Tulisan #25 Bersyukur


Sering kali kita mendapatkan keinginan atau kemauan kita tanpa harus banyak berusaha, dan sering kali pula kita tidak mendapatkan keinginan atau kemauan tersebut meskipun telah banyak berusaha.
Untuk mereka yang berhasil mendapatkan keinginan nya tentu mereka akan merasa sanagat senang, dan untuk mereka yang belum berhasil mendapatkan keinginan nya tersebut pasti mereka akan merasa kesal, marah, bahkan mungkin frustasi.

FYI:
FYI, alasan kenapa gua lebih memilih untuk nulis kata "belum berhasil" daripada memilih kata "tidak berhasil" untuk apa yang belum mereka dapatkan tersebut karena kata "belum barhasil" dan "tidak berhasil" bagi gua itu memiliki makna yang berbeda. What's make it different ?
Kata "belum berhasil" bagi gua lebih bermakna positif dan lebih memotivasi. Why ? Karena mereka hanya belum mendapatkan keinginan mereka tersebut atau bisa diartikan belum waktunya mereka mendapatkan keinginan tersebut, bukan nya tidak akan mendapatkan keinginan tersebut.
Makanya gua selalu menjawab "belum berhasil" kalo gua gagal pada sesuatu yang sangat gua inginkan.
Yahh tapi semua hasil yang kita dapetin dari usaha yang udah kita lakuin tetap harus kita syukurin, apakah itu berhasil ataupun belum berhasil.

Nahh kali ini gua memang mau nulis tentang Beryukur. Sama kayak judul postingan ini wkwk

Pertama kalian harus tau dulu apa arti bersyukur. Bersyukur adalah rasa terima kasih atau sikap positif menghargai faedah atau nikmat yang telah atau akan diterima.
Pengertian ini gua ambil langsung dari wikipedia :D

Jadi kesimpulan dari bersyukur kurang lebih adalah berterimakasih untuk menghargai nikmat yang diterima. Tidak peduli nikmat yang diterima tersebut adalah keberhasilan ataupun kegagalan kita patut dan harus tetap bersyukur.

Beryukur itu juga memiliki arti merasa cukup. Bukan berarti kita cepat puas atas hal-hal yang telah kita miliki, cuman dengan bersyukur kalian bakal selalu merasa berkecukupan. Setelah kalian bersyukur atas hal-hal yang telah kalian miliki barulah kalian dapat mengejar target yang selanjutnya dengan perlahan.

Udah.. gua bersyukur karena tulisan gua kali ini udah selesai . . . . Kagak ding, becanda gua wkwk

Tapi gak semua orang memiliki rasa syukur yang besar ataupun dapat beryukur atas apa yang telah didapat. Karena setiap orang memiliki pola pikir yang beda-beda atau mungkin mereka belum tau caranya bersyukur.
Oke, gua bakal kasih tau gimana cara bersyukur menurut gua. cekidot !

Pertama, Berpikir Positif

Karena dengan berpikir positif kalian akan mengerti bahwa hasil atau apapun yang telah kalian dapatkan tersebut adalah yang terbaik untuk kalian dari Tuhan. Jika kalian berpikir positif kalian akan selalu merasa baik dan bersyukur atas apapun yang kalian dapatkan. Dan sebalik nya jika kalian selalu berpikir negatif, kalian akan selalu merasa kekurangan dan merasa buruk. 
Seperti Quotes ini: 
"Negative mind will never give you Positive life"
Oleh sebab itu, dengan berpikir positif kalian akan lebih mudah pula untuk bisa beryukur. Dan mensyukuri apa yang telah kalian dapatkan.

Kedua, Peka terhadap apa yang kalian miliki
Terkadang seringkali kita selalu mengejar target dan keinginan yang belum kita miliki tanpa memikirkan apa yang sudah kita miliki. Sehingga seringkali pula membuat kita lupa terhadap apa yang telah kita miliki, dan berujung lupa untuk mensyukuri apa yang telah kita miliki tersebut.


Kita harus peka terhadap apa yang sudah kita miliki. Dan kita harus lebih sering beryukur terhadap apa yang telah kita miliki terlebih dahulu sebelum mengejar target atau keinginnan berikutnya yang belum pasti kita dapatkan.

Ketiga, Kurangi mengeluh dan ganti dengan bersyukur
Jika tidak mendapatkan sesuai dengan keinginan, kita pasti akan mengeluh. Dan yang dikeluhkan itu pasti banyak hal, mulai dari hasil, proses, diri sendiri, bahkan mengeluhkan orang lain. Daripada mengeluh lebih baik dipakai untuk intropeksi diri sendiri kenapa kalian bisa mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan kalian tersebut. Atau kalian bisa mengganti keluhan kalian itu menjadi rasa syukur. Atau kalian bisa bersyukur setelah mengintropeksi diri kalian mungkin...


FYI, percaya atau tidak, mengeluh itu mengeluarkan energi negatif yang mampu menularkan ke orang lain yang ada di dekat kalian. Jadi kalo kalian ingin mengeluh lebih baik jauh-jauh dari orang lain, dan juga sebaliknya, jika ada orang yang sedang mengeluh kalian bisa menjauh atau memberikan jarak agar kalian tidak mendapatkan efek energi negatif dari mereka.

Keempat, Beribadah
Setelah mendapatkan apa yang kalian ingin kan, kalian harus tau bagaimana caranya berterimakasih. Beribadah adalah salah satu cara untuk berterimakasih kepada tuhan untuk apa yang udah kalian dapatkan. Beribadah juga adalah salah satu pembuktian kepada tuhan kalo kalian itu bersyukur. 


Dan dengan beribadah kepada tuhan kita masing-masing membuktikan kalo kita itu gak lupa terhadapa Dia. Ucapkan terimakasih yang banyak kepada tuhan kita masing-masing setiap selesai beribadah. Karena dengan begitu kita tidak terlihat sombong di mata Tuhan kita. Diberikan nikmat, rezeki, dan kesehatan tapi tidak membuktikan rasa syukur, siap-siap aja untuk diambil kembali semuanya.


Yahh kayaknya segitu dulu yang bisa gua tulis, semoga bermanfaat dan maaf jika kurang bermanfaat :D
Jangan lupa untuk bersyukur yaa :D
Jaa nee~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak