Tulisan #43 Tipe-tipe Player Ngeselin di Mobile Legend



"Woy lo jaga bawah yaa"
"Gua ambil mid, solo yaa"
"Itu Buff ambil duluan"
"Kita butuh Tank"
"Gua .. siapa ? di mana ? ada apa ini.."
"Eh lo berak nya jangan sembarangan ..."

Teriakan-teriakan ato omongan-omongan kayak gitu udah gak asing lagi gua denger kalo lagi kumpul sama temen-temen gua. Sambil ngeliatin Gadget, sambil ngorbol tentang yang diliatin di Gadget ... suram sekali ngorbol sama Gadget wkwkwk

Udah hal yang biasa jaman sekarang kalo lagi maen ato ngumpul bareng temen pasti sambil pegang HP. Sambil maen HP. Sambil sibuk sendiri sama HP. Sampe-sampe kadang mau gua jualin itu HP temen-temen gua wkwkwk

Dulu maen game di HP itu paling cuman sendirik-sendirik, kayak maen Ninja Fruits ato Angry Bird  ato Sudoku... Dan makin modern teknologi, sampe game-game di HP sekarang udah support sistem multi-player's online. Salah satunya yaitu game 'moba kok analog' ... err maksud gua 'Mobile Legend: Bang Bang'.

Anak muda ato Remaja mana si sekarang yang yang punya HP android tapi gak tau game 'moba kok analog' ini... eheem maksudnya Mobel Lejen ? Mereka yang punya HP dengan basis OS Android dan IOS pasti tau game ini, walaupun gak maen pasti tau tentang game ini, ntah dari temennya ataupun neneknya. Yang maen itu udah hampir kategori 'Segala Usia', iya masih hampir. Dari bocah yang masih kecil yang sering dihujat di dalem game, anak SD, SMP, sampe bapak-bapak ada yang maen. Untung gua belom pernah liat Mbah-mbah maen game ini.

Bahkan gua pun maen kok, malah sampe ganti HP untuk maen game ini ... Nggak kok nggak wkwk
Gua ganti HP bukan cuman karena biar bisa maen 'Mobile Legend' kok, tapi yaa emang karena HP lama gua udah kurang optimal aja gua pake. Mulai dari memory internal nya yang penuh, sampe RAM nya yang agak kecil jadi kurang nyaman untuk digunain aplikasi-aplikasi berat ... kayak untuk refresh email aja sesak dan susah :(

sumber: google.com

Singkatnya untuk yang belom tau apa itu game 'Mobile Legend', ini adalah game MOBA ato sebut aja perang yang dilakukan oleh 2 tim, yang mana masing-masing tim berisikan 5 orang player ato pemaen yang saling hujat antara lawan maupun kawan ... ato kalo mau lebih rinci bacak kata om wikipedia ini: MOBA

Tapi yang mau gua bahas di sini itu bukan tentang game nya melainkan tentang "Tipe-Tipe Player Ngeselin" yang ada di game tersebut. Kenapa ngeselin ? Iya karena mereka mengganggu ketentraman player lain dalam bermain wkwkwk Langsung aja deh, cekidoot:

1. AFK

AFK adalah singkatan dari Away From Keyboard, dapat disimpulkan arti dari singkatan itu adalah suatu keadaan atau situasi di mana player sedang jauh dari keyboard. Atau lebih tepatnya jika dalam dunia game maksud nya adalah si player itu sedang tidak dalam kondisi memainkan game tersebut karena suatu urusan.

sumber: google.com

Ungkapan ini sebenernya biasa digunakan oleh gamer di console ataupun PC. Tapi yaa karena udah jadi 'bahasa' gamer, mau game nya di mana pun pasti ungkapan AFK tetep dipakai kalo karakter si player gak gerak-gerak atau diem aja di dalem gamenya.

Nahh yang ngeselin dari mereka ini, kadang para pelaku AFK ini suka gak mandang tempat. Atau gak liat-liat situasi lagi kalo mau AFK. Ketika ronde atau waktu permainan udah dimulai, kadang ada yang langsung AFK atau AFK di tengah permainan. Ntah mereka ini tiba-tiba mau berak atau ngupil pake jempol tangan nya. Itu yang suka buat emosi temen-temen satu tim nya, dasar upil Balmond.

Karena yang rugi dengan tindakan mereka itu bukan cmn si pelaku AFK nya doang, tapi seluruh anggota tim kena dampaknya, yaitu kekalahan. Pengen gua tombak bener rasak nya para pelaku AFK yang gak liat-liat situasi ini wkwk Kalo mau AFK itu yaa sebelum game di mulai atau sekalian gak usah maen dulu kalo masih ada keperluan.

2. Bocah

Ini adalah salah satu tipe player yang paling ngeselin dalam dunia per Mobel Lejen an wkwkwk

Kalo gak percaya bisa kalian buktikan untuk bertanya kepada para player Mobel Lejen. Usia para player pada tipe ini adalah mereka yang masih duduk di bangku SMP ke bawah. Mulai dari SMP sampe bocah umur 5 tahun yang udah dikasih pegang HP sama orang tua nya, dasar orang tua gak bertanggung jawab !!! Kami para player lain yang menanggung derita akibat dari bocah-bocah kalian itu !!!

sumber: google.com

Alasan kenapa mereka kurang disenangi itu simpel, karena mereka masih belum bisa dan belum mengerti untuk main. Jadi mereka ini bakal jadi ngeselin ketika dalem permainan dan terlihat di statistik maupun pas permainan berlangsung. Maen nya keliatan asal-asal an, sering mati, gak dengerin command ato komunikasi antar teman setim, dan ketika dikasih tau ato diarahin diem aja gak ada respon, berasa  chating in game sama pager taman deh pokok nya.

Baca Juga Nih: Tips main Game Online

Dan salah satu trik yang bakal dilakuin para bocah ini adalah mereka akan AFK di base atau yang lebih parah mereka akan langsung keluar dari game ketika mulai ngeliat tim udah agak jatoh ato akan kalah. Emang bedebah bener para bocah ini wkwk Kalo kalian kayak gitu juga, berarti kalian sama dengan tipe ini.

Yaa walaupun ada juga bocah yang maen nya lumayan bagus dan ngerti. Tapi gak banyak yang kayak gini, perbandingan nya mah 1:10.000. Jadi untuk adik-adik coba lah untuk dipahamin dulu tips and trick nya biar gak asal main nya.

3. Tukang Bacot

"Woy g*blok, lo maen yang bener dong .."
"Ahh elahh ini yang maen bocah kalik yaa, masa alucard nya bukan bawa pedang tapi bawa krayon"
"Woyy lo maen di HP N-Gage ya ? Canggih amat bang*sat .." padahal game baru dimulai. 

sumber: google.com
Ba, ba apa yang Cot ? Yak benar, jawabannya adalah Bacot !!

Tipe ini adalah yang paling berisik dan buat kondisi tim gak nyaman kalo udah mulai ngebacot. Apalagi kalo bacotan nya bersifat destruct dan blamming doang, gak ada bacotan positif kayak saran ato command yang untuk ngebantu tim. Padahal bisa aja skill nya biasa aja, tapi bacot nya yang luar biasa mengganggu.

Karena kalo udah ada salah satu teman setim yang ngebacot, pasti kondisi tim juga gak akan enak untuk maen. Mulai gak saling percaya dan individualis maennya, yang ujungnya bakal gampang untuk dikalahin sama tim lawan. Jadi kalo ada salah satu temen setim kalian yang bacot kalo bisa yang laen jangan ikut-ikutan deh. Dinasehatin aja coba itu, kalo masih gak bisak baru kasih cabe dah itu mulut. Atau paling gak, kalian jangan ikutan ngebacot yang gak jelas.

4. Egois

Terkutuk lah kalian para player yang masih suka egois ketika pick hero sedang berlangsung. Ini padahal game belum dimulai, tapi udah jadi agak ngeselin kalo ada player yang gak mau ngalah untuk kebutuhan tim. Bisa ada role yang gak diambil ataupun role yang double. Dan yang paling sering adalah double role MM wkwkwk


Misal udah ada player yang ngepick role MM duluan, yang egois bakal tetep pick role MM walaupun udah liat kalo MM udah ada. Dan akhir nya gak ada yang mau ngalah, jadi tetep sama-sama pake role MM. Kalo udah kayak gitu yaa berusaha aja maen yang bener biar gak kalah kalo ada double MM wkwk Karena pasti agak sulit kalo maen dengan 2 player role MM kalo bukan mabar (maen bareng) dengan temen-temen yang udah serasi atau emang sama-sama jago 2 MM itu wkwk

Jadi kurang-kurang in lah egois nya kalo maen game apalagi yang sistem grup kayak 'Mobile Legend' maupun genre MOBA laennya. Kan kasian kalo karena keegoisan kalian satu tim jadi kalah semua.

5. Feeder

Sebenernya untuk tipe yang ini gak bisa disalahin sepenuhnya ke mereka juga si menurut gua, atau apa emang sepenuh nya disalahin ke mereka ? Kenapa ? Karena yaa mau diapain lagi kalo mereka nya udah jadi feeder. Palingan jadi tempat pelampiasan bacotan player-player satu tim nya yang laen yang gak bisa nahan emosi, ato kurang dewasa nanggepin kekalahan. Tapi mau gimana pun itu, tipe ini tetep salah satu yang ngeselin. 

sumber: google.com

Jadi arti dari Feeder ini maksud nya adalah orang atau anggota tim yang paling sering mati atau yang paling ngebebanin tim. Bisa dibilang juga mereka ini adalah yang menyebabkan 60-70% kekalahan tim. Keseringan dikarenakan terlalu sering mati sehingga membuat tim lawan jadi lebih subur atau lebih cepat berkembang nya. Dan kalo udah gini, seluruh anggota tim pasti kena dampaknya walaupau secara gak langsung juga.

Feeders ini bisa terjadi karena beberapa tipe yang gua tulis di atas tadi. Karena AFK, Bocah yang maen, tukang bacot, Player Egois, sampai koneksi internet yang jalan nya itu kayak kura-kura yang jalan nya pake kaki 2. Dan gua, gak jarang jadi feeder hahahahaha. Tapi dulu. Sekarang ? ya masih kadangan wkwkwk

Akan mulai muncul aura-aura negatif. Mulai dari temen satu tim yang ngebacot, salah-salahan, maupun AFK ... pokoknya biasanya kondisi nya bisa jadi gak kondusif. Dan hal ini cuman bisa diatasin dengan ... berusaha, sikap dewasa, saling komunikasi, dan tekad pantang menyerah. Kalo itu berhasil, keadaan tim yang kacau tadi bisa jadi berbalik unggul dan, Epic Comeback.

.

Memang kalo maen game dan player nya udah banyak itu pasti bakal munculin berbagai jenis dan tipe player nya. Mulai dari yang jago, noob, ngeselin, sampe yang cuman bisa ngomentarin hahahaha
Tapi balik lagi ke kita nya masing-masing gimana sikap kita dalam bermain, dan coba untuk gak jadi kayak tipe-tipe yang gua tulis di atas yaa :D

Kayaknya segitu dulu yang bisa gua tulis, kalo kalian ada tambahan tipe player atau pengalaman lain dalam bermain 'moba kok analog' ... maksud nya Mobile Legend, bisa ditulis di comment box yaaa.

Jaa Nee ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak