Tulisan #19 Kegiatan Bulan Puasa/Ramadhan


Dengan panas nya hari ini gua pun menyeruput teh dingin yang terasa sangat nikmat.... nggak ding bohong haha, gua puasa hari ini atau lebih tepat nya seluruh umat islam sedang berpuasa hari ini sampai 27 hari ke depan. Iya, karena sekarang sedang bulan ramadhan, horeee \:v/
Karena sedang bulan puasa begini, gua mau nulis tentang "Kegiatan yang biasa dilakukan di Bulan Puasa"

Bulan puasa atau bulan Ramadhan gak selalu terjadi di setiap bulan atau sepanjang tahun, gua yakin kalian pasti udah tau tentang ini. Iya, gua sengaja nulis atau ngasih tau lagi untuk buang-buang tenaga dan biar tulisan gua terlihat lebih panjang...

Bulan ramadhan cuman terjadi sekali dalam setahun, dan biasa nya kapan bulan ramadhan terlaksana itu gak pernah sama dengan tahun-tahun sebelum nya, kalo gak salah baca biasa nya bulan Ramadhan akan hadir 10 hari lebih cepat dari tahun sebelum nya, kalo salah maap 

karena bulan Ramadhan gak selalu terjadi di sepanjang tahun, pasti ada kegiatan-kegiatan yang hanya terjadi di bulan Ramadhan ini :D
Nahh ini dia kegiatan yang biasa dilakukan gua dulu orang-orang ketika bulan ramadhan :

1. Maraton Pagi (Subuh)

Maraton yang gua maksud ini gak seperti para atlet yang berjalan atau berlari pelan sejauh berkilo-kilometer untuk suatu perlombaan. Maraton yang gua maksud di sini adalah keluar pagi untuk jalan-jalan gak jelas, ngalor kidul ke mana-mana kaya zombie sambil bawa-bawa sarung untuk yang laki dan masih bawa mukena untuk yg perempuan. Jalan sampe kaki terasa capek sendiri dan akhir nya pun batal karena kehausan.

Kegiatan ini dilakukan ketika subuh atau lebih tepat nya ketika setelah solat subuh. Emang sih maraton kadang juga dilakukan ketika gak bulan puasa, tapi Maraton ini bakal terasa berbeda ketika bulan puasa. Iya, populasi orang yg maraton bakal meningkat drastis ketika bulan puasa. Manusia yang jarang maraton pun bakal muncul tiba-tiba karena diajak kawanan manusia lain nya... errr maksud gua diajak teman nya.
Benar-benar kegiatan yang gak jelas, gua juga heran kenapa gua duluk sering melakukan ini  tapi seru kok untuk buang-buang waktu dan tenaga hahaha

2. Perang Mercon (Main Mercon)

Pasti kalian tau dong apa itu mercon atau bahasa umum nya adalah petasan ? Iya, benda ini adalah peledak yang isi nya serbuk peledak yang dibungkus dengan beberapa lapis kertas, biasa nya ada sumbu nya, dan juga ledakan nya biasa nya kecil... kalo mercon nyaa kecil juga...



Nahh ini kegiatan yang biasa nya hanya dilakukan ketika bulan puasa. Biasa nya gua dan kawanan manusia gua ketika masih kecil dulu sering maen ini mercon ketika teraweh atau tarawih... iya ketika orang-orang sedang solat teraweh kami pun main mercon... bedebah sekali ternyata kami dulu 

Main mercon bukan cuman dilakukan ketika malam, biasa nya sering juga dilalukan ketika subuh. Iya tepat sekali, ketika maraton yg gua jelaskan tadi sedang berlangsung, nahh kalo main mercon pas maraton ini bakal jadi event lain yang lebih besar, bakal berubah nama jadi perang mercon... biasa nya para manusia-manusia kecil (dibaca : anak-anak/ bocah-bocah) ini akan melemparkan mercon-mercon yang mereka punya ke siapa pun yang ada di daerah tempat mereka maraton kecuali ke teman nya...
Lagi-lagi gua gagal paham kenapa gua menghabiskan uang jajan gua dulu untuk beli barang yang bisa membuat gua kaget sendiri... mungkin karena menyenangkan dan seru dapat menghabiskan waktu bersama teman :D

3. Lupa kalo lagi puasa

Setelah kegiatan pagi(subuh) kurang berguna yang dulu gua lakukan tersebut, gua dan kawanan manusia gua... maksud gua temen-temen gua pun pulang ke goa kami masing-masing. Dan yang gua lakukan adalah.... Minum. Iya, tanpa rasa bersalah dan wajah tanpa dosa yang gua miliki, gua langsung minum ketika pulang dengan pikiran gak sadar kalo sedang puasa wkwkwk

Sumber pict: freepik.com

Setelah rasa dahaga hilang, gua pun baru inget kalo gua lagi puasa  yahh kalo kata orang tua gua dulu, setelah gua laporan ke mereka kalo gua minum gak sengaja tadi, ibu gua bilang "udah gpp, nama nya juga lupa, berarti rezeki kamu itu". Dan esokan hari nya pun gua makan sampe kenyang dengan alasan lupa... wkwkwk nggak ding becanda gua :D
Kegiatan Lupa ini biasa nya terjadi ketika awal-awal puasa, atau ketika bulan puasa baru mulai, yahh puasa ke satu sampe puasa ke tiga lah kira-kira

4. Batal Puasa bersama Teman

Hayoo ngaku.. kalian pasti pernah melakukan kegiatan ini kan ? Yang gak pernah ya gpp, bagus malah haha

Kegiatan laknat ini biasa nya muncul atau dilakukan ketika kita sedang bersama teman yang otak nya cuman seperempat dari dengkul nya...
Gua juga duluk pernah melakukan kegiatan kampret ini wkwk, tapi itu dulu ketika gua masih kelas 3 atau 4 SD yaa.. setelah itu mahh... malah sering hahaha nggak ding becanda gua. Alhamdulillah gua gak pernah melakukan pembatalan bersama teman lagi setelah itu.

Sumber pict: pexels.com

Gua melakukan kegiatan laknat ini ketika setelah bermain bola di lapangan di siang bolong saat matahari membakar. Gua juga sekarang masih gak ngerti kenapa gua duluk mau maen bola ketika siang bolong saat puasa  Batal nya pun jeleek banget, cuman minum air putihh yang banyak... hina sekali pembatalan puasa gua wkwk. Dan ketika pulang ditanya sama orang rumah apakah masih puasa, gua jawab nya pun... masihlah.
Buat kalian kalo bisa jangan sampe melakukan ini ya, nanti bisa-bisa kebawa jadi kebiasaan sampe besar lho. Kasih tau adek kalian.. jika punya.

5. Ngabuburit

Errr.. sebenernya gua kurang suka sangat sama nama dari kegiatan ini. Dan gua gak tau asal muasal dari nama kegiatan ini, pokok nya kurang enak aja didenger. Selesai.
Belum kok belum haha
Ini kegiatan yang dilakukan ketika sore hari. Tujuan nya untuk membuang waktu... maksud nya menghabiskan waktu agar menunggu waktu berbuka puasa kagak kerasa. Yahh mirip-mirip lah dengan JJS ato Jalan Jalan Sore.

Sumber pict: pexels.com

Dari yang gua tau sih, manusia-manusia yang melakukan kegiatan ini, mereka biasa nya naik motor dan ntah pergi ke mana, tapi biasa nya mereka ke tempat-tempat ramai atau seperti pusat kota atau taman kota gitu, untuk.. untuk.. gua juga sebernya gak tau untuk apa mereka ke sana..
Karena gua juga gak pernah melakukan kegiatan ini, jadi Yaudah. Selesai.

6. Buka bersama

Buka bersama adalah kegiatan ketika buka puasa... bersama.
Haha gak sesimpel itu ding. Buka bersama itu ya kegiatan buka atau membatalkan puasa pada waktu nya yaitu, saat adzan magrib berkumandang yang dilakukan bareng-bareng dengan orang-orang yang kalian kenal karena suatu ikatan, seperti teman, sahabat, keluarga, gebetan, pacara, mantan gebetan...

Sumber pict: Hisbah.net

Kegiatan ini bukan cuman sekedar ajang siapa yang paling cepat ngabisin makanan ketika setelah adzan magrib berbunyi. Buka bersama ini juga jadi tempat bertemu nya teman lama, sahabat yang jarang ketemu, keluarga yang jarang kumpul, gebetan yang jarang bales chat... err yang terakhir sangat menyedihkan ya wkwk

Kegiatan ini juga menjadi tempat untuk mengembalikan dan mempertahankan silaturahmi..
Ini yang paling ditunggu ketika kalian udah jarang bertemu dengan teman-teman seperjuangan. Biasa nya yang bakal punya banyak acara buka bersama ini ketika kalian udah lulus dari jenjang pendidikan terakhir seperti SMA, mulai dari bukber teman SD, SMP, SMA, sampai teman Kuliah, malahan kalo yg udah kerja juga bakal ada bukber bareng rekan-rekan kerjanya.

Imbasnya biasa nya dompet kalian bakal kayak sungai-sungai di musim kemarau, keriiiing tanpa sisaa haha, tapi worth kok untuk dilakuin. Itung-itung untuk mempererat kembali ikatan yang udah terjalin dengan teman-teman kalian dan menguatkan tali silaturahmi, jadi sedihh gini gua nulis nya ... :'(

7. Tarawih / Teraweh






Kegiatan sunnah yang mulia ini memang hanya ada di bulan puasa ato ramadhan ya. Walaupun ini sunnah tapi kalo bisa lakukan terus yaa, setelah solat isya lanjut dengar ceramah abis itu barulah solat tarawih. Kegiatan ini juga biasa nya menjadi tempat bertemu nya kembali orang-orang yang jarang ketemu di komplek atau tempat mereka tinggal.
Dan sekaligus tempat berkumpul nya kembali teman-teman perempuan gua yang udah jarang terlihat apalagi ketemu di sekitar rumah gua. 

Gua dulu sering bolong solat tawarih nya... err maksud nya tarawih, sepertinya rasa lapar gua mulai memberontak dan menyebabkan ketikan gua mnejadi tyop.
Gua dulu gak solat tarawih cuman untuk perang sarung, iya gua dan teman-teman gua dulu sering saling sabet atau pecut pake sarung... gak berguna banget kan kegiatan kami wkwk
Dan kami selalu nunggu mamang arema yang lewat untuk distop dan kami jarah (dibaca : beli) dagangan nya, iya itu dilakukan ketika yang lain sedanh solat tarawih, kamii memang biadab dulu.. sekarang pun masih sama hahaha.. udah nggak kok sekarang 

8. Buku Romadhon

Hayooo mana suara yg masih melakukan kegiatan ini ? Kalo gua sih alhamdulillau udah nggak haha


Sumber pict: google.com

Ini kegiatan yang ngeselin menurut gua ...
Iya dulu waktu masih sekolah pasti kita disuruh untuk beli buku romadhon, yang fungsi untuk mencatat ceramah sebelum solat tarawih dan meminta tanda tangan si penceramah setelah solat tarawih berlangsung.
Gua dan kawan dulu jarang banget catet itu ceramah sebelum tarawih, jadi kami nulis asal isi ceramah nya dan tanda tangan nya kami nyontek ato niru punya yg udah ditandatanganin 

9. Takbiran

Setelah melakukan kegiatan-kegiatan bulan puasa di atas tersebut selama bulan ramadhan, malam hari sebelum lebaran pun ada kegiatan yang nama nya Takbiran. Iya ini merayakan pra-lebaran istilah nya. Biasa nya dilakukan ketika malam hari, setelah sidang isbat dilakukan. Iya, setelah dilakukan nya sidang penentuan apakah esok hari lebaran ato belum.
Biasa nya setumpukan orang akan terlihat di jalanan-jalanan kota sambil mengendarai kendaraan, roda 2 paling dominan dan roda 4 paling mobil pick up atau truck membawa bedug dan menyerukan takbir.


Kalo gua sih dulu kayak nya gak pernah deh melakukan ini, iya karena gua dan kawanan gua dulu punya acara sendiri, ntah itu kumpul-kumpul dan maen sumputan, atau bakar-bakar jagung, berasa ngerayain tahun baru jadi nya 

10. THR

Setelah berpuasa menahan makan dan nafsu tapi tidak untuk menahan minum... maksud nya setelah berpuasa menahan makan, minum dan nafsu selama sebulan penuh untuk yang gak pernah batal. Akhir nya hati yang ditunggu-tunggu pun datang... errr salah lagi gua. Maksud nya hari yang ditunggu-tunggu pun datang, iya hari itu adalah hari kemenangan yaitu hari lebaran. Dan yang paling ditunggu-tunggu waktu lebaran adalah... opor ayam dan rendang.. maksud gua THR, salah lagi.. maksud gua moment saling memaafkan antar keluarga dan sekitar rumah. Baru mikirin THR 

Sumber pict: pexels.com

Biasa nya gua duluk dan temen-teman abis solat ied dan sungkeman ato minta maaf sama orang tua baru deh keliling sekitaran rumah untuk minta THR... maksud nya minta Maaf dan silaturahmi. Dan THR paling besar itu biasa nya dari keluarga seperti dari Om, Tante, Kakek, Nenek, Abang sepupu. Dan Raja Firaun, kalo dia masih idup dan ngasih THR. Tapi THR yang kami dapat lumayan lho, biasa nya THR yg kami dpt, kami belikan tamiya atau tembak-tembakan wkwkwk
.
.
Yahh itulah kegiatan-kegiatan yang biasa nya gua orang-orang sering lakukan ketika bulan puasa. Ini pasti nya menurut gua ya, gak tau kalo menurut orang lain :D
Semoga tulisan tidak berguna ini bermanfaat untuk kalian yaa !! 
Dan selamat menunaikan ibadah di bulan ramadhan, puasa nya jangan bolong-bolong ya :D
Jaa nee

sumber pict : Google
--------------------
Gua udah lama ya kagak nulis, lama.. lamaa banget, sekitar 2 bulan 
Sebenarnya ide banyak, bisa di mana aja nulis karena di HP gua ada App Blogspot, cuman lagi lagi penyakit klasik dan yang belom ada obat nya dari jaman firaun masih pake bando dan kutekan, yaitu... MALAS. Wkwkwk
Sekarang gua nulis karena lagi gak ada kerjaan, kuliah sedang libur ato lebih tepat nya gak ada mata kuliah hari ini, dan ditambah sedang puasa. Yaudah, muncul deh keingin yang secara tiba-tiba untuk nulis wkwk

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak