Tulisan #22 Belajar dari anak kecil

Helo-halo ...
Sesuai janji gua di postingan sebelum nya, yang mengatakan 'gua mencoba untuk konsisten untuk nulis lagi setiap minggu nya dan paling parah 2 minggu sekali' :D
Dan Fualla.. minggu ini pun ada tulisan yang bisa gua posting haha


Udah lupain aja tulisan kurang penting di atas haha

Kali ini gua mau ngebahas sesuatu...  iya sesuatu ... yaitu, tentang anak kecil. Bukan, gua bukan mau ngebahas gimana cara nangkep ato nyulik anak kecil.. gua bukan seorang om om yang mengidap pedophilia. Lagi pula gua masih terlalu muda untuk dipanggil om om wkwk

Beberapa hari yang lalu juga gua kedatangan anak kecil - anak kecil gua (baca: adek2 sepupu), mereka ini adek2 sepupu gua yang masih kecil, dan yahh gua seneng maen sama mereka, tapi kemaren sempet kesel sedikit, karena senar gitar gua putus berkat mereka wkwk tapi yahh gua sih gak marah, karena gua sadar mereka hanyalah anak kecil jadi ya marah-marah ke mereka bukan solusi dan penyelesaian untuk itu, cukup kasih tau aja dengan baik dan sabar :D


Kalo udah ngebahas tentang anak kecil pasti yang kebayang itu adalah kelucuan, keribetan, keimutan, keributan huru-hara aksi demo sampai bakar2 ban... ehh gak sampe gitu ding wkwk

Semua orang pasti setuju dengan pernyataan bahwa anak kecil itu lucuk, gemesin, dan kadang ngeselin haha
Iya karena itu lah yang banyak di lihat secara umum dari anak kecil yang sering kalian jumpai dan diajak bermain kalo gak kena marah ibu nya ...
Tapi dibalik semua itu, sebenernya banyak lho pelajaran yang bisa kita ambil dari mereka.

Untuk gua pribadi sih, gua juga seneng sama anak kecil... bukan kok bukan, udah gua bilang kan gua ini bukan pedophil wkwk
Maksud dari kata 'seneng' itu adalah gua seneng maen sama mereka, berkomunikasi sama mereka, nipu dan ngerjain mereka hahahaha *evillaugh*

Dan pendapat pribadi gua sih yaa, anak kecil yang pasti masih lucuk, polos, dan gak ngeselin itu pasti anak kecil balita (bawah lima tahun). Iya rata-rata dari adek sepupu, keponakan dari kakak sepupu, adek dan keponakan punya temen gua yang masih berusia balita ini pasti lebih lucuk tanpa ada rasa ngeselin nya wkwk
Kalo untuk anak kecil yang berusia lima tahun ke atas itu juga masih lucuk tapi kadang2 ngeselin juga wkwk tapi gua juga masih seneng kok maen sama mereka xD
Yahh seperti yang gua bilang di atas, gua termasuk orang yang seneng maen sama anak kecil apalagi kalo anak kecil itu punya mbak yang seusia dengan gua, bisa sekalian maen dan ngobrol jadinya wkwk selalu ada kesempatan dalam berbagai hal 

Di postingan ini gua gak ngebahas pendapat pribadi gua tentang anak kecil doang kok, seperti yang gua tulis tadi, sebenernya banyak lho pelajaran yang bisa kita dapet dari mereka ini. Apa aja itu cekidot ...

1. Polos dan Jujur



Iya.. rata-rata Anak Kecl itu masih polos, gak peduli mereka balita ataupun usia di atas lima tahun, bahkan sampe usia anak SMP aja mereka itu masih bisa gua anggep polos. Oleh karena itu mereka mudah untuk ditipu atau dibohongin... tunggu, emang apa bedanya ditipu sama dibohongin ? nggak ada, itu cuman biar tulisan gua keliatan lebih banyak aja wkwk

Kepolosan mereka itu juga lah yang menyebabkan mereka memiliki sifat jujur. Karena kepolos itulah mereka akan mengatakan apa yang sebenernya terjadi atau mengatakan apa yang ada dipikiran mereka. Dan gua sih nganggep sifat jujur itu adalah sifat alami yang pasti dimiliki Anak Kecil. Seperti kata orang tua, "anak kecil pasti jujur.. gak mungkin bohong".

Gua juga banyak belajar kejujuran dari Anak Kecil, setiap mereka ditanya, mereka akan dengan cepat menjawab tanpa mikir duluk (untuk berbohong).
Oleh sebab itu kalian yang udah tau ataupun sadar akan sifat mereka yang polos dan jujur ini, jangan kalian manfaatin untuk ngebohongin mereka.. apalgi untuk tujuan yang buruk. Terkutuk lah kalian !!

Nahh sebaiknya kita, yaitu orang yang bukan lagi Anak Kecil atau yahh yang nggak lagi dianggap sebagai Anak Kecil, cobalah untuk pertahan kan sifat jujur yang pernah lo miliki ketika lo masih kecil itu. Toh sifat jujur juga adalah sifat yang baik kan gak ada rugi nya punya sifat jujur.


2. Rasa Ingin Tahu



Anak kecil ini emang suka tahu, suka minta tahu dan suka makan tahu, itu bagus buat pertumbuhan mereka, lagi pula itu merupakan lauk yang sehat juga kan... tunggu-tunggu bukan Tahu sebagai lauk untuk makanan yang gua maksud. Di sini yang gua maskud itu adalah 'rasa ingin Tahu' atau yahh bisa dibilang Penasaran lah.

Banyak orang yang sering bilang gini :

"Anak kecil itu banyak tanya !" "Anak kecil itu suka mau tahu urusan orang gede !" "Anak kecil itu mau tau aja!" "Anak kecil itu lari keluar rumah gak pake celana !! ..."  okee pernyataan yang terakhir itu ngaco.

Buat kalian yang sering keganggu dengan pertanyaan2 Anak Kecil yang seperti itu, coba baca deh tulisan gua yang ini: Ingin tahu malah dianggap menganggu

Alasan kenapa mereka sering atau banyak bertanya dan menanyakan hal-hal yang suka dianggep mengganggu atau gak masuk akal bagi sebagian orang itu karena mereka memiliki Rasa Ingin Tahu yang sangat besar. Dan mereka penasaran akan banyak hal, mereka itu bukan bermaksud untuk mengganggu tapi mereka ingin belajar banyak hal baru berdasarkan apa yang mereka lihat, dengar, atau rasakan. Dan itu sebenernya bagus untuk mereka.

Karena belajar itu gak selalu di sekolah ataupun di tempat les, apalagi untuk Anak Kecil yang masih sering bermain. Mengeluarkan rasa keingintahuan mereka dengan cara bertanya itulah cara mereka belajar dan mengetahui hal baru. Dan kalian yang ditanyakan oleh si Anak Kecil, coba lah untuk sabar dan menjawab nya dengan benar.

Dan kita harus belajar dari mereka akan rasa penasaran atau rasa ingin tahu mereka yang besar itu. Kita juga harus menumbuhkan serta menjaga rasa ingin tahu yang besar seperti Anak Kecil tersebut, karena dengan itu kita akan lebih senang untuk belajar dan lebih bersemangat untuk belajar atau mempelajari sesuatu. Dengan itu pula kita bisa menambah luaskan wawasan serta pengetahuan kita.


3. Besemangat dan Pantang Menyerah



Anak kecil seneng bener main, dan bisa dibilang hari-hari mereka itu hanya untuk main, main, main, makan dan mandi kalo disuruh, dan main lagi..

Mereka sangat gembira ketika bermain, itu karena mereka sangat bersemangat akan hal yang disukai mereka. Selain itu mereka ini sebenernya memiliki semangat yang luar biasa besar, gak peduli melakukan apa pun itu mereka pasti bersemangat sampe tergesa-gesa melakukan sesuatu, apalgi kalo mencoba hal baru yang buat mereka penasaran, pasti mereka bersemangat, yahh walopun awal nya mereka pasti malu-malu duluk.

Dan gak peduli mereka akan gagal ato berhasil dalam melakukan suatu hal, Anak Kecil pasti akan semangat dalam menyelesaikan hal itu. Kalo gagal mereka bakal coba lagi, lagi, lagi, nangis, terus coba lagi.. Yahh walopun gak semua Anak Kecil kayak gitu, tapi rata2 mereka kayak gitu deh kayaknya ....

Mereka ini sebenernya kalo lagi bersemangat juga pantang menyerah, coba terus sampe nangis wkwkwk udah selesai nangis dan disemangatin pasti bakal nyoba lagi.

Pelajaran yang bisa kita ambil di nomor 3 ini adalah semangat besar dan pantang menyerah nya Anak Kecil. Kita juga jangan mau kalah sama mereka yang sangat bersemangat dalam bermain errr.. maksud gua dalam beraktifitas atau pun melakukan suatu hal. Dan kalo gagal kita boleh kok nangis kayak Anak Kecil juga, tapi jangan lama2 nangis nya nanti diketawain Anak Kecil wkwk... dan harus cepat bangkit lagi setelah nya untuk mencoba kembali.

Seperti kata pepatah Jepang :

"七転び八起き (Nana korobi ya oki) artinya = 7 kali jatuh, 8 kali bangkit"

Jadi jangan kalah semangat nya dari Anak Kecil yaa haha


4. Kreatif, Imajinatif, dan Bebas



Kadang kita suka liat tingkah laku konyol atau pun aneh yang sering Anak Kecil lakukan. Itu bukan nya nandain kalo mereka itu bodoh ataupun oon ya, itu cara mereka mengekspresikan kekreatifitasan dan imajinasi mereka. Seperti berantem-beranteman lawan naga atau monster, masak-masakan dari lumpur atau tanah, lari-lari keliling satu kecamatan sampe muterin provinsi, ataupun salto-salto kayak firaun yang kesenengan dikasih suprise ulang tahun. Itu semua cara mereka mengeluarkan imajinasi yang mereka miliki yang masih sangat melimpah. 

Mereka juga sering melakukan apapun yang ingin mereka lakukan, kadang ... maksud nya bahkan tanpa rasa malu sedikitpun, iya mereka bebas berekspresi tanpa gengsi. Walopun mereka memiliki kebebasan dalam mengeluarkan kekreatifitasan dan imajinasi nya, kita sebagai orang yang sudah lebih mengerti dari Anak Kecil harus lah menjaga dan mengarahkan mereka untuk memanfaatkan kekreatifitasan, imajinasi, serta kebebasan nya ke hal yang positif, jangan sampai ke hal yang negatif.


Kita, se iring dengan bertambah nya usia, sering pula diikuti dengan menurun nya kekreatifitasan dan imajinasi yang kita miliki bahkan bisa saja hilang. Bisa aja itu disebab in karena kalian jarang pake imajinasi kalian sehingga membuat kalian kuran kreatif juga. Kadang kita sering malu atau gengsi memperlihatkan kekreatifitasan yang kita miliki, karena takut dicemooh orang atau dibully orang.

Menurut gua sih selama 'kreatif' kalian itu gak bersifat negatif, itu fine-fine aja... halahhh sok2 an pake bahasa inggris wkwkwk 
Karena dengan hal kreatif yang kalian realisasikan itu akan dengan sendirinya menggali imajinasi-imajinasi milik kalian yang terkubur. Dengan mendapatkan kembali imajinasi-imajinasi itu, kalian akan menjadi tambah kreatif dan bisa menghasilkan suatu karya.

Jadi cobalah untuk berimajinasi kembali seperti yang dlakukan Anak Kecil, itu akan mengakibatkan kalian menjadi kreatif seperti Anak Kecil walopun kalian gak akan se weird mereka gua yakin hahaha
Dan cobalah untuk membebaskan atau merealisasikan apa yang ingin kalian lakukan, pasti nya harus ke hal yang positif yak.


5. Bersabar dan Ikhlas



Pelajaran ini kita dapet bukan dari sifat alamiah Anak Kecil kayaknya, tapi lebih ke hasil dari berkomunikasi, ngurusin, atau bercengkrama dengan mereka. Karena mereka itu makhluk yang gak sabaran kalo nggak dikasih tau. Jadi ya kasih tau untuk sabar biar kalian gak marah-marah karena dipaksa cepet-cepet sama mereka :p
Dan kalo ada barang yang dirusak sama mereka... yaudah, ikhlasin aja. Kalo masih bisa dibenerin ya benerin kalo nggak bisa dibenerin.. yaudah wkwk. Karena mau marah-marah doang tanpa dinasehatin itu percuma, gak ada faedahnya. Jadi ya Nasehatin mereka kalo itu salah, dan yahh boleh lah marah dikit, tapi marah dalam artian tegas yak bukan marah dalam artian ngamuk-ngamuk wkwk

Anak Kecil emang kadang suka ngeselin dengan keinginan2 nya sepeti minta bawain piramida mesir sama mumi-mumi nya sekalian ke depan mereka, seneng bahkan sampe ketawa kalo kita dipukul-pukul, mau ikut ke mana aja kalo kita pergi, ngacak-ngacak isi rumah atau kamar. 

Tapi, menurut gua itu wajarin aja, yahhh ... namanya juga anak kecil. Mereka belom tau kenyataan nya itu bisa ato nggak, sakit ato nggak, sanggup ato nggak. Kita cuman perlu bersabar dan ngasih tau ke mereka dengan baik dan benar sampe mereka ngerti.

Kita belajar arti kesabaran dari Anak Kecil, dengan bersabar kita pasti bisa ngelakuin dan mendapatkan apapun... kayaknya. Kalo gak dapet apa yang kita mau yaudah, ikhlas aja, berusaha lagi. Gua nulis gitu kayak bisa nya aja wkwkwk. Yahh kan se nggak nya memberi Tahu haha

Sumber Pict : Google

Dan yahh itulah pelajran-pelajaran yang bisa kita dapetin dari Anak Kecil. Kejujuran, Rasa Ingin Tahu, Bersemangat dan Pantang Menyerah, Kreatif dan Imajinatif, dan Sabar serta Ikhlas. Jangan mau kalah sama Anak Kecil yaa :D

Kayaknya segitu dulu yang bisa gua tulis..
Kalo ada pengalaman atau pun Informasi tambahan tulis di kolor.. maksud nya kolom komentar yaa :D

Jaa Nee ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tulisan #12 Begadang dan Kekurangan Tidur

Tulisan #20 Hal-hal ketika Ujian/UAS

Tulisan #24 Tak ada Gading yang tak Retak