Tulisan #62 Pelit atau Hemat?

sumber pict: pexels.com

Gak jarang kita sering dihadapkan dengan situasi ingin beli sesuatu tapi jadi dilema apakah kita harus membelinya atau nggak. Kalo divisualisasikan dalam bentuk percakapan mungkin itu isi kepala kita kayak lagi adu debat untuk memutuskan akan membeli atau nggak.
Contohnya gini:

Aku: "Hmm barang nya bagus nih, boleh lah gua angkut."
Saya: "Tapi emangnya lo perlu dengan barang itu?"
Aku: "Yaa ... belom tau si, tapi bagus aja untuk dibeli."
Saya: "Buset, itu mah pemborosan namanya. Udah jadi miliarder kayak Elon Musk lu?"
Aku: "Iya juga si. Tapi kan sekali-sekali gpp keuless beli beginian. Itung-itung self-reward."
Saya: "Kalo mau self-reward mah yang lebih berguna aja kan bisa keules."
*Dan mereka pun berdebat sampe diusir karena tokonya tutup.*

Kira-kira begitu lah situasi isi kepala yang sering terjadi ketika ingin membeli sesuatu. 

Yaa gak semua orang si, tapi rata-rata untuk mereka (termasuk gua) dilema kayak gitu sering banget dialamin. Terkecuali untuk Sisca Kohl dan Nia Ramadani ya. 

Kalo untuk diri gua sendiri si karena gua orang nya perhitungan ya. Ntah pelit atau emang berhemat. Tapi ketika gua akan membeli sesuatu tuh pasti lamaaaaa banget mikir nya, apakah pemebelian tersebut gua butuhkan, apakah bermanfaat, mahal atau nggak. Gua bakal mikir dulu sebelum beli sesuatu, is it worth to spend a money for that item?

Terkecuali untuk pengeluaran yang sifat nya diperlukan ya. Gua pasti mikir nya cepet. Yang gua bahas kali ini adalah 'Membeli sesuatu yang diinginkan'.

sumber pict: pexels.com

Bisa dibilang gua ini mungkin orang yang pelit terhadap diri sendiri. Tapi pelit sama diri sendiri yang gua maskud tuh bukan yang kayak mencoba untuk berhemat mati-matian gitu. Gua cuman orang yang gak doyan belanja aja kalo nggak diperlukan. Tapi kadang-kadang gua masih kok beli sesuatu yang gua inginkan, yaa walaupun keseringan adalah dalam bentuk makanan wkwkwkwk

Gua gak membeli sesuatu meskipun ada yang mau gua beli tuh bukan karena berpikir untuk berhemat tapi karena yaa emang males aja gitu untuk beli. Gak jarang juga mager untuk geraknya wkwkwk. 

Keseringan si karena gua selalu menunda-nunda pembelian tersebut sampe akhirnya gua lupa. Tapi malah karena 'kemalasan' gua untuk belanja itu yang membuat gua jadi hemat secara tidak sengaja. Contohnya kayak gua mau beli senar untuk gitar gua nih, sampe hari ini senar gitar tersebut belom kebeli-beli. Ada kali udah hampir 8 bulan dari niat pertama kali untuk beli tapi gaji-jadi wkowkowkwokwok

Keseringan gua membeli sesuatu (barang) tuh karena gua emang udah butuh. Dulu pas gua beli untuk ganti HP dari Xiaomi Redmi Note 2 ke Xiaomi Redmi Note 4 pun karena udah butuh, lebih tepat nya karena Memory HP lama gua tuh udah overload, udah apus ini-itu dan diakalin juga gak bisa. Sampe-sampe email gak bisa masuk ke HP gua, sedangkan saat itu gua butuh untuk mengakses email secara mobile. Jadi lah gua untuk beli HP baru. Mungkin nih ya mungkin, kalo saat itu HP gua masih bisa digunakan dengan normal dan gak ada hambatan yang mengharuskan gua untuk beli HP baru, mungkin gua bakal tetep pake HP Xiaomi Redmi Note 2 itu. Kayak sekarang ini, karena Xiaomi Redmi Note 4 gua masih bisa dipake dan gua rasa belum terlalu butuh untuk upgrade/ beli HP baru jadi masih gua pake sampe sekarang. Yaah kira-kira udah 4 tahun lah HP yang sekarang ini gua pake wkwkwkwkwk. Apakah gua ada rencana untuk upgrade HP? Tentu ada dong, tapi nantik ketika emang udah dibutuhkan.

Jadi singkat nya, gua berhemat tanpa melakukan penghematan(?)

Dan untuk kalian yang royal terhadap diri sendiri, gak ada salah nya untuk memeriksa lagi kegiatan 'spending money' kalian tersebut. Takutnya kalian kelabasan dan malah menjadi boros. Memang gak ada salahnya untuk mengeluarkan uang atau membeli sesuatu yang kita inginkan, toh untuk diri kita sendirikan. Itung-itung sebagai Self Reward yakan? Tapi kalian juga perlu untuk memperhatikan sudah berapa banyak yang kalian keluarkan. Jangan sampe pengeluaran jadi lebih besar daripada pemasukan. Iya si buat seneng, tapi juga gak sadar nanti jadi melarat. Kecuali kalian adalah keturunan Jeff Bezos.

Nahh gua kasih tips yang gua lakukan, untuk beberapa hal yang bisa kalian lihat sebelum membeli atau mengeluarkan uang kalian terhadap sesuatu:

1. Butuh atau Ingin.
Kayak yang udah gua ceritain di awal tadi. Ada baiknya sebelum memebeli sesuatu, kalian mempertanyakan terlebih dahulu kepada diri sendiri apakah pembelian tersebut kalian butuhkan atau tidak? Kalo hanya sebatas keinginan tapi tidak tertlalu dibutuhkan, lebih baik dipikir-pikir lagi jika ada kebutuhan yang belum dipenuhi. Atau bisa kalian tahan dulu pembelian tersebut sampai semua kebutuhan kalian terpenuhi.

sumber pict: pexels.com

Bukan nya gak boleh membeli apa yang kita inginkan, cuman lebih baik tuntaskan dulu semua kebutuhan kalian, baru setelah itu beli deh yang kalian ingin kan. Jangan sampe kebalik. Rela beli yang HP mewah yang diinginkan tapi malah gak bisa makan atau bayar kontrakan. Mau lu tidur di trotoar dan gak makan tapi bisa maen HP doang? Kalo Firaun tau, dia akan tertawa meilhat itu.

2. Bermanfaat atau tidak.
Ketika akan mengeluarkan uang atau membeli sesuatu, baiknya diliat lagi pengeluaran/ barang tersebut bermanfaat apa nggak. Memang gak semua barang yang kita beli, harus selalu bermanfaat kok. Tapi barang yang bermanfaat akan selalu punya nilai lebih setelah pembeliannya. Dan yaa gak akan terasa sia-sia atas pengeluaran yang udah dilakukan.

sumber pict: pexels.com

Gak masalah si kalo kalian beli sesuatu yang diinginkan tapi kurang bermanfaat untuk sesekali. Asal jangan sering keseringan aja, karena nanti yang ada kalian akan menyesal kalo udah sadar wkwkwk. Akan muncul penyesalan yang begini bunyinya,"Waktu itu ngapain gua belik ini ya? Hadehhh." 
Jadi gua menyarankan untuk perhatikan juga manfaat atas pengeluaran yang akan dilakukan.

3. Primer, Sekunder, Tersier.
Gua yakin waktu SD kalian semua udah dikasih pengetahuan tentang kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan. Nah di point ketiga ini kurang lebih mengambil pelajaran SD tersebut. Dan di point kali ini juga sebenernya berhubungan dengan point normor satu.

sumber pict: pexels.com

Sebelum kalian membeli sesuatu yang diinginkan, kembali kalian perhatikan yang akan dibeli ini masuk kategori mana? Apakah di Primer, Sekunder, atau Tersier? Kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang harus kalian penuhi terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan Sekunder maupun Tersier. Jangan sampe kebalik, contohnya kayak di akhir point nomor Satu.

Kalo masih belom tau apa itu kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier gua kasih tau singkatnya.
  • Kebutuhan Primer adalah kebutuhan yang pertama harus dipenuhi. Kebutuhan ini menyangkut hal-hal untuk mempertahankan hidup, seperti sandang, pangan, dan papan tadi. Contohnya makan, pakaian, dan tempat tinggal. Ngerti gak lu? Jangan iya-iya aja.
  • Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan yang bisa diikuti setelah kalian bisa yakin mempertahankan hidup dengan layak. Kebutuhan ini menyangkut hal-hal yang bisa meningkatkan kebahagiaan atau value diri kalian. Contohnya kesehatan, pendidikan, dan hiburan. Jangan lu bisa beli barang untuk hiburan tapi gak makan ya. Itu cacing dalem perut lu berontak bisa-bisa.
  • Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan yang paling akhir untuk dipenuhi dan gak dipenuhi pun sebenernya gak masalah. Kebutuhan ini berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan gengsi dan harga diri(?) Contohnya kayak beli barang mewah, pergi liburan ke luar negeri, atau pun nongkrong-nongkrong di coffeeshop yang buat lu asam lambung itu. Inget, kebutuhan ini bisa kalian laksanakan kalo kebutuhan Primer dan Sekunder udah terpenuhi dengan baik.

Kalo udah paham tentang kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier barusan. Silahkan dipilah-pilih lagi dalam mengeluarkan uang atau membeli barang.

Pelit dan Hemat itu mirip. Tapi jangan sampe kalian mau berhemat malah jadi pelit sama diri sendiri. Sekali-sekali untuk beli ini-itu mah gak masalah tapi jangan sampe jadi boros.

.

Kayak nya segitu dulu yang bisa gua share pada tulisan kali ini. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, tetaplah hidup walau tidak berguna~

Jaa Nee~



Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak