamina, otak, dan tubuh kalian. Kesehatan itu penting. Produktif dalam bekerja atau keseharian juga penting. Maka lakukanlah dengan seimbang. Kesurupan apa gua sering jadi sok bijak gini.

Dunia dikejer terus, tapi Akhirat tergerus. Subhanallah ... wkwkwkwk

Dan lagi kalo kalian kekurangan istirahat serta kesehatan yang turun, ide-ide yang ada pun pasti akan kurang mengalir juga. Lalu ditambah kekreatifitasan yang pasti juga ikut menurun. Namanya juga lagi sakit, apa-apa pasti jadi terbatas ye kaan. Jadi kalo udah keliatna tanda-tanda mau drop, udah istirahat aja dulu. Kendorin aja dulu itu kegiatan, sabar. Nanti kalo udah sehat baru gas lagi.
.
.
Sebenernya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk tetap produktif dan kreatif dalam menajalani pekerjaan, minat-hobi-passion, maupun dalam keseharian. Hanya terkadang kita lupa dan bingung bagaimana cara membangkitakan dan memotivasi diri kita sendiri untuk kembali semangat dan bergairah dalam berusaha. Dan beberapa caranya adalah seperti apa yang gua jabarin barusan di atas. Dan yang paling gua anjurin ketika kalian stuck atau lagi gak produktif adalah, Paksakan diri untuk buang rasa malas dan manja, lalu buat Mood kalian jadi lebih baik.

Semoga kita selalu dapat memberikan yang terbaik dalam apa yang kita kerjakan.
.
.
Kayak nya segitu dulu yang bisa gua share untuk kali ini. Kalo kalian ada tambahan cara, masukan, atau pengalaman. Bisa kalian share dengan tulis di comment box yaaw.

Jaa Nee ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak