Tulisan #28 Yang bakal dirasain ketika Ngekost

14:00. Selasa, 5 September 2017

Hallo, gua balik lagik yang artinya gua nulis sesuatu lagik di postingan kali ini.
Oiyaa tulisan ini adalah latepost, soal nya gua lagi-lagi nulis ini secara offline hahaha dan gua posting kalo gua udah selesai ngekost siapa tau bakal ada tambahan nantik nya ahaha

Masih dalam suasana minggu-minggu tenang gua menuju wisuda. Tapi minggu-minggu tenang tersebut gua isi dengan kegiatan 'bekerja'. Iyaa kerjaan dari dosen gua, kayak yg gua ksh tauk di postingan sebelum nya.

Dari sekitar 2 minggu lalu gua mulai ngekost, di daerah yaah yg agak jauh dari rumah gua. Gua ngekost di kota/ kabupaten yang jarak nya sekitar 1 jam sampai 1 jam setengah dari rumah gua. Kalo ditanya kenapa gak PP (Pulang-Pergi) aja dari rumah ke tempat kerja gua, jawab nya gua adalah ... gak tauk. Haha kagak ding, gua becanda.

Jawaban nya adalah karena biar gak capek, kalo gua PP dari rumah ke tempat kerja itu sama aja gua 2 sampe 3 jam di jalan setiap hari nya. Dan itu menurut gua gak efektif dan efisien, selain bikin capek badan gua kegiatan PP juga ngabisin bensin motor gua hahahaha

Selain itu alesan kenapa gua ngekost jugak karena emang dikasih tunjangan atau biaya untuk tempat tinggal. Dan dgn ngekost  gua juga bisa nambah pengalaman gua, yaitu pengalaman menjadi 'Anak Kost' wkwkwk.

Dan bener aja, gua dpt banyak pengalaman dengan ngekost. Nahh kali ini emang gua mau nulis tentang "Apa aja yang bakal kalian rasain atau dapatkan dari ngekost" menurut yg udah gua rasakan ya tentu nya hahaha

Dan apa aja kah itu, cekidot:

Pertama, Beradaptasi.

Sumber: Google

Hal pertama yang gua rasakan dan yang gua lakukan adalah beradaptasi. Iyaa gua beradaptasi dengan lingkungan tempat gua ngekost ini, beradaptasi dengan keadaan dan kebiasaan baru gua ini, dan beradaptasi dengan hal lain yang baru gua rasain ketika ngekost.

Karena kita tinggal di lingkungan yang baru, maka kita harus menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut. Mulai dari bersosial dgn lingkungan sekitar, ngapalin jalan sekitar, dan menyesuaikan diri dengan kamar kost an tempat kalian tidur tentu nya hahaha

Memang gak mudah menghadapi hal yang baru, tapi juga gak sulit untuk melewati nya. Yang perlu kalian tekankan menurut gua adalah .. Kesabaran. Karena dengan menghadapi lingkungan yang baru tersebut dengan terus menerus secara sabar, pasti kita akan terbiasa dengan sendirinya. Dan jangan lupa untuk mempelajari kondisi sekitar, agar kalian lebih mudah untuk beradaptasi.

Kedua, Berhemat.

sumber: pexels.com


Hemat pangkal kaya. Seperti kata pepatah, nasehat itu emang bener kalo lo lagi ngekost hahaha
Iyaaaa beneran. Ketika gua menjalani ngekost ini hal yg gua rasakan adalah berhemat. Berhemat adalah dalah satu kewajiban yang harus lo lakuin kalo tinggal ngekost sendirian kayak gua. Selama gua ngekost gua selalu memperhitungkan pengeluaran gua agar hemat. Karena kalo lo tinggal sendirian apapun pengeluaran yang akan lo lakukan itu pasti lo tentukan dgn keputusan lo seorang diri. Kalo lo gak pinter-pinter berhemat, lo bakal cepet kehabisan uang.

Memang gua ada duit dari uang muka ketika pelatihan dulu. Cuman gua gak bisa seenak nya memakai duit itu tanpa pikir panjang. Gua gak bisa dan gak pengen berpoya-poya memakai itu, dan emang dasar nya gua bkn tipe orang yg suka menggunakan uang untuk hal seperti berpoya-poya gitu.

Lebih baik uang nya lo simpen dan lo gunakan ketika lo butuhkan. Yaa tapi bukan berarti lo gak boleh ato gak bisa make uang tersebut, cuman gunakan uang kalian itu sebijak mungkin dan sebaik mungkin. Penuhin duluk kebutuhan kalian, kalo ada sisa ato ada kelebihan baru gunakan untuk keinginan kalian secara tidak berlebihan. Jadi saran gua, Berhematlah. Menggunakan uang untuk keinginan di atas kebutuhan bukan lah hal yang baik.

Dan gua mendapatkan pelajaran untuk berhemat, yaa walaupun sebelumnya gua alhamdulillah emang udah menekankan berhemat si di kehidupan sehari-hari 😅😅 😂

Ketiga, Berpikir kritis.

Sumber: Google

Iyaa berpikir kritis adalah salah satu hal yang gua rasakan ketika gua ngekost. Dalam menentukan suatu pilihan gua selalu berpikir dengan mendalam, menentukan jangka panjang dan sebab-akibat yang akan terjadi kalo gua mengambil keputusan tersebut (lebay gak si gua wkwk).

Contoh nya kayak pas gua mau makan mie instan, gua berpikir secara keras untuk menentukan jadwal kapan-kapan aja gua bakal makan mie dalam seminggu hahahaha Karena seperti yang kalian tau, makan mie instan terlalu sering juga kurang bagus untuk perut kalian. Jadi yaa gua berpikir kapan-kapan aja gunakan makanan spesial ini. Kenapa spesial ? Karena murah dan lumayan nikmat. Kalo kata anak kost an sih "Noodle is love, Noodle is life" hahaha

Yaa bkn cuman perkara mie instan aja si. Berpikir kritis juga bagian dari cara manusia untuk menentukan pilihan-pilihan sulit, berhemat juga merupakan campur tangan dari berpikir kritis hahahah

Kalian harus menentukan suatu keputusan dengan sebaik dan sebijak mungkin. Karena kalo gak mikir panjang dalam menentukan suatu keputusan biasanya akan mengakibtkan kerugian 😔

Keempat, "Mau ngapain ya ?"

sumber: pexels.com


Agak bingung dan mulai berpikir atau mengatakan "Mau ngapain ya ?" Adalah salah satu hal yang gua rasakan. Iyaa gua kalo selesai kerja dan lagik senggang kadang bingung mau ngapain hahaha Di kost an gua gak ada tipi, yang mana tipi adalah salah satu hiburan yang sering jadi pelampiasan anak kost kalo lagi bingung mau ngapain. Iyaa tipi adalah penyelamat kebosanan anak kost, tapi di kost an gua gak ada tipi maka nya kadang gua melampias kan nya ke salah satu hobi gua, yaitu Tidur wkwkwk

Tapi kalian bisa menghilangkan kebosanan atau kebingunan "Mau ngapain ya ?" kalian itu dengan cara lain. Di zaman modern seperti sekarang ini banyak cara menghibur diri kok. Salah satu nya menggunakan Smartphone atau HP kalian itu. Di HP kalian itu kalian bisa melakukan banyak hal untuk menghilangkan rasa bingunan itu. Kalian bisa maen Game, SocMed, denger Music,  Baca-baca, atau nulis di blog kayak gua sekarang ini wkwk

Tapi ya hati-hati aja kuota kalian bakal abis. Iyaa serius, penggunaan kuota bakal menjadi sangat intense ketika kalian menggunakan internet di HP untuk mengusir rasa bosan, soal nya gua rasain sendiri haha

Atau hal lain yang gua lakuin adalah membaca novel, baik dalam bentuk buku atau di ineternet. Gua memang udah mempersiapkan dengan membawa Novel untuk nemenin gua di kost an, yaa walaupun ini novel minjem si wkwk Atau kalo kalian seneng gambar, kalian bisa gambar juga kok. Kalo mau dan seneng ya kalo gak mau dan gak seneng apalagik gak bisa yaudah Tidur aja hahaha cmn saran 😂

Kelima, "Mau makan apa ya ?"

Sumber: Google

Kalo tadi gua bingung "mau ngapain", sekarang gua mau bahas tentang kebingungan "mau makan apa".

Selama gua ngekost gua kadang bingung mau makan apa. Dan makan gua ini kebagi 3 waktu, makan pagi/sarapan, makan siang, dan makan malam. Iyaa gua pas awal-awal negkost agak bingung di 3 waktu itu mau makan apaan hahaha Tapi untuk sekarang-sekarang gua udah gak terlalu bingung. Karena kalo pagik pasti gua makan uduk, nah yg kadang msh bingung ini gua makan Siang dan makan Malem wkwk 😅

Kalian mungkin akan merasakan nya juga kalo ngekost, kebingungan mau makan apa hahaha Sebenernya kalian bebas mau makan apa aja. Tapi ada yang harus kalian perhitungkan dan pikirkan di sini, yaitu Biaya dan Gizi. Jangan sementang kalian anak kost terus kalian bisa makan semaunya aja selama ada duit atau seadanya aja karena gak ada duit.

Seperti yang gua bilang tadi, kalian harus berpikir sebelum bertindak. Termasuk dalam hal makanan. Kalian harus pinter-pinter dalam memilih atau menentukan makanan. Kalo mau makan enak yang biaya nya besar boleh lah kalo bisa diimbangin dengan gizi nya. Kalo gak bisa dapetin makanan gizi yg sempurna, se nggak nya makan yang nambah tenaga/energi la.

Keenam, Mandiri.

Sumber: Google

Hal yang pasti lo rasain kali ngekost sendirian kayak gua, lo pasti jadi Mandiri. Iya lo bakal ngerasain jadi Bank Mandiri ... bukan ding hahaha

Karena kita tinggal sendiri, udah pasti kita melakukan banyak hal dan kegiatan sendirian. Tapi maksud gua bkn sendirian secara harfiah, tapi kita melakuakan suatu kegiatan dengan kuatan kita sendiri atau tanpa bergantung pada orang lain. Ya kali mau makan atau mandi moso gantungan ke orang, keberatan pasti orang itu wkwkwk

Kalimat yg terakhir becanda yaa hahaha

Kalo kita lagi tinggal di rumah, kita bisa minta bantuan keluarga kita. Kayak kalo mau makan pasti makanan udah disedian sama ibu, kalo bangun tidur pagi terlambat pasti dibangunin, ato kalo  abis eek pasti minta bisa minta cebokin ... oke next.

Beda dengan kalo kita lagi tinggal ngekost sendiri. Mau makan kita musti buat ato beli duluk keluar sendiri, mau tidur musti kita cek-cek in duluk pintu dan lain-lain sebelum tidur, kalo mau bangun pagi harus set alarn dengan bener dan harus langsung bangun kalo udah agak bangun gak bisa "bentar 5 menit lagi", dan kalo eek kita cuman bisa cebok sendiri ....

Ketujuh, Kangen/Rindu.

Sumber: Google

Okee hal lain yang pasti lo rasain dan gak bisa gak lo rasain adalah Kangen Rumah dan dia ... oke yang terakhir gak sengaja ketulis kok. Wkwkwk becanda gua. Kalo lo ngekost dan lo jauh dari rumah, pasti lo bakal kangen rumah. Lo bakal kangen suasana rumah, kamar lo, kegiatan lo di rumah, dan yang paling penting lo bakal kangen keluarga terutama orang tua lo 😂

FYI, gua tipe orang yang kurang ngerti dengan rasa 'Kangen'. Gua kurang tau gimana rasa nya kangen. Tapi ketika gua ngekost, gua kadang mulai mikirin keadaan rumah, suasanan rumah dan isi nya, dan mulai kebayang kenangan dengan keluarga dan orang tua gua. Iyaa gua kadang keinget Mamah gua hahaha. Dan gua mulai berpikir, apa ini yang dinamain dengan Kangen atau Rindu. Kalo emang ini yang dinamakan Kangen atau Rindu, ternyata gua pernah merindukan dia wkwkwkwk 😳😳😳

Kangen atau Rindu juga bkn cmn sama keluarga aja ya, sama temen-temen juga pasti.

Tapi gua gak selalu merasakan itu dan bisa dibilang jarang banget gua merasakan itu. Jadi yaa gua merasa biasa aja, apa karena gua laki-laki ya jadi gak sesensitif perempuan. Ato karena gua gak punya hatik lagik ? Hahaha

Yang PASTI kalian akan merasakan kangen kalo kalian ngekost atau tinggal jauh dari rumah.

Dan untuk mengobati rasa kangen itu gak sulit kok. Seperti kata gua di  atas, zaman modern seperti sekarang ini kalian pasti megang HP semua kan. Kalian bisa dengan mudah mengobati kangen kalian itu dengan melakukan kontak atau berkomunikasi dengan mereka. Mau iseng tau kabar, ya SMS atau Chat. Mau ngorbol ya Telpon atau Vidcall langsung.


Kayak nya itu dulu ya bisa gua tulisan di postingan kali ini.
Kalo dirasa bermanfaat jangan lupa like, comment, and subscribe ... errr salah kirain YouTube. Maksud nya cukup share aja hahaha
Dan kalo kalian punya prngalaman lain ato pendapat sendiri jangan lupa tulis di comment yaak 

Jaa Nee ~


Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak