Tulisan #38 Practice Makes Perfect

sumber pict: unsplash.com

Pernah gak si kalian melakukan kegiatan baru atau hobi baru yang emang bener-bener baru dan sebelum nya belum pernah dilakuin. Dan belom jugak seminggu nyoba tapi kalian udah mikir kalo kegiatan atau hobi itu gak cocok sama kalian atau merasa gak memiliki bakat di bidang itu ? Kalo pernah berarti kita beda. Yaudah kalo beda berarti kita gak sama. Yaudah. Selesai tulisan nya.

.

Nggak ding becanda wkwk. Kalo kalian pernah merasa kayak gitu tentu gua juga pernah dong merasa kayak gitu. Tapi semua berubah setelah saya ke klinik t*ng fang, saya jadi seperti merasa bisa melakukan apapun setelah dari klinik t*mg fang, terimakasih klinik t*ng fang ... errr kenapa gua malah jadik kayak iklan-iklan di tipik .___.

Tentu gua juga pernah ngerasa kayak gitu dulu, cuman gua sadar kalo itu tuh cmn bagian dari mental block kita doang.

Buat yang mau bacak tentang mental blockMelawan Mental Block Yuk ! tulisan bang Alitt Susanto di blog nya. Gua menjadi termotivasi, terinspirasi, dan tercerahkan hahahaha


Itu tuh cmn pemikiran dari otak kiri kita doang yg berfikir secara logis, yang mana bertentangan dgn pemikiran otak kanan kita yg berfikir secara imajinatif. Gak salah kok pemikiran logis otak kiri itu, karena ya emang pemikiran logis otak kiri yg berpikir kalo kalian gak bisa atau gak cocok dgn hobi itu didukung dgn fakta atau realita kegagalan yg pernah kalian alami, jadi ya otak kalian yg ada di kepala itu secara otomatis berpikir kalo kalian itu gak bisa atau gak cocok karena kalian gagal muluk. Dan di sini lah peran otak kanan kalian yg bisa berpikir secara imajinatif itu untuk melawan nya, dgn cara berpikir optimis kalo kalian kelak nanti nya pasti akan berhasil kalo kalian trs berusaha dan cmn butuh waktu untuk cocok dgn hobi tersebut. Ditambah lagi dengan berlatih dan belajar untuk keberhasilan kalian dalam mencoba hal baru atau kegiatan baru atau pun hobi baru yang mauk kalian mulai.

.

Melakukan suatu hal yang baru atau kegiatan yang belom pernah dilakukan sebelumnya memang sering mengakibatkan kegagalan, yaa walaupun ada juga mereka yang melakukan untuk pertama kali nya dan langsung berhasil. Tapi percaya deh keberhasilan yang terjadi ketika pertama kali mencoba itu bisa disebabkan karena faktor keberuntungan. Dengan kata lain yang membuat kalian berhasil itu bukan lah karena kemampuan kalian, tapi keberuntungan lah faktor terbesar yang menyebabkan keberhasilan terjadi ketika percobaan pertama.

sumber pict: pexels.com

Apa kalian mau ? Berhasil cuman karena beruntung ? Bukan karena kemampuan kalian sendirik ?

Dan kegagalan yang terjadi ketika pertama kali mencoba suatu hal yang baru tersebut juga gak jarang membuat kita jadi patah semangat atau bahkan kapok dalam mencoba. Padahal gagal dalam mencoba itu adalah suatu hal yang wajar, apalagi baru pertama kali mencoba nya. Itu amat sangat lah wajar. Jadi jangan terlalu dipikirkan kalo kalian gagal dalam percobaan pertama atau gagal dalam memulai kegiatan baru.

Yang harus dan wajib kalian pikirkan dalam mulai mencoba atau mulai menekuni suatu kegiatan baru itu adalah, terus mencoba dan jgn takut gagal lagi. Karena kalo kalian takut gagal apalagi kalian takut dalam mencoba, kalian gak akan mulai-mulai dan ending nya kalian gak akan bisa nanti nya. Dan itu adalah salah satu penyebab kalian terus-terus gagal.

.

Jadi apa yang harus kita lakukan agar bisa atau mahir dalam hal baru atau kegiatan baru yang mulai kalian gemari ? Jawaban nya cuman dua, yaitu belajar dan bertlatih. Iyaa, latihan itu adalah satu-satu nya solusi untuk kita dalam mengatasi kegagalan. Cuman dengan berlatih kita jadi terbiasa dgn kegagalan. Cuman dengan latihan kita bisa jadi jago. Hah ayam jagooo ? *langsung terdengar soundtrack dari Film Petualangan Sherina* wkwk

Begitu juga dengan belajar. Dalam melakukan atau memulai hal yang baru, kita harus mempelajari bidang tersebut. Hal-hal apa yang perlu dilatih, hal-hal apa yang perlu dihindari, hal-hal apa yang harus diketahui. Semua itu bisa didapatkan dari belajar. Jangan malu untuk belajar, belajar gak melulu soal imej kutu buku dan soal pelajaran sekolah.

Baca juga: Malu Karena Belajar

Dan berikut beberapa tips yang selalu gua pake ketika latihan dan belajar dalam hal-hal baru yang mulai gua gemari atau mau mulai ditekuni, cekibrot:

1. Minat

Kenapa yang pertama minat ? Udah jelas dong. Untuk memulai suatu hal yang baru apalagi menekuni nya, kita harus menumbuhkan minat terhadap hal baru atau kegiatan baru tersebut. Karena kalo kalian aja gak minat dalam bidang atau hal tersebut, gimana kalian mau tekun dalam mencoba nya ? Dan ujung nya kalian gak akan pernah berlatih dgn serius kalo gak minat.

sumber pict: www.maxmanroe.com

Kalo kata orang untuk mahir atau jago dalam suatu bidang atau suatu hal, apalagi hal atau kegiatan tersebut baru untuk kita,  harus punya minat dan bakat. Tapi menurut gua, punya minat aja udah cukup. Atau lebih tepat mya memiliki minat lebih penting daripada bakat. Karena kalo minat kalian besar dengan hal tersebut, kalian pasti akam berjuang, berlatih, serta belajar dengan keras sampai kalian mahir atau jago, atau se nggak nya sampai kalian bisa. Dan kemungkinan nanti nya itu jadi bakat kalian, atau istilahnya kalian membentuk/menumbuhkan sendiri bakat kalian.

Bisa dan jago itu dua hal yang berbeda ya. Kalo sekedar bisa, kalian belum tentu jago atau mahir. Tapi kalo sudah mahir atau jago, kalian pasti bisa. Saran gua untuk kalian yang memulai dari awal dalam suatu hal atau kegiatan atau bidang apapun, coba lah untuk menumbuhkan minat dan terus mencoba sampai bisa. Kalo udah bisa, kalian hanya perlu trs mengembangkan nya dan trs latihan untuk jadi jago atau mahir.

2. Tekad Pantang Menyerah

Tekad itu penting, gak kalah penting dengan Minat. Apalagi tekad pantang menyerah, kayak nya ini juga hal wajib yang harus dimiliki seseorang untuk memulai suatu hal baru atau kegiatan baru kalo mau jadi seseorang yang jago atau Pro di bidang tersebut.

sumber pict: pexels.com

Karena yang namanya mencoba hal baru apalagi yang blm pernah kalian lakukan sebelumnya, kegagalan pasti lah akan menjadi hal yang biasa, seperti kata gua di atas tadi. Nahh di sini lah peran dari tekad pantang menyerah itu akan bekerja. Kalo kalian gagal lagi, gagal lagi, dan belum berhasil-berhasil harus selalu inget untuk pantang menyerah. Jangan mau menyerah, coba lagi dan lagi sampai berhasil. Terus lakuin latihan nya, kalo gagal ya latian lagi, kalo msh gagal ya coba lagi. Pokok nya jangan menyerah. Selama kalian gagal tapi tetap dan terus mencoba, maka kalian belum gagal.

You only fail when you stop trying. - Unknown

3. Konsisten

Untuk menjadi bisa apalagi mahir/pandai di bidang yang kalian gemari atau tekuni, konsistensi itu salah satu kunci faktor keberhasilan. Seperti kata pepatah, ala bisa karena biasa. Walaupun terdengar klasik, tapi pepatah itu memang benar. Dan konsisten itu sama hal nya dengan kata 'biasa' pada kata-kata pepatah tadik. Orang yang sudah bisa atau mahir dalam melakukan passion nya, atau kegiatan kegemaran nya, atau hobi nya, atau hal yang ditekuni nya pasti lah karena orang itu selalu konsisten dalam melakukan nya.

Jadi coba untuk konsisten dalam berlatih atau mencoba hal baru atau kegiatan baru yang kalian gemari tersebut. Nantik nya juga kalian akan terbiasa dengan hal tersebut atau kegiatan tersebut jika dilakukan dgn konsisten. Dan kalau sudah terbiasa maka kalian akan bisa, bahkan mahir atau pandai. Iyaa, kung fu pandai ...

sumber pict: google.com

Apa gua pernah seperti itu ? Hah, jangan remehkan saya anak muda. Tentu gua pernah membuktikan nya sendiri, makanya gua berani nulis kayak gitu hahaha

Duluk ketika gua memulai hal baru yg buat gua tertarik, yaitu freestyle football. Gua menerapkan kekonsisten an ini pada pola latihan gua. FYI dalam freestyle football, teknik dasar nya itu Jugling namanya. Nah gua gak bisa sama sekali dengan yg namanya jugling itu, bener-bener mulai dari 0 untuk jadi bisa. Setiap sore gua selalu konsisten latian supaya bisa jugling. Walopun awal-awal bola nya msh jatoh-jatoh, tapi makin lama makin seimbang dan gua jadi ngerti dengan sendiri nya gimana ngelakuin jugling. Karena kekonsistenan gua latian jugling yg setiap hari itu, gua juga tau perkembangan di setiap hari nya gimana. Sampe bisa jugling. Itu semua karena latian yang konsisten. 

Don’t practice until you get it right. Practice until you can’t get it wrong. – Unknown

4. Optimis dan Percaya Diri

Selaen yang udah gua tulis di atas tadi, Rasa Optimis atau Percaya diri juga sangat diperlukan dalam hal latihan dan belajar untuk mencapai kesuksesan. Bentar2, kenapa gaya bahasa gua udah kayak orang2 yg nawarin MLM ...

sumber: pixabay.com

Yah pokok nya untuk berhasil dalam menguasai bidang atau kegiatan atau hal baru yang kalian minati itu diperlukan rasa percaya diri atau optimisme. Karena kalo kalian gak optimis akan berhasil ketika proses latihan, kalian bisa down ketika kalian gagal atau stuck dalam proses latihan juga. Dan itu bisa menghambat proses perkembangan kalian menuju 'bisa' atau menguasai nya. Begitu juga dengan rasa percaya diri. Kalo kalian gak percaya diri, itu bisa jadi boomerang untuk kalian sendiri nantinya. Karena kalo minder, kalian bakal menghambat diri sendiri juga.

Usaha in dalam proses berlatih dan belajar untuk hal baru atau kegiatan baru tersebut, tumbuhin rasa optimis dan percaya diri kalo kalian itu bakal berhasil nanti nya jika terus berusaha dan kerja keras. Tapi jgn terlalu berlebihan juga percaya dirik dan rasa optimis nya wkwk secukup nya aja. Dan jangan diumbar, cukup diri kalian sendiri aja yg tau. Biar gak jadik sombong atau narsis wkwkwk

5. Terus Belajar / Jangan Bosen Belajar

Terakhir ini adalah hal yang harus, wajib, fardu untuk diilakuin kalo kalian emang serius mau berhasil memguasai kegiatan atau bidang tersebut. Usir jauh jauh rasa malas untuk belajar dari diri kalian. Karena dengan mempelajari sesuatu yang kalian minati itu, akan membantu kalian menguasai nya dengan lebih cepat. Dan sebalik nya kalo kalian malas atau bakan bosen belajar, kalian sama aja menghambat proses keberhasilan untul menguasai atau menjadi mahir pada bidang tsb.


sumber pict: pexels.com

Dan kalo pun bosen, okre lah kalian bisa berenti duluk untuk benafas ... atau coba mempraktek kan apa yang sudah kalian pelajari itu. Karena belajar dengan cara mempratekkan nya secara langsung itu juga salah satu cara yg efektif. Kalo kata orang-orang si istilah nya, Learning by Doing. Jadi belajar nya dengan cara sambil melaukan apa yg dipelajari. Dengan begitu kalian akan tau secara langsung bagaimana rasa nya melakukan apa yang kalian pelajari, susah kah, mudah kah, atau cocok kah.

.

Jadi muncul kan lah minat kalian terhadap sesuatu tersebut, bentuk tekad pantang menyerah dalam mencoba nya, terus lah latihan dan lakukan secara konsisten, dibekali dengan pikiran positif serta rasa optimis dan percaya diri, dan teruslah belajar serta jangan pernah bosan.


sumber pict: google.com

Kayaknya segitu dulu yang bisa gua share di postingan kalik ini, and btw sekali lagi gua bilang hal-hal di atas itu apa yang pernah gua lakuin dan selalu gua pake :D

Kalo kalian punya tips tambahan atau pendapat lain, bisa disampein ke dalam comment box yaa :D
Semoga tulisan gua bermanfaat ... dan kalo bermanfaat jangan lupa dishare ~

Jaa Nee~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak